Teknik Dasar Bulu Tangkis (Badminton) dan Penjelasannya

November 5, 2023

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Badminton atau Bulu Tangkis merupakan salah satu cabang olahraga kebanggaan Indonesia, terbukti dengan banyak nya gelar juara yang berhasil di peroleh para atlit dari cabang olahraga ini.

Untuk pemula mempelajari Teknik Dasar Bulu Tangkis adalah hal utama. Meskipun terlihat mudah, namun untuk melakukan permainan bulu tangkis ternyata memiliki teknik – teknik dasar.

Mulai dari tutorial cara memegang raket yang benar atau melakukan pukulan servis dan masih banyak lagi. Untuk informasi lengkap nya, mari simak Teknik Dasar Bulu Tangkis yang wajib di pelajari di bawah ini.

Sekilas Tentang Teknik Dasar Olahraga Bulu Tangkis atau Badminton

Bulu tangkis adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket untuk memukul bola bulu ke arah lawan. Olahraga ini berasal dari India, dan mulai populer di Eropa dan Asia pada abad ke-19.

Saat ini, bulu tangkis sangat populer di seluruh dunia dan diakui sebagai olahraga yang menyenangkan dan menyegarkan. Bulu tangkis juga diikuti di tingkat profesional, dengan turnamen yang diadakan secara global, termasuk di Indonesia sendiri.

Ada berbagai jenis permainan bulu tangkis, termasuk tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, dan ganda campuran.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis Secara Singkat

Cara bermain bulu tangkis sangat sederhana. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengirim bola bulu melewati net dan ke dalam lapangan lawan sehingga lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut. Ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti dalam bermain bulu tangkis:

Setiap pemain harus menggunakan raket untuk memukul bola bulu (Kok).

Bola harus dikembalikan ke lapangan lawan dalam satu sentuhan saja.

Bola tidak boleh dipegang atau diinjak oleh pemain.

Bola harus melewati net dan jatuh di dalam lapangan lawan.

Setiap pemain memiliki hak satu kali service dalam setiap gilirannya.

Dalam permainan bulu tangkis, setiap pemain atau pasangan memiliki 21 poin untuk menang dalam set pertama, jika seri maka akan diadakan set kedua dengan poin 11 dan seterusnya jika seri lagi.

Selain itu, ada juga beberapa Teknik Dasar Bulu Tangkis yang harus diikuti dalam permainan ganda, yaitu :

Pemukul bola harus berada dalam bidang lapangan yang ditentukan saat melakukan service.

Dalam permainan ganda, satu pemain harus berada di sisi kanan lapangan, sementara yang lain harus berada di sisi kiri lapangan.

Bola harus dikembalikan oleh pasangan yang berada di sisi yang sama dengan pemukul bola.

Itu beberapa aturan dasar dalam bermain bulu tangkis, namun masih banyak aturan yang harus diperhatikan dalam permainan ini, seperti hal nya ukuran resmi lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Antara Lain

Untuk pertandingan resmi, maka ukuran lapangan yang di gunakan tidak boleh sembarangan. Ukuran lapangan bulu tangkis yang resmi ditentukan oleh Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF) adalah sebagai berikut:

Panjang lapangan: 13,4 meter

Lebar lapangan: 6,1 meter

Tinggi Net: 1,55 meter (di tengah lapangan)

Namun, ukuran lapangan yang digunakan dalam kegiatan amatir atau lokal dapat berbeda-beda sesuai dengan ketersediaan ruang dan fasilitas. Ada beberapa lapangan yang lebih kecil dari standar internasional.

Namun, penting diingat bahwa ukuran lapangan yang digunakan harus sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Federasi Bulu Tangkis setempat atau daerah lokasi pertandingan berlangsung.

Siapa Atlet Bulu Tangkis Indonesia Yang Terkenal

Olahraga ini merupakan salah satu olahragaan ke banggan Negeri kita, oleh sebab itu Indonesia memiliki banyak atlet bulu tangkis yang berprestasi dan terkenal di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa diantaranya adalah:

Hendrawan : Dia adalah salah satu atlet bulu tangkis terbaik Indonesia yang pernah ada. Dia pernah menjadi juara dunia junior dan meraih gelar juara All England.

Taufik Hidayat: Dia adalah atlet bulu tangkis putra yang sangat terkenal di Indonesia. Dia menjadi juara dunia junior tahun 2000 dan juga meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Susi Susanti: Dia adalah atlet bulu tangkis putri yang sangat terkenal di Indonesia. Ia meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 dan menjadi wakil ketua olimpiade nasional Indonesia.

Liem Swie King : Dia adalah atlet bulu tangkis putra Indonesia yang sangat terkenal. Ia meraih medali emas Olimpiade Montreal 1976 dan meraih gelar juara dunia tahun 1983.

Baca Juga:  Peri Live Mod Apk 1.0.7 (Unlimited Diamond) Indonesia

Christian Hadinata : ia adalah atlet bulu tangkis putra yang sangat terkenal di Indonesia. Ia menjadi juara dunia junior tahun 1960 dan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 1964.

Alan Budi Kusuma: ia adalah atlet bulu tangkis putra yang sangat terkenal di Indonesia. Ia meraih medali emas Olimpiade Seoul 1988 dan pernah menjadi juara dunia junior tahun 1981.

Itu hanya beberapa atlet bulu tangkis terkenal yang pernah ada di Indonesia, masih banyak atlet yang berprestasi dan terkenal di dunia dan Indonesia sendiri.

Teknik Dasar Bulu Tangkis (Badminton) yang Wajib Di Pelajari

Teknik dasar bulu tangkis adalah kumpulan gerakan yang harus dikuasai oleh setiap pemain untuk dapat bermain dengan baik. Berikut ini adalah penjelasan dari ayovaksindinkeskdi.id tentang beberapa teknik dasar bulu tangkis:

1. Teknik Dasar Bulu Tangkis Service

Teknik service dalam bulu tangkis merupakan gerakan yang dilakukan saat melakukan service atau memukul bola di awal permainan setelah mendapat poin. Berikut ini adalah beberapa teknik service dalam bulu tangkis:

Underhand Service: teknik service yang dilakukan dengan cara menurunkan raket ke bawah saat melakukan service, sehingga bola akan terpukul di bagian bawah raket.

Overhand Service: teknik service yang dilakukan dengan cara mengangkat raket ke atas saat melakukan service, sehingga bola akan terpukul di bagian atas raket.

Flat Service: teknik service yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan raket secepat mungkin, sehingga bola akan terpukul dengan cepat dan keras.

Smashed Service: teknik service yang dilakukan dengan cara melakukan smash saat melakukan service, sehingga bola akan terpukul dengan sangat keras dan cepat.

Trick Service: teknik service yang dilakukan dengan cara melakukan gerakan-gerakan yang unik dan sulit, seperti mengubah arah service secara tiba-tiba atau mengubah kecepatan service.

2. Receive

Teknik Dasar Bulu Tangkis receive dalam bulu tangkis merupakan gerakan yang dilakukan saat menerima service lawan, agar bola dapat di kembalikan ke area lapangan milik lawan. Berikut ini adalah beberapa teknik receive dalam bulu tangkis:

High Receive: Teknik receive yang dilakukan dengan cara mengangkat raket ke atas saat menerima service lawan yang datang dari atas.

Low Receive: Teknik receive yang dilakukan dengan cara menurunkan raket ke bawah saat menerima service lawan yang datang dari bawah.

Net Receive: Teknik receive yang dilakukan saat bola datang dari net, dengan cara mengangkat raket ke atas dan menyentuh bola dengan bagian atas raket.

Drive Receive: Teknik receive yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan drive saat menerima service lawan.

Smash Receive: Teknik receive yang dilakukan dengan cara melakukan smash saat menerima service lawan yang datang dari atas.

Block Receive : Teknik receive yang dilakukan dengan cara menahan bola dengan posisi raket yang relatif tegak lurus dengan meja

Counter Receive: Teknik receive yang dilakukan dengan cara melakukan pukulan balik dengan cepat saat menerima service lawan.

3. Drive

Teknik Dasar Bulu Tangkis drive dalam bulu tangkis merupakan gerakan yang dilakukan saat melakukan pukulan drive, gunanya yaitu membuat lawan tetap di dalam posisi di mana dia tidak bisa melakukan pukulan serangan atau tetap dalam posisi bertahan. Berikut ini adalah beberapa teknik drive dalam bulu tangkis:

Forehand Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan sisi depan raket, biasanya dilakukan dengan posisi badan yang menghadap ke depan.

Backhand Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan sisi belakang raket, biasanya dilakukan dengan posisi badan yang menghadap ke belakang.

Half-Smash Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan kekuatan yang lebih besar dari drive biasa, tetapi lebih kecil dari smash.

Net Drive: Teknik drive yang dilakukan saat berada di depan net dengan cara memukul bola dengan raket yang cepat dan akurat

Push Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara menekan bola ke arah lawan dengan kecepatan yang cukup rendah.

Loop Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara memberikan spin pada bola saat di pukul.

Flat Drive: Teknik drive yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan raket secara kaku dan keras.

Baca Juga:  Download Offroad Outlaws Mod Apk versi Lama & Terbaru 2023

4. Clear

Teknik Dasar Bulu Tangkis clear dalam bulu tangkis merupakan gerakan yang dilakukan saat melakukan pukulan jauh ke arah ujung lapangan lawan. Berikut ini adalah beberapa teknik clear dalam bulu tangkis:

Forehand Clear: Teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan sisi depan raket, biasanya dilakukan dengan posisi badan yang menghadap ke depan.

Backhand Clear: Teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan sisi belakang raket, biasanya dilakukan dengan posisi badan yang menghadap ke belakang.

High Clear : Teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola yang diangkat tinggi ke ujung lapangan lawan.

Low Clear: Teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola yang diangkat rendah ke ujung lapangan lawan.

Drive Clear: teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan kekuatan yang lebih besar dari clear biasa, tetapi lebih kecil dari smash.

Drop Clear: teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan kekuatan yang lebih kecil dari clear biasa, untuk mengecoh lawan.

Smash Clear: teknik clear yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan kekuatan yang paling besar, untuk mengejar bola di ujung lapangan lawan.

5. Drop

Teknik Dasar Bulu Tangkis drop dalam bulu tangkis adalah gerakan yang dilakukan dengan cara melempar bola ke daerah net dengan posisi bola yang rendah dan kecepatan yang rendah.

Teknik ini digunakan untuk membuat lawan kesulitan dalam mengambil bola dan untuk mengambil poin dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik drop dalam bulu tangkis:

Posisi Badan: Pastikan posisi badan stabil dan dalam kondisi siap untuk melempar bola.

Kontak Raket: pastikan kontak raket dengan bola dilakukan di bagian bawah bola, untuk melempar bola dengan posisi yang rendah.

Gerakan Raket: Pastikan gerakan raket ringan dan halus saat melakukan drop, gerakan ini terutama melibatkan pergelangan tangan dalam gerakan pukulan.

Timing: Pastikan timing drop yang tepat, untuk melempar bola dengan efektif.

Kecepatan Bola: Pastikan kecepatan bola rendah saat melakukan drop.

Akurasi: Pastikan drop yang dilakukan dengan akurat, untuk mencapai area yang diinginkan dan membuat lawan kesulitan dalam mengambil bola.

6. Teknik Dasar Bulu Tangkis Smash

Teknik Dasar Bulu Tangkis smash dalam bulu tangkis adalah gerakan yang dilakukan dengan cara mengirimkan bola ke daerah lawan dengan posisi bola yang tinggi dan kecepatan yang tinggi.

Cara ini digunakan untuk mengambil poin dengan cepat dan untuk membuat lawan kesulitan dalam mengambil bola. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik smash dalam bulu tangkis:

Posisi Badan: Pastikan posisi badan stabil dan dalam kondisi siap untuk mengirimkan bola.

Kontak Raket: Pastikan kontak raket dengan bola dilakukan di bagian atas bola, untuk mengirimkan bola dengan posisi yang tinggi.

Gerakan Raket: Pastikan gerakan raket cepat dan kuat saat melakukan smash, gerakan ini terutama melibatkan siku dan pergelangan tangan dalam gerakan pukulan.

Timing: Pastikan timing smash yang tepat, untuk mengirimkan bola dengan efektif.

Kecepatan Bola: Pastikan kecepatan bola tinggi saat melakukan smash.

Akurasi: Pastikan smash yang dilakukan dengan akurat

7. Block Receive

Teknik Dasar Bulu Tangkis block receive dalam bulu tangkis adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menghalangi bola yang diterima dari lawan dengan posisi raket dan gerakan yang tepat.

Teknik ini digunakan untuk mengambil poin dengan cepat dan untuk membuat lawan kesulitan dalam mengirimkan bola. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik block receive dalam bulu tangkis:

Posisi Badan: Pastikan posisi badan stabil dan dalam kondisi siap untuk menghalangi bola.

Kontak Raket: Pastikan kontak raket dengan bola dilakukan di bagian bawah bola, untuk menghalangi bola dengan posisi yang rendah.

Gerakan Raket: Pastikan gerakan raket cepat dan ringan saat melakukan block, gerakan ini terutama melibatkan pergelangan tangan dalam gerakan pukulan.

Timing: Pastikan timing block yang tepat, untuk menghalangi bola dengan efektif.

Kecepatan Bola: Pastikan kecepatan bola rendah saat melakukan block.

Akurasi: Pastikan block yang dilakukan dengan akurat, untuk mencapai area yang diinginkan dan membuat lawan kesulitan dalam mengirimkan bola.

Baca Juga:  Niat Sholat Subuh Sendiri & Berjamaah (Arab, Latin, Artinya)

8. Net Play / Permainan Net

Teknik Dasar Bulu Tangkis net play dalam bulu tangkis adalah gerakan yang dilakukan dengan cara mengirimkan bola ke area net yang digunakan untuk mengambil poin dengan cepat dan untuk membuat lawan kesulitan dalam mengambil bola. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik net play dalam bulu tangkis:

Posisi Badan: pastikan posisi badan stabil dan dalam kondisi siap untuk mengirimkan bola ke net.

Kontak Raket: pastikan kontak raket dengan bola dilakukan di bagian atas bola, untuk mengirimkan bola dengan posisi yang tinggi.

Gerakan Raket: pastikan gerakan raket cepat dan ringan saat melakukan net play, gerakan ini terutama melibatkan siku dan pergelangan tangan dalam gerakan pukulan.

Timing: pastikan timing net play yang tepat, untuk mengirimkan bola dengan efektif.

Kecepatan Bola: pastikan kecepatan bola rendah saat melakukan net play.

Akurasi: pastikan net play yang dilakukan dengan akurat, untuk mencapai area yang diinginkan dan membuat lawan kesulitan dalam mengambil bola.

Mengatur Jarak: pastikan mengatur jarak dengan net, agar bola yang diterima tidak mudah dihalangi oleh lawan.

Membaca Gerakan Lawan: pastikan membaca gerakan lawan sebelum melakukan net play, agar bola dapat diterima di area yang lebih sulit dijangkau oleh lawan.

9. Footwork (Gerakan Kaki)

Teknik Dasar Bulu Tangkis footwork dalam bulu tangkis adalah gerakan kaki yang digunakan untuk membantu dalam bergerak, mengambil posisi, dan mengambil bola. Footwork yang baik dapat membuat atlet bulu tangkis lebih responsif dan cepat dalam bertindak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik footwork atau gerakan kaki dalam bulu tangkis:

Posisi Kaki: Pastikan posisi kaki stabil dan dalam kondisi siap untuk bergerak.

Gerakan Kaki: Pastikan gerakan kaki cepat dan ringan saat bergerak, gerakan ini terutama melibatkan pergelangan kaki dalam gerakan berpindah posisi.

Timing: Pastikan timing footwork yang tepat, untuk bergerak dengan efektif.

Keseimbangan: pastikan keseimbangan yang baik saat bergerak, untuk menjaga stabilitas badan.

Koordinasi: Pastikan koordinasi yang baik antara gerakan kaki dan tangan, untuk membuat gerakan lebih efektif.

Latihan: Pastikan rutin melakukan latihan footwork, untuk meningkatkan kemampuan dalam bergerak.

Membaca gerakan lawan: Pastikan membaca gerakan lawan sebelum melakukan footwork, agar dapat bergerak ke posisi yang tepat untuk menangkap bola.

10. Grib (memegang Raket)

Teknik Dasar Bulu Tangkis grip dalam bulu tangkis adalah cara untuk menahankan raket saat memukul bola. Ada beberapa jenis grip yang digunakan dalam bulu tangkis, diantaranya adalah :

Grip Shakehand: Grip ini merupakan grip yang paling umum digunakan dalam bulu tangkis, dengan cara menempelkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada raket dengan posisi tegak lurus.

Grip Penhold: Grip ini merupakan grip yang digunakan dengan cara menempelkan hanya jari telunjuk dan jari tengah pada raket dengan posisi miring.

Grip Seemiller: Grip ini digunakan dengan cara menempelkan jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking pada raket dengan posisi tegak lurus.

Grip V-Shaped: Grip ini digunakan dengan cara menempelkan jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking pada raket dengan posisi miring.

Ketika memegang raket, pastikan posisi tangan yang nyaman dan stabil. Pilih Teknik Dasar Bulu Tangkis grip yang sesuai dengan gaya bermain kamu dan latih terus untuk meningkatkan kemampuan dalam memegang raket.

Pelajaran Teknik Dasar Cabang Olahraga Lainnya:

7 Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasan Peraturannya

7 Teknik Dasar Bola Voli adalah Meliputi dan Penjelasannya

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Sejarah, Aturan, Dan Lainnya

Soal PAS PJOK Kelas 6 SD, Pilihan Ganda dan Essay + Jawaban

Soal PAS PJOK Kelas 2 Semester 1 Dan Kunci Jawaban

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP Tanpa Diketahui

Cara Menggabungkan File PDF Online Gratis di Android dan iOS

Cek Info GTK Melalui Dapodik SSO dan Kemdikbud.go.id

Cara Menampilkan Persentase Baterai iPhone iOS Terbaru

Cara Klaim DANA Kaget Dari Link Dijamin Cair 100%

The post Teknik Dasar Bulu Tangkis (Badminton) dan Penjelasannya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search