Tanda Tanda Kiamat Menurut Al-Quran Sudah Terjadi 2023

November 3, 2023

Tanda Tanda Kiamat – Kiamat sudah dipastikan muncul diakhir usia kehidupan dunia, namun untuk kapan waktu terjadinya masih menjadi misteri.

Akan tetapi Rosulullah SAW memberikan banyak tanda sebagai bukti bahwa kiamat akan terjadi, apabila tanda tanda tersebut sudah banyak ditemui dialam dunia ini.

Maka dari itu ummat muslim harus mengetahui apa saja yang menjadi tanda tanda kiamat, agar dapat mawas diri dan berusaha menjadi hamba yang lebih baik dari sebelumnya.

Tanda Tanda Kiamat Kubra dan Sugra Yang Sudah Terjadi 2023

Penulis akan merangkum dari banyaknya tanda tanda kiamat yang sudah terjadi ditahun 2023 ini. Agar dapat dijadikan pelajaran untuk selalu memperbaiki diri.

Berikut dibawah ini 10 tanda tanda kiamat sugra dan kubra yang sudah terjadi dialam dunia ini :

Banyak anak yang sudah berani melawan orang tuanya

Orang yang mengemban amanah banyak yang berkhianat

Tidak sedikit semorang muslim yang memutuskan tali silaturahmi

Masjid-masjid megah dan indah namun hati manusia banyak yag kotor

Orang mukmin saat ini banyak yang dipandang sebelah mata

Orang munafik sudah mulai merambah kekuasaan

Suka dengan sesama jenis sudah meraja lela

Banyak perkumpulan yang dibuat untuk merusak kaum wanita

Bermunculan banyak penegak hukum yang tidak amanah

Menghina sesama untuk membuat suasana tertawa sudah biasa

Diatas merupakan sedikit dari beberapa tanda kiamat yang sudah muncul didunia bahkan sudah menjadi tontonan umum.

Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Kiamat kecil sering juga disebut dengan kiamat sughro yakni merupakan tanda jauh sebelum didatangkannya kiamat yang besar.

Adapun tanda tanda kiamat kecil yang bisa dilihat saat ini adalah sebagai berikut :

Menjalani waktu terasa singkat

Sering terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa dan lain sebagainya

Baca Juga:  Pinjaman Online Lewat WA Terpercaya Tanpa Biaya Admin

Bersaing dalam membanghun kemewahan dunia dan meninggikannya

Bulan sabit terlihat besar

Mewarnai rambut dengan warna hitam sudah menjadi tren

Banyak lelaki menyerupai wanita dan juga sebaliknya

Negara arab sudah dipenuhi dengan rumput yang hijau dan sungai

Pembunuhan manusia semakin meraja lela

Dan lain sebagainya

Beberapa tanda kiamat kecil diatas sudah terjadi dizaman sekarang ini, bahkan ada juga yang dipertontonkan layaknya sebuah kebanggaan. Naudzubillah…

Tanda Tanda Kiamat Arab Menghijau

Tanda-tanda kiamat negara arab menghijau memang sudah dijelaskan oleh Rosulullah SAW melalui banyaknya hadis.

Sedangkan saat ini negara arab sudah mulai terlihat tumbuhan yang hijau dan sungai mengalir yang sebelumnya adalah bebatuan kering dan rumput sangat jarang.

Sedangkan hadis tentang Tanda Tanda Kiamat Arab Menghijau adalah seperti dibawah ini :

لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يَكْثُرَ الْمَالُ وَيَفِيْضُ، حَتَّى يَخْرُجَ الرَّجُلُ بِزَكَاةِ مَالِهِ فَلَا يَجِدُ أَحَدًا يَقْبَلُهَا مِنْهُ، وَحَتَّى تَعُوْدَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوْجًا وَأَنْهَارًا

Artinya :

“Kiamat tidak akan terjadi sampai harta menjadi banyak, hingga seseorang keluar membawa zakat lalu tidak menemukan orang yang sah untuk menerimanya, dan sampai bumi Arab kembali menjadi tanah lapang penuh tumbuhan dan sungai-sungai mengalir.” (Muslim, Shahih Muslim, [Beirut: Dar Ihya’ut Turatsil ‘Arabi], juz II, halaman 701).

Hadis diatas dijelaskan oleh An-Nawawi dalam kitab Syarh Shahih Muslim yakni sebagai berikut :

معناه والله أعلم أنهم يتركونها ويعرضون عنها فتبقى مهملة لا تزرع ولا تسقى من مياهها وذلك لقلة الرجال وكثرة الحروب وتراكم القتن وقرب الساعة وقلة الآمال و عدم الفراغ لذلك والاهتمام به

Artinya :

“Makna tanah Arab menjadi ladang yang hijau—wallahu a’lam—adalah orang-orang meninggalkannya, tidak ditanami dan disirami dari sungai-sungainya. Demikian itu sebab jumlah kaum lelaki sedikit, banyaknya peperangan dan kerusuhan, dekatnya kiamat, minimnya harapan, dan tidak adanya waktu untuk mengurus hal tersebut.” (An-Nawawi, Syarh Shahih Muslim

Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran

Selain dari banyaknya tanda kiamat yang sudah disampaikan diatas Allah SWT juga menyampaikan keterangan terkait adanya tanda tanda kiamat didalam Al-Qur’an.

Baca Juga:  Pembelahan Meiosis 1 – Pengertian, Tahapan, Tujuan, & Contoh

Karena kiamat memang benar adanya sebagai mana Allah SWT berfirman :

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Wa annas saa ‘ata aatiyatunllaa rayba fiihaa, wa annallaaha yab’atsu man fil qubuur.

Artinya :

“Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (QS: Al-Hajj: 7)

Adapun Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al Quran adalah sebagai berikut :

Q.S Al-Qori’ah Ayat 1-5

اَلْقَارِعَةُۙ ١ مَا الْقَارِعَةُ ۚ ٢ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ ٣ يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ ٤ وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ ٥

Al-qari’ah. Mal-qari’ah. Wa ma adraka mal-qari’ah. Yauma yakụnun-nasu kal-farasyil-mabsụs. Wa takụnul-jibalu kal-‘ihnil-manfụsy.

Artinya:

“Al-Qāri‘ah [hari Kiamat yang menggetarkan]. Apakah al-Qāri‘ah itu? Tahukah kamu apakah al-Qāri‘ah itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan. Dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan,”

Q.S Asy-Syura Ayat 47

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ‌ۚ اِنَّ زَلۡزَلَةَ السَّاعَةِ شَىۡءٌ عَظِيۡمٌ يَوۡمَ تَرَوۡنَهَا تَذۡهَلُ كُلُّ مُرۡضِعَةٍ عَمَّاۤ اَرۡضَعَتۡ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمۡلٍ حَمۡلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى وَمَا هُمۡ بِسُكٰرٰى وَلٰـكِنَّ عَذَابَ اللّٰهِ شَدِيۡدٌ‏

Yaaa ayyuhan naasuttaquu Rabbakum; inna zalzalatas Saa’ati shai’un ‘aziim Yawma tarawnahaa tazhalu kullu murdi’atin ‘ammaaa arda’at wa tada’u kullu zaati hamlin hamlahaa wa tarannaasa sukaaraa wa maa hum bisukaaraa wa lakinaa ‘azaabal laahi shadiid

Artinya :

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar. (Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras.”

Q.S Al-Hajj Ayat 1-2

اِسۡتَجِيۡبُوۡا لِرَبِّكُمۡ مِّنۡ قَبۡلِ اَنۡ يَّاۡتِىَ يَوۡمٌ لَّا مَرَدَّ لَهٗ مِنَ اللّٰهِ‌ؕ مَا لَكُمۡ مِّنۡ مَّلۡجَاٍ يَّوۡمَٮِٕذٍ وَّمَا لَكُمۡ مِّنۡ نَّكِيۡرٍ

Baca Juga:  Link Nonton Film Angeli Khang Lengkap Full Movie Sub Indo

Istajiibuu li Rabbikum min qabli any yaatiya Yawmul laa maradda lahuu minal laah; maa lakum mim malja iny yawma’izinw wa maa lakum min nakiir

Artinya :

“Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak (atas perintah dari Allah). Pada hari itu kamu tidak memperoleh tempat berlindung dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu)

Penutup

Demikianlah rangkuman dari beberapa tanda tanda kiamat yang ditulis menjadi sebuah artikel dalam web ayovaksindinkeskdi.id.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk banyak ummat, agar semakin yakin dan mawas diri menjadi pribadi yang lebih baik. Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Viral Video Ngaku Imam Mahdi, Kini Ngaku Mau Tobat 

Arti Mimpi Puting Beliung, Lengkap dengan Tafsirnya

Doa Agar Hujan Berhenti Dan Cuaca Cerah Arab, Latin Dan Artinya

Hujan Meteor Desember 2023 di Indonesia? Ini Penjelasannya

Letak Astronomis Indonesia (Pembahasan Lengkap) Penting!!!

Sholawat Nabi Muhammad SAW Sesuai Sunnah (Arab & Latin)

The post Tanda Tanda Kiamat Menurut Al-Quran Sudah Terjadi 2023 appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search