Syarat Wajib Haji dan Umrah Bagi yang Melaksanakannya!

November 8, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Haji adalah salah satu ibadah dalam agama Islam. Tentu saja rukun kelima dari rukun Islam ini merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan orang. Namun Tentu saja tidak semua muslim memiliki kesempatan yang sama untuk menunaikan haji. Meskipun begitu haji jika mampu haruslah dapat melaksanakan hal tersebut. Adapun dalam melaksanakan haji ada syarat wajib haji yang harus diikuti sehingga hadiahnya menjadi sah.

Tentu saja selain ada syarat wajib ada juga rukun dan juga hal-hal lainnya yang perlu diikuti agar ibadah hajinya khusyuk dan juga diterima oleh Allah. Nah artikel kali ini akan memberikan berita mengenai syarat wajib haji dan juga beberapa hal penting yang harus diikuti ketika menjalankan ibadah haji. Berikut ini penjelasan lengkapnya terkait syarat wajib haji.

Syarat Wajib Haji Dan Umrah Bagi Orang yang Melaksanakannya

Haji merupakan salah satu amal ibadah yang menjadi pilar utama bagi umat muslim. Haji sendiri merupakan bagian dari rukun ke-5 dari rukun Islam yang ada. Tentu saja setelah salat zakat puasa haji menjadi salah satu amalan ibadah yang penting.

Namun tentu saja haji ini menjadi salah satu amalan ibadah yang tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Hal ini dikarenakan memang untuk menunaikan ibadah haji perlu uang yang cukup banyak karena jarak dan juga waktu tempuh yang cukup jauh.

Meskipun sudah banyak transportasi dan juga berbagai kemudahan namun tetap saja ibadah haji ini masih sulit untuk dilakukan. Terlebih sekarang ini adanya sistem tunggu di mana harus menunggu beberapa tahun dulu untuk bisa naik haji.

Jadi tak ayal terkadang banyak orang yang bahkan sudah membayar namun tidak bisa menunaikan ibadahnya karena satu dan lain hal. Waktu tunggu haji ini disebabkan karena memang banyaknya keinginan orang untuk menunaikan ibadah haji namun kuota yang diberikan pemerintah Saudi Arabia kecil.

Baca Juga:  Alprih Priyono Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Sehingga kuat yang diberikan tersebut tidak menutupi kebutuhan akan haji yang ada di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan kenapa untuk menunaikan ibadah haji jadi lebih sulit karena adanya waktu tunggu. Meskipun pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara dan juga melakukan negosiasi dengan pemerintahan Arab namun tetap saja masalah ini masih belum bisa 100% terselesaikan.

Maka dari itu jika membaca hendak berhaji maka akan lebih baik tahu apa saja syarat-syarat haji. Hal ini agar ibadah menjadi khusyu dan juga dapat oleh Allah terima. Mengingat perjuangan yang sangat besar yang ada untuk menunaikan ibadah haji.

Tentu saja penting bagi jamaah untuk tahu syarat-syarat wajib dari haji. Haji sendiri merupakan ibadah yang di mana dilaksanakan pada bulan 1 Dzulhijjah. Karena bulan haji sudah sebentar lagi maka lebih baik jika sudah tahu dan juga paham betul dengan syarat wajib haji.

Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi

Sebenarnya syarat wajib haji adalah syarat yang harus ada pada seseorang jika ingin menjalankan ibadah haji. Jika seseorang telah memenuhi syarat wajib haji ini maka orang tersebut boleh menunaikan ibadah haji.

Lalu apa bedanya dengan rukun? Untuk rukun sendiri rukun haji adalah syarat yang harus ada oleh jamaah haji agar hajinya menjadi sah. Ketika melakukan haji Maka insya Allah ibadah haji yang pun menjadi sah.

Namun sebelum mengikuti syarat-syarat dari rukun haji, jamaah haji harus terlebih dahulu tahu syarat wajib apa saja agar bisa menunaikan ibadah haji. Dengan hal ini Jika memenuhi syarat wajib haji maka seseorang berhak untuk menjalankan ibadah haji. Tentu saja syarat wajib haji ini terdiri dari 5. Berikut ini penjelasan mengenai syarat wajib haji.

Beragama Islam

Tentu saja untuk menjalankan ibadah haji haruslah beragama Islam terlebih dahulu. Haji merupakan salah satu rukun yang ada pada rukun Islam. Jadi untuk melaksanakan ibadah ini maka terlebih dahulu beragama Islam untuk menjalankannya.

Baca Juga:  Intro Tools ML Apk Download Untuk Android dan iOS 2023

Orang kafir ataupun orang yang menganut agama lain tidak harus mengikuti ibadah haji. Jadi hal yang pertama yang harus ada oleh seorang untuk berhaji adalah dia beragama Islam.

Berakal

Syarat kedua selain beragama Islam adalah orang yang ingin menunaikan ibadah haji adalah berakal atau tidak gila. Hal ini penting karena dalam menunaikan ibadah haji tentu saja orang tersebut harus berasal dari hatinya dan juga memiliki pikiran yang normal.

Dengan berakalnya seseorang tentu saja segala tindak-tanduknya menjadi tanggung jawab orang tersebut. Maka penting bagi seseorang yang ingin menaikkan ibadah haji wajib untuk memiliki akal yang sedang baik atau tidak gila.

Baligh

Syarat wajib haji ketiga adalah baligh, baligh adalah istilah dalam agama Islam untuk mendeskripsikan orang yang sudah dewasa. Jadi ketika ingin melaksanakan ibadah haji tentu saja orang tersebut harus sudah melewati masa baligh. Baligh ini biasa berupa adanya perubahan dalam bentuk fisik yang menuju ke arah dewasa.

Tentu saja anak kecil tidak diperkenankan untuk melakukan haji. Karena jatuhnya jika anak kecil melakukan haji maka hukumnya adalah sunnah. Jadi tentu saja dalam melaksanakan Haji perlu untuk sudah melewati umur baligh dan juga memiliki pikiran yang sehat.

Merdeka

Merdeka dalam syarat wajib haji adalah ketika seseorang itu tidak terikat dengan apapun. Jadi seseorang yang ingin melakukan ibadah haji haruslah memenuhi syarat ini. Hal ini karena pada zaman dahulu banyak sekali orang-orang layaknya seperti budak.

Nah biasanya akan ada haji yang mana tuan yang memiliki budak tersebut yang membayarkan. Maka jika melaksanakan ibadah haji seperti ini jatuhnya bukan ibadah haji yang yang wajib melainkan hanya menjadi sunnah.

Maka dari itu jika ingin melakukan ibadah haji seseorang haruslah merdeka dan tidak terikat dari apapun. Di zaman sekarang mungkin saja masih ada hal yang seperti ini maka dari itu untuk melakukan ibadah haji wajiblah seseorang untuk tidak melakukan haji bukan karena kemauannya. Melakukan haji haruslah dengan keinginan sendiri dan juga memiliki kuasa atas diri sendiri.

Baca Juga:  Call Center PLN 24 Jam Bebas Pulsa Seluruh Indonesia

Mampu

Hal terakhir yang harus terpenihi untuk memenuhi syarat wajib haji adalah mampu. Hal ini karena memang haji itu merupakan salah satu ibadah yang hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengikutinya.

Hal ini karena memang biaya untuk melakukan haji tidak oleh semua orang punya. Jadi untuk melakukan haji hendaklah oleh orang-orang yang mampu. Sehingga jika sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji maka orang tersebut telah memenuhi syarat wajib dalam melaksanakan haji.

Mampu dalam hal ini itu meliputi berbagai hal. Bahannya dalam hal uang seperti finansial namun juga mampu dalam kesehatan. Jadi jika ingin melaksanakan Haji namun sedang sakit ataupun tidak sehat secara jasmani karena umur maka lebih baik untuk tidak melakukan haji karena takut akan terjadi suatu dan lain.

Namun tentu saja hal itu juga harus memenuhi aspek-aspek lainnya. Yang mana dalam berhaji sendiri akan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Misalnya seperti keluarga ataupun finansial dan juga kesehatan.

Dan mudah-mudahan dengan adanya artikel syarat wajib haji ini kamu bisa terbantu dalam menyiapkan hal-hal yang harus di persiapkan, baiklah sampai disini dulu pembahasan kita kali ini semoga bisa bermanfaat ya.

Baca artikel terkait lainnya :

Perbedaan Haji dan Umroh Yang Wajib Diketahui Agar Mabrur

Arti Mimpi Naik Haji/Umroh Bersama Orang Tua Menurut Islam

Kemenag Biaya Haji 2023 Plus dan Reguler, Naik Drastis!

Pengertian Ibadah Dan Macamnya Menurut Syariat Islam

Pengertian Ibadah Dan Macamnya Menurut Syariat Islam

The post Syarat Wajib Haji dan Umrah Bagi yang Melaksanakannya! appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search