Rezeki Halalan Thayyiban Artinya Adalah? Berikut Contohnya

November 19, 2023

Setiap hamba yang taat tentunya menginginkan rezeki halalan thayyiban yakni halal dan baik agar membawa keberkahan dalam hidup.

Namun untuk dizaman sekarang ini jika ingin mendapatkan rezeki yang halal dan baik amat banyak ujiannya, dan ini menjadi sebuah tantangan bagi seorang muslim.

Maka dari itu penulis akan merangkum penjelasan tentang rezeki halalan thayyiban ini dalam sebuah artikel. Dengan tujuan agar pembaca dapat mengambil hikmah dan manfaat dalam mengais rezeki.

Pengertian Rezeki Halalan Thayyiban Dan Contohnya

Agar lebih memahami tentang Rezeki Halalan Thayyiban penulis akan menjelaskan sekilas tentang pengertian beserta contohnya.

Halalan Thayyiban jika dilihat dari segi bahasa memiliki arti Halal “Boleh” Thayyiban “Baik/Enak”.

Sedangkan menurut istilah Halalan Thayyiban adalah segala jenis makanan atau pakaian yang diperoleh dengan cara halal dan dihalalkan oleh Allah dan Rosulunya untuk dimakan atau dipakai.

Adapun dari segi pengolahan makanan makna dari Halalan Thayyiban adalah segala macam jenis makanan halal yang jika dimakan tidak menimbulkan madhorot, seperti merusak badan, akal fikiran bahkan merusak keimanan.

Tulisan Halalan Thayyiban Arab Latin Dan Artinya

Setelah mengetahui pengertian dari kalimat halalan thayyiban berikut contohnya maka perlu juga tahu terkait tulisan Halalan Thayyiban Arab Latin Dan Artinya.

Adapun tulisan halalan thayyiban arab latin dan artinya adalah seperti dibawah ini :

حَلَٰلًا طَيِّبًا

Halalan Thayyiban

Artinya :

Boleh / Halal lagi baik

Kalimat tersebut diatas diperjelas oleh Allah SWT didalam Q.S Al-Baqoroh : 168 yakni sebagai berikut :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya :

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik (halalan thayyiban) dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Karena sesungguhnya setan itu adalah musuh nyata bagimu” (QS. al-Baqarah:168).

Doa Rezeki Halalan Toyyiban

Karena untuk mendapatkan rezeki yang halal dan baik tidaklah mudah, banyak ujian yang bahkan tidak nampak mata ujian tersebut.

Baca Juga:  Arti Kata Gaslighting Adalah, Istilah Percintaan dan Contohnya

Maka sangat penting memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan untuk mendapatkan Rezeki Halalan Toyyiban.

Adapun doa rezeki halalan toyyiban adalah seperti dibawah ini :

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika‘alayya‘inda kibari sinnii wanqithoo’i‘umrii. Alloohummakfinii bihalaalika‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.”

Artinya :

“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

Cara mengamalkannya bisa dibaca ketika akan mencari nafkah untuk keluarga, atau juga boleh dibaca setelah melaksanakan ibadah sholat fadhu atau sholat hajat.

Dalil Terkait Rezeki Halalan Thayyiban

Untuk memperkuat dalam mencari rezeki yang halal dan baik maka perlu juga mengetahui anjuran firman Allah SWT yang tertulis dalam Al-Qur’an.

Adapun beberapa dalil terkait rezeki halalan thayyiban adalah sebagai berikut :

QS. Al-Maidah Ayat : 88

وَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْٓ اَنْتُمْ بِهٖ مُؤْمِنُوْنَ

Baca Juga:  Resetter Epson L3110 Gratis Tanpa Password (Online & Offline)

Artinya :

“Makanlah apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu sebagai rezeki yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah yang hanya kepada-Nya kamu beriman,” (QS. Al-Maidah [5]: 88).

QS. An-Nahl Ayat : 114

فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًاۖ وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya :

“Makanlah sebagian apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu sebagai [rezeki] yang halal lagi baik dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya,” (QS. An-Nahl [16]: 114).

Penutup

Inilah ringkasan dari penjelasan pengertian rezeki halalan thayyiban baik secra bahasa dan juga istilah berikut contoh dan dalilnya.

Semoga ringkasan artikel ini bermanfaat untuk semua ummat muslim yang sedang mencarai atau membaca penjelasan ini. Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Wajib Tahu Bedanya Arti Wa Iyyaki Wa Iyyaka Wa Iyyakum

Barakallah Fii Umrik Artinya, Arab, Latin dan Jawabannya

Arti Jazakallah Khairan Adalah (Keutamaan, Arab, Jawaban)

Syukron Artinya Lalu Bagaimana Cara Menjawabnya Sesuai Aturan

Man Jadda Wajada Tulisan Arab Kaligrafi dan Artinya Adalah

Arti Ana Uhibbuka Fillah dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Ucapan Fii Amanillah Artinya Adalah (Arab & Jawabannya)

The post Rezeki Halalan Thayyiban Artinya Adalah? Berikut Contohnya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search