Resep Kacang Bawang Gurih, Empuk & Renyah Pakai Santan

December 10, 2023

Mungkin untuk yang suka memakan cemilan, bisa menyimak resep kacang bawang yang akan ayovasindinkeskdi.id sampaikan di bawah ini. Pasalnya memang di negara Indonesia banyak sekali cemilan yang berasal dari kacang, namun untuk yang sederhana cara membuatnya ya kacang bawang ini.

Kacang merupakan salah satu tumbuhan yang masuknya ke dalam tanaman buah. Terdapat banyak jenisnya, yaitu kacang tanah, kacang mete, polong, pistachio, almond dan lainnya. Semua jenis kacang yang ada ini bisa kita oleh untuk berbagai masakan. Nah, kalau untuk membuat kacang bawang ini, nantinya bisa menggunakan kacang tanah.

Uniknya rasa kacang tanah yang nantinya diolah menjadi cemilan kacang bawang bisa seperti kacang mete. Asalnya bisa mengolahnya dengan cara yang tepat. Maka dari itu, bisa langsung saja menyimak beberapa resep kacang bawang yang akan kami sampaikan berikut ini.

Resep Kacang Bawang Renyah Pakai Santan

Untuk resep kacang bawang, memang akan sangat mudah sekali. Tetapi, akan lebih enak kalau menghasilkan rasa yang renyah. Pasalnya nanti akan bisa mengundang banyak orang untuk merasakannya. Nah, resep yang banyak orang gunakan untuk membuat kacang bawang dengan rasa renyah adalah menggunakan santan.

Santan adalah sari kelapa yang nantinya akan bisa kita dapatkan dari perasan buah kelapa. Tentunya santan ini memiliki rasa yang gurih, jadinya jika kita campurkan dengan masakan akan menambahkan rasa yang khas di dalamnya. Untuk lebih jelasnya bisa simak beberapa bahan dan juga cara membuat kacang bawang renyah menggunakan santan.

Bahan Bahan dari Resep Kacang Bawang

Untuk membuat suatu masakan, nantinya akan sangat kita perlukan bahan-bahannya. Pasalnya dengan bahan yang sudah lengkap nantinya akan membuat proses masak memasak akan menjadi lebih mudah dan aman. Untuk itu, jika ingin membuat makanan atau cemilan khas Indonesia yang satu ini simak pembahasan resep kacang bawang ini. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat kacang bawang.

Baca Juga:  Download Video Snack Video Tanpa Watermark HD Online

Bahan-Bahan :

Santan instan (1 sachet)

Daun jeruk sebanyak 10 lembar

Kacang tanah sebanyak 1 kg

Garam halus 1,5 sendok makan

Gula pasir 1,5 sendok makan (sesuaikan dengan keinginan)

Bawang putih geprek 10 siung

Air sebanyak 1 liter

Kaldu bubuk 1 sachet

Bahan-Bahan Untuk Taburan :

Daun sop atau daun seledri (sesuaikan dengan keinginan)

Bawang sebanyak 10 siung dan potong-potong tipis

Daun jeruk sebanyak 15 lembar dan potong-potong tipis

Cara Membuat Kacang Bawang Santan

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan untuk membuat kacang bawang, bisa langsung melakukan pembuatannya. Proses untuk membuat cemilan yang satu ini juga sangatlah mudah. Maka dari itu, untuk lebih memudahkannya bisa simak cara membuat kacang bawang di bawah ini.

Pertama, bisa siapkan terlebih dahulu panci dengan air, bawang putih yang sudah geprek tadi, santan, kaldu bubuk, gula pasir, dan garam. Setelah itu semuanya aduk hingga rata. Tunggu sampai mendidih semua campurannya tersebut.

Jika sudah mendidih, barulah masukkan kacang tanah yang ada dan masak kembali selama kurang lebih 25 menit.

Setelah matang, diamkan terlebih dahulu rebusan kacang dengan bumbu-bumbunya tersebut. Diamkan kurang lebih selama 35 menit.

Kalau sudah dingin kacangnya, bisa langsung saring atau tiriskan dari air rebusannya tadi.

Selanjutnya bisa panaskan minyak dengan wajan, tunggu hingga panas dan goreng kacang tersebut sampai berubah warna kecoklatan. Jangan lupa aduk terus supaya matang dengan sempurna.

Jika semuanya sudah selesai digoreng, maka bisa langsung taburkan dengan bumbu tabur yang memang telah tersedia.

Selesai camilan siap dihidangkan.

Resep Kacang Bawang Rasa Mete Gurih Dan Renyah

Selain resep yang di atas, ada lagi resep kacang bawang yang gurih dan renyah dengan rasa mete. Pastinya pernah kan mencoba kacang bawang namun rasanya seperti mete padahal tetap menggunakan kacang tanah. Nah, kalau ingin membuatnya bisa menyimak resep yang akan kami berikan di bawah ini. Ada bahan-bahan dan juga cara membuatnya.

Baca Juga:  Cara Menggambar Pemandangan Yang Bagus & Contohnya

Bahan Yang Diperlukan Untuk Buat Kacang Bawang Rasa Mete

Resep kacang bawang rasa mete ini memang terkadang memerlukan bahan-bahan yang detail. Pasalnya kalau tidak kita gunakan atau ada kurang bahannya, maka akan menjadi resep yang berbeda. Maka dari itu, harulah perhatikan resep yang akan ayovaksindinkeskdi.id berikan di bawah ini.

Bawang putih yang diulek sebanyak 8 siung.

Kacang tanah sebanyak 1 kg dikupas dan cuci sampai bersih.

Air 1 liter.

Bawang puting sebanyak 15 siung dan iris secara tipis.

Santan instal sebanyak 1 bungkus.

Daun jeruk sebanyak 12 lembar, iris tipis-tipis dan jangan lupa buang tulang daunnya.

Garam secukupnya.

Cara Membuat Kacang Bawang Rasa Mete

Jika semua bahannya sudah siap, maka nanti bisa langsung membuat kacang bawang dengan rasa mete yang mudah. Tenang saja, walaupun masakan ini memiliki rasa yang sangat nikmat, tetapi cara pembuatannya tentu sangatlah simple. Maka dari itu, bisa langsung simak cara membuat kacang bawang rasa mete di bawah ini.

Terlebih dahulu rendam irisan bawang putih menggunakan air garam. Jika sudah sisihkan dahulu.

Kemudian bisa didihkan air dengan menggunakan panci. Setelah itu tambahkan dengan bawang putih ulek, daun jeruk dan santan. Diamkan hingga mendidih kembali. Jika sudah mendidih masukkan kacang tanah yang sudah dicuci bersih

Masak kacang dengan cara mengaduknya dan kalau air sudah menyusut serta kacang mengembang bisa matikan kompor. Lalu angkat dan juga tiriskan.

Selanjutnya angkat dan tiriskan bawang putih iris yang tengah direndam tadi. Lalu goreng hingga berubah waranya.

Jika sudah, bisa goreng kacang yang sudah direbus dengan menggunakan minyak yang panas dengan api kecil saja.

Setelah berubah warna menjadi kuning keemasan, bisa angkat.

Baca Juga:  Chord Melting Kali Uchis – Chord Dasar Viral di Tiktok

Lalu taburkan dengan bawang goreng.

Selesai.

Itulah dua resep kacang bawang yang nanti bisa pembaca coba buat di rumah. Sangat mudah, sederhana dan juga praktis. Tentunya bisa langsung coba dan pilih mana resep yang menarik.

Baca Artikel Lainnya :

Resep Sapo Tahu Seafood & Ayam Simple dan Sederhana!

Resep Cireng Isi Crispy, Empuk dan Tidak Alot Anti Meledak

Cara Buat Roti Pisang Coklat Panggang & Kukus Sederhana

3 Resep Bolu Kukus Mekar, Lembut Dan Sederhana

Resep Pindang Patin Kemangi Sederhana Bebas Bau Amis

The post Resep Kacang Bawang Gurih, Empuk & Renyah Pakai Santan appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search