Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pentingnya Menuntut Ilmu

November 19, 2023

Pidato Singkat Tentang Pendidikan – Sekarang ini ingin berpidato tentu akan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pasalnya sekarang ini ingin mendapatkan teks pidato tentu akan sangat mudah menemukannya. Apalagi untuk yang ingin mencari teks pidato singkat tentang pendidikan. Kami memberikan contoh teks pidato tersebut.

Pidato merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan orang-orang di depan banyak orang. Yang mana biasanya pidato ini akan berisikan tentang suatu ajakan atau penjelasan mengenai suatu hal. Jadi untuk melakukan pidato ini orang-orang harus memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu.

Kalau begitu penjelasan di bawah ini merupakan beberapa penjelasan mengenai pidato dan juga contoh teks pidatonya. Untuk pembaca yang penasaran apa saja pembahasan yang akan di dapatkan dalam artikel ini, bisa terus saja menyimak penjelasan yang ada pada artikel ayovaksindinkeskdi.id di bawah.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan Moral

Nah pembahasan pertama ini akan menyediakan contoh teks pidato singkat tentang pendidikan berkarakter yang bisa pembaca gunakan. Berikut ini merupakan contoh teks pidatonya :

Selamat Pagi Semuanya

Pada kesempatan kali ini mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maka Esa. Karena saat ini kita masih diberikan kesehatan dan juga masih bisa berkumpul pada acara ini. Yang mana pada acara ini saya akan memberikan sedikit pidato mengenai pendidikan karakter.

Hadirin,

Sekarang ini para pemuda sedang mengalami masalah yang sangat amat menyedihkan, yaitu mengalami penurunan nilai moral dan juga karakter. Para generasi muda saat ini sedang berada pada fase terbawa arus hedonisme. Yang mana gaya hidup hedonisme ini adalah salah satu hal yang akan menimbulkan dampak negatif.

Hal ini dapat menyebabkan para generasi muda mengabaikan segala norma dan juga peraturan yang ada. Selain mengabaikan semua norma, generasi muda sekarang banyak terjerumus dalam penggunaan narkoba. Dikutip dari BNN sendiri penggunaan narkoba pada anak remaja mencapai 4,3 juta orang.

Baca Juga:  Xtreme Motorist Mod Apk Unlimited Money Versi Terbaru 2023

Hal yang lebih bahaya lagi adalah, adanya kematian yang disebabkan oleh penggunaan narkoba setiap 7 menit sekali. Dengan adanya peristiwa ini tentunya akan menimbulkan banyak pertanyaan dari hadirin sekalian. Dimana peranan-peranan yang seharusnya ada untuk membantu pertumbuhan para remaja sekarang ini?

Mengapa para generasi muda dapat masuk ke dalam gaya hidup dan juga kegiatan terlarang tersebut. Setelah mencari beragam sumber penelitian ternyata penyebabnya adalah kurang mendapatkan pendidikan karakter dan moral di negara Indonesia sekarang ini.

Sekarang ini sekolah hanya mementingkan nilai daripada moral dan juga karakter. Bahkan mirisnya pelajaran karakter ataupun moral pancasila jamnya mengalami pengurangan. Sehingga para ganerasi muda kehilangan contoh yang sangat baik akhlak maupun moralnya.

Maka dari itu pendidikan moral tentunya bisa dipupuk mulai dari lingkungan keluarga dan tidak harus mengandalkan pembelajaran dari sekolah saja. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan saat ini, maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Terimakasih.

Struktur Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan Di Era Digital

Setelah menyimak contoh pidato yang sudah kami sediakan tadi. Sekarang saatnya mengetahui apa saja struktur teks yang ada pada teks pidato di atas. Karena dalam membuat teks pidato membutuhkan struktur agar pidatonya sempurna dan tidak ada kekurangan apapun.

Langsung berikut ini merupakan beberapa struktur teks pidato beserta contoh yang akan di ambil dari pidato singkat tentang pendidikan karakter di atas tadi :

Pembukaan

Biasanya pada awal pidato akan ada bagian pembukaan. Yang mana pembukaan ini berisikan tenang ucapan syukur atau menyapa para pendengar pidato.

Contohnya : Pada kesempatan kali ini mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maka Esa. Karena saat ini kita masih diberikan kesehatan dan juga masih bisa berkumpul pada hari ini. Yang mana pada acara ini saya akan memberikan sedikit pidato mengenai pendidikan karakter.

Baca Juga:  Fauna Neotropik : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Isi

Pada bagian ini tentunya akan berisikan berbagai isi yang menjelaskan tentang tema pidato tersebut. Entah itu informasi yang mendukung tentang pendapat orang yang berpidato atau lain sebagainya.

Contohnya : dari awal paragraf ‘Hal yang lebih bahaya lagi adalah, adanya kematian yang disebabkan oleh penggunaa narkoba setiap 7 menit sekali.’ sampai dengan akhir paragraf ‘Setelah mencari beragam sumber penelitian ternyata penyebabnya adalah kurang mendapatkan pendidikan karakter dan moral di negara Indonesia sekarang ini.’

Penutup

Ini merupakan bagian paling akhir pada struktur dari pidato. Penutup ini biasanya berisikan tentang kesmpulan dari apa yang sudah disampaikan sampai dengan permintaan maaf jika ada salah dalam perkataan atau lain sebagainya.

Contohnya : Maka dari itu pendidikan moral tentunya bisa dipupuk mulai dari lingkungan keluarga dan tidak harus mengandalkan pembelajaran dari sekolah saja. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan saat ini, maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Terimakasih.

4 Jenis Pidato Singkat Berkarakter Yang Perlu Diketahui

Untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Pidato Singkat Tentang Pendidikan ini. Sekarang bisa terus menyimak beberapa jenis pidato yang memang wajib pembaca ketahui.

Karena pidato memang memiliki banyak sekali jenisnya, tema dalam pidato juga bisa pembaca tentunya melalui jenisnya.

Nah kalau begitu dari pada berlama, mendingan kita langsung saja melihat beberapa jenis pidato yang bisa kalian ketahui.

Di bawah ini sudah tersedia beberapa jenis pidato yang memang bisa pembaca temukan.

Pidato Persuasif

Persuasif merupakan salah satu kata yang sangat familiar. Persuasif memiliki arti ajakan, yang mana jika pada pidato jenis persuasif ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi para pendengar pidato tersebut.

Yang mana kalimat-kalimat yang ada dalam pidato ini harus mengandung kalimat persuasif. Yaitu mengajak para pendengar untuk melakukan atau bertindak sesuatu setelah mendengarkan pidato tesebut.

Baca Juga:  Soal UAS IPS Kelas 12 Semester 1 Lengkap + Kunci Jawaban

Ini juga merupakan salah satu hal yang penting untuk mengajak orang melakukan sesuatu yang sangat baik.

Jenis Pidato Rekreatif

Kalau jenis yang kedua ini merupaka jenis pidato rekreatif. Yang mana para pendengar bisa mendapatkan rasa kekeluargaan yang sangat erat jika mendengarkan pidato ini.

Pada jenis pidato yang satu ini biasanta orang-orang yang melakukan pidato harus membawa banyak sekali vibes yang bahagia ataupun menyenangkan.

Pidato Argumentatif – Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Kebanyakan orang menggunakan pidato dengan jenis argumentatif. Karena pidato ini merupakan salah satu pidato yang memiliki beberapa alasan ataupun data-data yang mendukung pembahasan.

Dalam pidato ini tentunya ada banyak sekali opini yang akan memperkuat sebuah argumen yang disampaikan oleh pembaca pidato tersebut. Beberapa data yang dibutuhkan ini merupakan data-data yang sangat falid.

Pidato Informasi

Terakhir ini ada Pidato Singkat Tentang Pendidikan yang memiliki jenis informasi. Yang mana penyampian pidato ini merupakan pidato dengan banyak sekali informasi di dalamnya.

Informasi-informasi penting yang ada dalam pidato ini merupakan informasi yang sangat berguna untuk para pendengar.

Tentu dalam penyampaiannya harus menggunakan bahasa yang efektif agar pendengar bisa paham apa informasi yang ada.

Baca Artikel Lainnya Juga :

Struktur Pidato : Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Teks Pidato Isra Miraj Untuk Anak SD, SMP, SMA Lomba Singkat

Ciri Puisi dan Prosa Pengertian, Jenis-Jenis, Contohnya Dll

Contoh Pidato Singkat – Pengertian, Jenis, & Struktur Lengkap!

Apa Yang Dimaksud Dengan Poster Menurut Para Ahli & Contoh

Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat

Fungsi Permintaan: Definisi, Bunyi, Faktor, Kurva, dan Contoh Soal

The post Pidato Singkat Tentang Pendidikan Pentingnya Menuntut Ilmu appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search