Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya

November 13, 2023

Indonesia adalah termasuk salah satu negara beriklim tropis, sehingga tidak mengherankan jika ada begitu banyak flora dan fauna yang tersebar di beberapa wilayah negara kita. Persebaran flora dan fauna di Indonesia memiliki peran yang sangat penting terhadap pertumbuhannya.

Dengan semakin banyak jenis flora dan fauna yang tersebar di Indonesia, hal ini dapat membuat Indonesia memiliki semakin banyak hewan dan tumbuhan yang ada di setiap daerah. Bahkan, Indonesia sempat dikatakan sebagai salah satu negara dengan keberagaman flora dan fauna tertinggi.

Sampai saat ini, ada 25 ribu jenis flora yang berada di Indonesia dan angka ini juga akan terus bertambah. Jika angka tersebut merupakan jumlah flora yang ada di Indonesia, untuk jumlah fauna di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 200 ribu jenis yang berbeda. Lantas, bagaimana persebarannya?

Daftar Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Ekosistem dari setiap jenis flora dan fauna di Indonesia akan sangat berperan penting dalam proses perkembangbiakannya. Ada beberapa jenis flora maupun fauna yang cocok untuk tinggal di sebuah daerah beriklim tropis seperti Indonesia, dan ada juga yang tidak cocok.

Sementara itu, pertanyaan tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia memang sudah sering dipertanyakan oleh beberapa orang, khususnya di kalangan para pelajar. Untuk memberikan jawaban mengenai pertanyaan tersebut, di sini kami akan memberikan penjelasannya lengkap:

1. Persebaran Flora yang Ada di Indonesia

Jenis-jenis flora yang tersebar di Indonesia dapat dibedakan menurut proses persebarannya itu sendiri. Pada dasarnya, ada 4 kategori utama persebaran flora yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, simak daftar persebaran flora di Indonesia berikut ini:

a. Flora Sumatera dan Kalimantan

Untuk kategori persebaran flora di Indonesia ini memiliki corak asiatis dan tersebar di seluruh kawasan barat. Jenis-jenis flora yang termasuk dalam kategori ini dapat ditemukan dengan mudah di beberapa wilayah yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Flora yang hidup di wilayah Pulau Sumatera dan Kalimantan ini, umumnya akan membutuhkan lingkungan yang sering diguyur hujan. Maka dari itu, tidak sedikit dari beberapa jenis flora ini yang hidup di area hutan hujan tropis.

Umumnya, hutan hujan tropis akan dikelilingi dengan beragam jenis pohon yang tinggi dan besar. Bahkan, sebagian besar pohon yang ada di hutan tersebut pun akan memiliki banyak lapisan di dalamnya. Sementara untuk beberapa jenis flora yang tersebar di wilayah ini adalah:

Damar

Jamur

Kayu meranti

Beragam jenis anggrek

Pohon mangrove yang biasanya tumbuh di pinggir pantai

b. Flora Jawa dan Bali

Melanjutkan pembahasan mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia beserta daerah asalnya, kami juga akan menjelaskan tentang jenis-jenis flora yang tersebar di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali. Kedua pulau yang ada di Indonesia ini memiliki beragam iklim yang berbeda.

Baca Juga:  Link Nonton Film Bad Sister Full Movie Sub Indo 2016 Gratis

Curah hujan di wilayah Jawa dan Bali tergolong lebih rendah dibanding wilayah Sumatera serta Kalimantan. Dua jenis iklim yang ada di wilayah ini adalah iklim muson tropis dan iklim hutan hujan tropis. Selain itu, Bali juga memiliki jenis iklim lainnya yang disebut dengan nama iklim sabana tropis.

Ada beberapa jenis flora yang tersebar di kedua pulau ini, dan beberapa di antaranya adalah:

Pohon pinus

Pohon cemara

Rumput

Jati

c. Flora Indonesia Bagian Tengah (Kepulauan Wallacea)

Jenis-jenis flora lainnya yang ada di Indonesia tersebar di beberapa daerah bagian tengah, yaitu Kepulauan Wallacea. Beberapa wilayah Indonesia yang termasuk dalam kepulauan ini adalah Pulau Sulawesi, Pulau Timor, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku.

Berbeda dengan beberapa wilayah yang sebelumnya, untuk iklim di Kepulauan Wallacea tergolong lebih kering. Bahkan, tingkat kelembapan di wilayah ini pun juga tergolong cukup rendah. Maka dari itu, tidak semua jenis flora di Indonesia dapat tumbuh di daerah ini.

Jenis flora yang tersebar di wilayah Kepulauan Wallacea ini bisa dibedakan menurut asal daerahnya, yaitu:

Sulawesi: Flora hutan pegunungan

Nusa Tenggara: Flora sabana dan stepa tropis

Maluku: Flora hutan campuran seperti cengkeh, kayu manis, kayu ebony, dan lain sebagainya

d. Flora Papua

Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia. Jenis flora yang tersebar di wilayah Papua akan memiliki corak Australiatik. Jenis flora bercorak Australiatik ini juga hidup di area hutan hujan tropis.

Ada beberapa hutan hujan tropis yang bisa ditemukan di Pulau Papua, karena pulau ini termasuk kawasan timur Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya dikatakan mirip dengan hutan hujan tropis yang tersebar di sejumlah wilayah bagian barat Australia.

Sementara itu, untuk jenis-jenis flora yang termasuk dalam kategori kawasan timur ini adalah sebagai berikut:

Kayu putih

Flora pegunungan

Flora pantai

Pohon pinus

Pohon bakau

2. Persebaran Fauna yang Ada di Indonesia

Persebaran flora dan fauna di Indonesia adalah hal yang dapat membuat keanekaragaman hewan dan tumbuhan bertambah. Maka dari itu, setelah membahas tentang proses persebaran flora di Indonesia, kami juga akan membahas tentang proses persebaran fauna yang ada di Indonesia.

Sama halnya seperti persebaran flora di Indonesia yang sebelumnya, proses persebaran fauna di negara kita ini juga dapat dibedakan menurut daerah asalnya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai persebaran fauna yang ada di Indonesia:

a. Fauna Asiatis (Kawasan Barat)

Jenis-jenis fauna yang ada di kawasan barat Indonesia juga sering disebut dengan nama fauna Asiatis. Biasanya, jenis-jenis fauna ini akan berpengaruh terhadap corak Asia. Hewan-hewan yang sering ditemukan di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali termasuk fauna Asiatis.

Baca Juga:  Doa Membuka Aura Wajah Agar Disukai Banyak Orang

Sebab, jenis-jenis fauna ini biasanya tinggal di suatu daerah yang cenderung sejuk. Berikut adalah beberapa jenis fauna yang tersebar di kawasan barat Indonesia:

Harimau Sumatera

Elang Jawa

Badak Jawa

Ular

Kadal

Kutilang

Babi hutan

b. Fauna Peralihan (Kawasan Tengah)

Jenis persebaran flora dan fauna di Indonesia yang satu ini ada di wilayah Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya. Suasana di wilayah ini tergolong tidak terlalu sejuk seperti kawasan barat sebelumnya.

Beberapa contoh fauna yang tersebar di kawasan tengah Indonesia ada di bawah ini:

Komodo

Burung maleo

Biawak

Mandar

Rangkong

Tarsius

Monyet seba

Nuri

Burung kakatua

Kuskus

c. Fauna Australis (Kawasan Timur)

Fauna Australis akan tersebar di beberapa wilayah yang ada di Pulau Papua. Sebab, Pulau Papua merupakan kawasan paling timur Indonesia. Alasan mengapa jenis fauna ini dikatakan sebagai fauna Australis adalah karena mereka memiliki beberapa kesamaan seperti hewan-hewan Australia.

Tidak hanya itu, fauna Australis yang tersebar di kawasan timur Indonesia ini juga memiliki kulit yang lebih indah dibanding kulit hewan-hewan lainnya. Sementara untuk beberapa contohnya adalah:

Cendrawasih

Kasuari

Mamundur

Raja udang

Berbagai jenis katak yang berbeda

7 Faktor yang Memengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Setiap jenis flora dan fauna di Indonesia wajib dilestarikan oleh semua pihak, untuk menghindari terjadinya kepunahan di masa depan. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang memengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia, yang antara lainnya adalah:

1. Makhluk Hidup

Faktor persebaran flora fauna di Indonesia yang pertama adalah makhluk hidup. Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan yang ada di sekitar flora dan fauna tersebut akan memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungannya.

Masih ada beberapa orang yang belum sadar bahwa flora tidak bisa hidup ketika di lingkungan sekitarnya tidak ada manusia dan fauna yang mendukungnya. Begitu pun juga dengan kedua makhluk hidup lainnya, yaitu manusia dan hewan tidak akan bisa hidup ketika tidak ada flora di sekitarnya.

2. Iklim

Dengan melihat pembagian persebaran flora dan fauna yang ada di atas, kamu pasti tahu bahwa persebaran ini akan dilakukan dengan memperhatikan iklim di lingkungan tersebut. Pada dasarnya, iklim yang selalu terjaga dengan stabil dapat membuat flora dan fauna lebih mudah beradaptasi.

Hal ini berbeda ketika iklim di suatu lingkungan atau wilayah tertentu tidak dalam kondisi yang stabil. Tentu ini akan membuat semua jenis flora dan fauna di Indonesia mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

3. Suhu Udara

Selain iklim, suhu udara juga termasuk salah satu faktor yang memengaruhi proses persebaran flora dan fauna di negara kita. Semua jenis flora dan fauna di Indonesia akan membutuhkan suhu udara yang normal, agar mereka bisa lebih mudah untuk beradaptasi dan bernapas.

Baca Juga:  Link Download WA GB Meta yang Asli Gratis Official Terbaru

Sementara itu, ketika ada salah satu jenis flora maupun fauna yang tinggal di wilayah dengan suhu udara yang ekstrem, mereka akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Maka dari itu, manusia harus selalu menahan keserakahannya untuk mengambil tempat tinggal flora dan fauna ini.

4. Jenis Tanah

Salah satu faktor yang memengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia adalah jenis tanah di area ekosistemnya. Setiap daerah yang ada di Indonesia akan memiliki struktur tanah yang berbeda, sehingga tidak mengherankan jika hal ini juga termasuk salah satu faktor yang harus diperhatikan.

Semakin baik struktur tanah yang ada di suatu daerah, hal ini dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kehidupan flora dan fauna tersebut. Sementara untuk komposisi tanah yang ideal adalah terdiri dari bahan-bahan mineral organik, mineral anorganik, dan udara.

5. Topografi

Untuk melestarikan segala jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia, orang-orang harus memperhatikan kondisi geografis dari tempat tinggalnya tersebut. Pasalnya, kondisi topografi ini akan menjadi habitat asli dari segala jenis flora dan fauna yang tinggal di daerah tersebut.

6. Air Hujan dan Cahaya Matahari

Ada beberapa jenis flora dan fauna yang lebih cocok untuk tinggal di daerah yang banyak terkena sinar matahari. Namun, ada juga beberapa jenis flora dan fauna di Indonesia yang lebih cocok untuk tinggal di sebuah daerah yang sering diguyur hujan.

Biasanya, jenis-jenis flora dan fauna yang cocok dengan musim hujan akan tinggal di daerah kawasan barat Indonesia. Sedangkan jenis-jenis flora dan fauna yang cocok dengan musim panas, akan lebih banyak tersebar di kawasan timur Indonesia.

7. Angin

Angin termasuk salah satu bahan alami yang sangat dibutuhkan untuk proses persebaran flora dan fauna di negara Indonesia. Sebagai contoh, ketika angin membantu menyebarkan biji-biji tumbuhan untuk tumbuh secara lebih merata. Dengan begitu, biji-biji ini juga bisa bermanfaat bagi banyak hewan.

Pembahasan terkait persebaran flora dan fauna di Indonesia memang selalu menarik untuk dibahas. Untuk itu, pahami setiap poin terkait persebaran flora dan fauna yang ada di artikel ini.

Baca juga artikel lainnya:

Letak Astronomis Indonesia (Pembahasan Lengkap) Penting!!!

Sejarah Akuntansi Dunia dan Indonesia (Secara Lengkap)

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Melalui Hubungan…

Karakteristik Benua Asia dan Bagian-Bagiannya Secara Lengkap

Teori Masuknya Islam ke Indonesia Serta Pengaruh dan Buktinya

Tujuan ASEAN Didirikan, Beserta Sejarah (Pembahasan Lengkap)

The post Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search