People Pleaser Adalah: Ciri-ciri dan Penyebab Terjadinya

December 6, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – People pleaser adalah seseorang yang selalu berusaha untuk melakukan kebaikan untuk orang lain. Akan tetapi, seseorang dapat mengabaikan kebutuhan pribadinya di saat melakukan banyak hal baik untuk orang lain.

Dan hal tersebut akan berdampak buruk kepada diri sendiri. Perlu untuk disadari bahwa seseorang tidak harus mencari cara untuk membuat orang lain senang atau bahagia. Dan tak perlu merasa cemas dan merasa baik, hanya karena mendapatkan pujian atau rasa terima kasih dari orang lain.

Kebiasaan people pleasure atau perilaku yang menyenangkan orang lain secara berlebihan terbentuk dari trauma masa lalu atau harga diri yang rendah. Untuk memahami lebih lanjut terkait people pleasure, ciri-ciri dan penyebabnya, bisa simak artikel pendidikan di bawah ini.

Pengertian People Pleaser Adalah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di setiap kehidupan mereka. Tak hanya menemani satu sama lain, namun mereka bisa menolong dan membantu seseorang di saat berada dalam kesulitan.

Terkadang, hal tersebut bisa disalah artikan lantaran beberapa orang terlalu mementingkan kebahagiaan orang lain, dibandingkan dengan diri sendiri. Untuk sebagian orang hal ini masih dianggap wajar.

Namun kondisi ini lama kelamaan justru menyakti diri sendiri, yang tentunya perilaku tersebut tidak sehat. Fenomena tersebut disebut dengan people pleaser . Seorang psikolog dari Amerika Serikat, Susan Newman mengatakan, people pleaser adalah contoh masalah yang kerap terjadi di kalangan orang dewasa, yang selalu merasa tak enak dengan orang lain.

Orang yang people pleaser akan dengan mudah mengatakan ‘Ya’, namun sulit untuk mengatakan ‘Tidak’ atau menolak permintaan dari orang lain. Hal itu dilakukan hanya untuk membuat orang lain merasa senang terhadap dirinya. Akan tetapi, orang tersebut tak menyadari jika hal itu membuat dirinya merasa dirugikan.

Baca Juga:  Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Ciri & Struktur Lengkap

Menurut Daielle Wade LCSW sebagai penasehat media di Colorado menyebut, jika people pleaser bukan istilah medis. Istilah ini umumnya menggambarkan seseorang yang berusaha untuk menyenangkan orang lain secara konsisten. Akan tetapi, kerap kali mengorbankan kebutuhan atau keinginannya sendiri di dalam prosesnya.

Kebanyakan orang akan selalu ingin merasa dihargai dan dicintai. Akibatnya, tak sedikit orang yang justru menyesuaikan perilakunya tersebut untuk membuat interaksi sosial agar lebih lancar.

Keinginan seseorang untuk membantu orang lain merupakan sifat umum dari manusia. Akan tetapi, terkadang perlu ada pengorbanan diri seperti memberikan waktu, uang, atau tenaga untuk sesuatu tujuan.

Orang people pleaser akan selalu merasa harus menjadi seseorang yang diinginkan oleh orang lain. Orang-orang tersebut cenderung kerap menutupi perasaannya yang sesungguhnya. Dan selalu menyetujui untuk membantu orang lain, walaupun ia merasa keberatan.

Perasaan seseorang yang senang setelah menyenangkan orang lain itu tidak akan lama. Dan akhirnya, hal tersebut merugikan mereka sendiri, sebab mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk peduli dengan dirinya sendiri.

Ciri-ciri People Pleaser

Setelah kita mengetahui people pleaser adalah sekarang adalah waktunya untuk mengetahui apa saja ciri-cirinya, dan di bawah ini adalah ciri-ciri seseorang yang people pleaser :

Selalu berkata setuju, namun sulit untuk menolak permintaan orang lain

Mau atau menerima pekerjaan eksta walau tak punya waktu

Kerap terlalu berkomitmen kepada tanggung jawab, rencana, atau proyek

Lebih sering menghindari ketidasetujuan atau konflik dengan orang lain

Ikut hal-hal yang tak disukai, meski menjalaninya dengan setengah hati

Memiliki tekanan untuk bersikap baik, ramah, atau ceria setiap saat

Merasa cemas jika harus menyampaikan pembelaan

Tertekan lantaran komitmen yang dibuat

Baca Juga:  Ucapan Selamat Hari Raya Kuningan 2023 Bahasa Bali Indonesia

Frustasi karena tak pernah ada waktu untuk diri sendiri.

Merasa jika keinginan sendiri tak penting, dibanding dengan orang lain

Takut dimarahi atau ditinggalkan jika menolak disaat merasa tak berkenan

Kerap meminta maaf untuk hal yang tak perlu

Jika dari beberapa ciri-ciri di atas tengah dirasakan oleh pembaca. Maka mulailah untuk merubah diri agar tak lagi menjadi seorang people pleaser .Sebab pola perilaku tersebut akan menjadi racun di hidup kalian.

Jika mungkin merasa terbebani dengan jadwal yang padat, frustasi atau memendam kebencian, atau kepuasan hidup berkurang. Hal tersebut karena tak melakukan hal-hal yang bisa memberikan kesenangan pribadi.

Jika merasakan hal di atas, jangan marah kepada diri sendiri. Pasalnya, masih ada waktu untuk memperbaiki diri dan mulai peduli dengan diri sendiri. Dan jika merasa sulit untuk mengendalikannya, cobalah untuk berkonsultasi kepada psikolog profesional.

Penyebab Orang Jadi People Please

Apa yang bisa menyebabkan seseorang menjadi people pleasure? Simak penjalasannya di bawah ini:

1. Merasa Diri Kurang Berharga

Seseorang yang selalu merasa dirinya kurang berharga dari diri orang lain, mungkin saja merasa kebutuhan untuk dirinya sendiri tidak penting. Mereka dinilai kurang memiliki kesadaran soal apa yang diinginkan. Tak jarang, mereka pun merasa jika tak memiliki tujuan, jika tak dapat membantu orang lain.

2. Takut Ditolak

Sebagian orang akan berusaha menyenangkan orang lain lantaran merasa takut ditolak, atau menyinggung lingkungan. Contohnya, orang dengan kecemasan sosial akan merasa harus melakukan hal apa pun yang diinginkan temannya, agar orang lain bisa menyukainya.

3. Menghindari Konflik

Orang yang suka menghindari konflik atau takut akan konflik, maka akan gunakan segala cara agar menyenangkan orang. Hal tersebut adalah cara mereka untuk mencegah perselisihan.

Baca Juga:  Download Mivo TV Apk Mod Sport Live Streaming Bola Online

4. Budaya dan Sosialisasi

Budaya dan sosialisasi seseorang bisa mempengaruhi cara seseorang berperilaku kepada orang lain dan diri sendiri. Ada beberapa orang mungkin mengajarkan, jika tak mementingkan diri sendiri adalah orang yang baik.

5. Ketidaksetaraan Sosial

Hal ini juga bisa memperkuat gagasan bahwa seseorang harus bisa menjaga orang lain. Contohnya, seorang wanita harus selalu mengutamakan dan melayani pasangannya dalam konteks suatu hubungan.

6. Gangguan Kepribadian

Contohnya, seseorang mengalami gangguan kepribadian dependen yang dapat menyebabkan seseorang merasa sangat tergantung dengan orang lain, untuk mendapatkan persetujuan dan bantuan dalam berbagai aspek.

Demikian penjelasan mengenai people pleaser adalah, ciri-ciri dan penyebabnya. Semoga mudah dimengerti, ya.

Baca Juga:

Arti To Do List: Pengertian Manfaat dan Cara Membuatnya

Hukum Mad Layyin Pengertian Dan Contoh Baca’annya

Pengertian Dan Hukum Izhar Kholqi Berikut Huruf Serta Contohnya

Advokat Adalah: Pengertian, Tugas, Peran, dan Wewenangnya

Kalimat Aktif Transitif: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

The post People Pleaser Adalah: Ciri-ciri dan Penyebab Terjadinya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search