Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Terbesar Adalah, Simak!

November 18, 2023

Mukjizat Nabi Muhammad SAW – Dalam kisah perjalanan dari para manusia yang diutus oleh Allah.

Untuk menyampaikan dakwah kepada kaum-kaumnya, ada suatu mukjizat yang dikehendaki Tuhan Robbul ‘Alamin kepada mereka.

Mukjizat itu diturunkan sebagai objek pendukung kebenaran akan ajaran yang disampaikan oleh para nabi dan rosul.

Wujud dari mukjizat disetiap rosul dan nabi pun berbeda-beda, sebab kelebihan yang diturunkan Allah kepada para anbiya’-Nya sesuai dengan kondisi dan keadaan mereka di kala itu.

Seperti sampai sekarang ini, ada sebuah mukjizat yang masih bisa kita saksikan secara langsung, yaitu kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW atas kitab sucinya, Al-Qur’an.

Namun tidak hanya tentang Al-Qur’an saja, Rasulullah SAW juga dikaruniai beberapa macam mukjizat oleh Allah SWT. Berikut penjelasan mukjizat Nabi Muhammad SAW.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW Beserta Kisahnya

Seorang nabi dan rosul utusan terakhir yang dilahirkan di kota Mekkah pada tanggal 12 Rabi’ul Awal dengan nama ibunda Aminah binti Wahhab ini merupakan kekasih Allah SWT.

Banjir dihujani karunia dan keberkahan daripada Allah dalam kehidupannya, Nabi Muhammad memiliki beberapa kelebihan yang luar biasa.

Semenjak lahirnya beliau pun terdapat peristiwa-peristiwa yang tidak biasanya terjadi di kota suci tersebut, seperti hancurnya pasukan gajah dan terguncangnya istana Kisra.

Begitu banyak mukjizat yang diturunkan oleh kepada Nabi Muhammad SAW, dan itu merupakan suatu hal yang penting untuk kita ketahui sebagai umat Rasulullah.

Maka, berikut ini terdapat kumpulan mukjizat nabi beserta kisahnya.

Kitab Suci Al-Qur’an

Al-Qur’an telah menjadi suatu mukjizat Nabi Muhammad SAW terbesar, sebagaimana pernyataan yang dikutip dari buku berjudul “ Nabi Muhammad SAW dan Mukjizatnya “ karya Rhea Ilham Nurjanah.

Kitab suci ini sangat berarti bagi kehidupan umat islam, sebab tujuan diturunkannya pun sebagai pedoman hidup. Terlebih lagi, Tuhan Robbul ‘Alamin pun menjamin kesucian atas Al-Qur’an.

Sejalan dengan makna pada ayat 9 surat Al-Isra’ yang menyatakan bahwa Al-Qur’an diturunkan untuk memberikan jalan petunjuk. Berikut bunyi lafadznya :

Baca Juga:  Bondee Apk Download New Version Free for IOS & Android

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

Yang artinya : “ Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar “. (Q. S. Al-Isra’ [9]).

Seperti yang telah disinggung di paragraph atas, para utusan Allah diberikan mukjizat sesuai dengan kondisi masa itu.

Sedangkan Nabi Muhammad SAW, dihadapkan situasi dan kondisi pada zaman orang-orang yang ahli dalam hal kefasihan lisan untuk berbahasa, ahli dalam bersyair secara alami, serta ahli dalam hal berparamasastra.

Maka mukjizat ini turun kemudian dibawa rosul kepada mereka (para ahli bahasa).

Isra Mi’raj

Adapun mukjizat Nabi Muhammad SAW yang juga sangat istimewa adalah terjadinya peristiwa isra’ mi’raj.

Kejadian ini dialami oleh Nabi Muhammad atas kehendak Allah yang saat itu beliau dihadiri oleh malaikat Jibril.

Malaikat Jibril pergi membawa nabi menuju Ka’bah, kemudian nabi diperintahkan untuk melaksanakan thowaf di Ka’bah tersebut sebanyak 7 kali.

Usai menjalani perintah Jibril, nabi dihadapkan suatu kendaraan yang digunakan untuk menuju Masjid Al-Aqsha, nama kendaraan tersebut dikenal dengan sebutan Buraq.

Begitu takjubnya Nabi Muhammad sesampainya disana, sebab terlihat para nabi dan rasul utusan Allah lainnya berkumpul mulai dari nabi Adam Alaihi Salam hingga Nabi Isa Alaihi Salam.

Lalu dibawanya lagi Rasulullah menuju tujuh lapis langit yang dimana beliau menerima perintah mengerjakan sholat lima waktu.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW Membelah Bulan

Mukjizat Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah membelah bulan menjadi dua, tentu ada sebuah kisah dibalik turunnya kelebihan yang diberikan Allah kepada kekasih-Nya ini.

Dahulu, ketika rosul dengan menyampaikan dakwah yang telah diperintahkan Allah kepada kaumnya, ada sebagian kaumnya dari orang-orang kafir menentang seolah tak percaya tentang kenabian Rasulullah.

Baca Juga:  Tanggal Merah 2023 dan Jadwal Cuti Bersama (SKB) 3 Menteri

Kemudian atas pertolongan Allah, saat Nabi Muhammad menunjuk ke arah bulan di langit maka terbelahlah bulan tersebut menjadi 2 bagian.

Sebagaimana yang telah termaktub dalam suatu hadits yang berbunyi :

Bahwa orang-orang Makkah meminta utusan Allah untuk menunjukkan kepada mereka mukjizat, dan ia menunjukkan kepada mereka pemisahan bulan “. (H. R. Sahih Al-Bukhari).

Mampu Menaklukan Musuh

Adapun mukjizat Nabi Muhammad SAW satu ini terjadi tatkala adanya perang Hunain antara kaum muslimin dan kaum musyrikin pada bulan Syawal saat itu.

Ketika pasukan muslimin mulai terkepung oleh musuhnya, Nabi Muhammad SAW mengambil segenggam pasir seraya berdo’a dalam sabdanya :

Ya Allah, tunaikanlah kepadaku apa yang telah Engkau janjikan kepadaku“.

Setelah itu, beliau lemparkan pasir kepada kaum musyrikin. Maka semua pasukan musuhnya nabi tidak dapat fokus dalam peperangan sebab mata dan mulut mereka semuanya dipenuhi pasir.

Akhirnya pasukan mereka terpukul mundur, dan ini adalah kesempatan bagus bagi kaum muslimin untuk mengejar dan membunuh musuh.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW, Air Susu Melimpah

Sejak lahir pun Rasulullah sudah dikaruniai kelebihan oleh Allah. Lahirnya bayi Muhammad ini membawa keberkahan atas keluarganya.

Halimah, wanita pengasuh Nabi Muhammad SAW yang berbadan kurus ini mencoba untuk menyusui bayi Muhammad.

Alangkah terkejutnya ia, terlihat air susunya mengalir begitu deras padahal hal tersebut tidak pernah terjadi kepada anak kandungnya yang ketika menyusu selalu merasa kekurangan.

Tidak hanya itu, suami Halimah pun ikut terkejut sebab unta betina yang sudah tua miliknya tiba-tiba menghasilkan air susu yang banyak.

Keberkahan ini datangnya dari Allah melalui kekasih-Nya, maka berbahagialah mereka setelah mengasuh baginda Nabi Muhammad SAW.

Air Yang Mengalir Dari Jari-Jari Nabi

Selanjutnya Rasulullah mempunyai mukjizat Nabi Muhammad SAW yang lain yaitu bisa mengeluarkan air dari jari jemarinya layaknya sumber mata air.

Dikisahkan saat itu bertepatan dengan Hari Hudaibiyah  atau Hari Perjanjian, orang-orang merasakan kehausan dan bergegas pergi mendatangi Nabi Muhammad.

Baca Juga:  Lukas Enembe Ditangkap KPK di Bandara Sentani Akibat Apa?

Mereka mengadu kepada Nabi Muhammad bahwa tidak ada air sedikitpun untuk minum dan berwudhu kecuali hanya sepanci air yang pastinya tidak cukup untuk mereka semua.

Dengan pertolongan Allah saat nabi hendak meletakkan tangan diatas wadah, keluarlah air dari jari-jarinya hingga terkumpul banyak, maka orang-orang itu bisa membayar kehausannya.

Tubuh Yang Terlindung Petir

Kelebihan ini terjadi pada waktu yang sama dengan mukjizat mampu menaklukan musuh yang telah disebutkan sebelumnya.

Saat perang Hunain, pasukan Nabi Muhammad yakni kaum muslimin nyaris terkalahkan oleh musuh dari kaum musyrik.

Bahkan saat keadaan darurat itu, nabi hendak dibunuh oleh salah seseorang dari pasukan musuh yang bernama Syaiban bin Utsman.

Namun disaat yang bersamaan, Tuhan Robbul ‘Alamin memberikan perlindungan terhadap nabi melalui petir yang diturunkan dari langit untuk mengelilingi tubuh rosul.

Lantas kejahatan Syaiban dihadangkan oleh petir tersebut. Wallahu A’lam

Dari kesemua mukjizat yang dialami oleh manusia dambaan serta panutan umat islam, tentu pada hakikatnya merupakan perbuatan Allah atau af’al Allah yang ditunjukkan melalui manusia pilihan-Nya itu.

Penutup

Dengan adanya artikel pendidikan mengenai Mukjizat Nabi Muhammad SAW ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat serta keberkahan dalam menjalani kehidupan bagi kita.

Ayovaksindinkeskdi.id juga mengucapkan terimakasih kepada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi lalu membaca isi dari artikel mukjizat Nabi Muhammad SAW ini hingga selesai. Sampai bertemu kembali dipembahasan selanjutnya.

Baca juga :

Doa Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Sunnah Bahasa Arab

Niat Sholat Hajat 2 atau 4 Rakaat dan Waktunya + Doanya

Bacaan Niat Mandi Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Doa Amalan Bulan Rajab Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Niat Puasa Arafah Lengkap: Arab, Arti, dan Tarwiyahnya

Cara Wudhu yang Benar Menurut Islam (Syarat, Rukun, Doa)

The post Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Terbesar Adalah, Simak! appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search