Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

December 6, 2023

Mukjizat Nabi Ibrahim – Siapa yang tidak kenal nabi ibrahim hususnya ummat muslim, karena termasuk salah satu rukun iman percaya kepada Rosul Allah salah satunya yakni nabi ibrahim As.

Selain dari pada itu Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran agama tauhid. Dia juga dikenal sebagai bapak para nabi karena memiliki keturunan yang menjadi nabi-nabi besar seperti Nabi Ismail dan Nabi Ishaq.

Nabi Ibrahim dikenal sebagai contoh keimanan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian dari Allah SWT. Dia juga merupakan tokoh penting dalam sejarah agama Islam karena memperbaiki dan merenovasi Ka’bah di Mekah yang kemudian menjadi tempat suci bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Sekilas Kisah Nabi Ibrahim AS Dan Mukjizatnya

Sebelum menuliskan mukjizat Nabi Ibrahim AS didalam artikel ayovaksindinkeskdi.id, penulis akan merangkum terlebih dahulu sekilaS kisah tentang Nabi Ibrahim agar pembaca dapat mengenal lebih dekat.

Berikut dibawah ini sekilas kisah Nabi Ibrahim AS yang dikenal oleh ummat muslim seluruh dunia.

Pada saat itu Allah SWT memberikan cobaan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail sebagai pengorbanan yang dipersembahkan kepada Allah SWT. Namun, pada saat yang tepat, Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor domba sebagai tanda kepatuhan Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim juga terkenal karena memperbaiki dan merenovasi Ka’bah di Mekah yang kemudian menjadi tempat suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu kisah terkenal lainnya adalah ketika Nabi Ibrahim melawan raja yang menyembah berhala dan membuktikan bahwa hanya Allah SWT yang patut disembah.

Selain dari pada itu Nabi Ibrahim juga dikenal sebagai bapak dari dua anaknya, Ismail dan Ishaq. Keturunan Nabi Ibrahim kemudian menjadi bangsa-bangsa besar seperti bangsa Arab dan bangsa Yahudi.

Baca Juga:  Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Mukjizat Nabi Ibrahim Yang Terkenal

Nabi ibrahim termasuk salah satu nabi yang diberikan Allah SWT banyak Mukjizat, hal tersebut karena untuk bekal dakwah menyebarkan agama tauhid.

Adapun beberapa mukjizat nabi ibrahim yang terkenal adalah seperti dibawah ini :

Terbebas Dari Api Besar :

Mukjizat ini terjadi ketika Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam api oleh kaumnya yang tidak mau menerima ajarannya. Namun, Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api dan membuat api tersebut menjadi sejuk dan aman bagi Nabi Ibrahim.

Berbicara Dengan Burung :

Nabi Ibrahim dapat berbicara dengan burung yang mengajarkan kepadanya tentang kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi ujian hidup.

Menyembuhkan Orang Sakit :

Nabi Ibrahim diberikan kekuatan untuk menyembuhkan orang yang sakit melalui doa dan rasa keimanan yang kuat.

Menghidupkan Bangkai :

Mukjizat ini terjadi ketika Nabi Ibrahim meminta kepada Allah SWT untuk menghidupkan kembali seekor burung yang sudah mati. Allah SWT mengabulkan permintaannya dan menghidupkan kembali burung tersebut.

Mukjizat Nabi Ibrahim Ketika Dibakar

Salah satu mukjizat Nabi Ibrahim yang terkenal adalah :

Ketika dibakar dan terbebas dari api besar. Kisah ini terjadi ketika kaumnya yang menyembah berhala tidak menerima ajaran Nabi Ibrahim dan memutuskan untuk membakarnya hidup-hidup.

Akan tetapi pada saat Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam api yang sudah disiapkan, oleh kaum yang menyembah berhala. Kemudian Allah SWT menjadikan api tersebut sejuk dan aman bagi Nabi Ibrahim.

Kisah mukjizat tersebut diabadikan didalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 69 Allah SWT berfirman :

قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ ۙ

Artinya :

Kami (Allah) berfirman, “Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!”

Mukjizat tersebut menunjukkan atas kekuasaan Allah SWT yang melindungi hamba-Nya yang saleh dan menjadikan api yang secara logika membakar Nabi Ibrahim, namun nyatanya menjadi sejuk dan aman.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan GoPay PayLater Permanen & Sementara!

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Berbicara Dengan Burung

Selanjutnya adalah mu’jizat Nabi Ibrahim yang dapat berbicara dengan burung, kisahnya kurang lebih seperti ini :

Ketika Nabi Ibrahim sedang mencari kebenaran, dia melihat seekor burung yang terbang di atasnya, kemudian burung tersebut jatuh ke tanah dan mati. Melihat hal itu, Nabi Ibrahim merasa sedih dan bertanya kepada dirinya sendiri, “Mengapa burung ini mati?”

Kemudian, Allah SWT memberikan Nabi Ibrahim kekuatan untuk memanggil burung tersebut dan meminta penjelasan atas kematian burung tersebut. Dan terjadilah sebuah mukjizat, burung yang mati tadi bangkit dan hidup lalu dapat berbicara dengan Nabi Ibrahim.

Adapun kisah mukjizat nabi Ibrahim yang dapat berbicara dengan seekor burung diabadikan didalam Al-qur’an surat Al-baqoroh ayat 260 Allah SWT Berfirman :

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ ࣖ

Artinya :

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati.” Allah berfirman, “Apakah kamu tidak beriman?” Ibrahim menjawab, “Tentu saja, tetapi aku memohon agar hatiku menjadi tenang.” Allah berfirman, “Maka ambillah empat burung, kemudian potong-potonglah mereka, campurkanlah dan letakkanlah pada setiap puncak gunung, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang dengan segera kepadamu dengan berlomba-lomba. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Menyembuhkan Orang Sakit

Mukjizat Nabi Ibrahim menyembuhkan orang yang sakit tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an, akan tetapi kisah tersebut diabadikan dalam sebuah hadi.

Adapun sekilas kisah mukjizat Nabi Ibrahim menyembuhkan orang sakit adalah seperti dibawah ini :

Baca Juga:  Hungry Shark Evolution Mod Apk Download Uang Tak Terbatas

Kisah ini bermula ketika Nabi Ibrahim dihadapkan pada seorang pria yang sakit parah. Nabi Ibrahim kemudian meminta izin dari Allah SWT untuk menyembuhkan orang tersebut.

Allah SWT pun memberikan Nabi Ibrahim kekuatan untuk menyembuhkan orang itu dengan doa dan permintaannya. Ketika Nabi Ibrahim memohon dan berdoa kepada Allah SWT, orang tersebut dipulihkan dari penyakitnya dengan seketika.

Penutup

Demikianlah sekilas penjelasan terkait mukjizat Nabi Ibrahim AS yang ditulis dalam sebuah artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Harapan penulis artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah pengetahuan ummat muslim terkait mukjizat para nabi dan Rosul Allah SWT Aamiin…

Wallahu A’lam….

Baca Juga :

25 Nama Nama Nabi dan Rasul Lengkap Dengan Mukjizatnya

Materi Khutbah Jumat Singkat Hanya 5 Menit Untuk Pelajar

Qurrotul Uyun : Kitab Pendidikan Berhubungan Suami Istri

Doa Nabi Ilyas AS untuk Umatnya dalam Al Quran

Doa Nabi Idris Saat Menjahit & Melambatkan Peredaran Matahari

Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh, Keturunan Sholih dan Sholihah

Doa Nabi Nuh Agar Selalu Diberi Keselamatan dan Kemudahan

The post Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak! appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search