Mukjizat Nabi Adam Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

November 19, 2023

Mukjizat Nabi Adam – Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT menurut kepercayaan agama Islam. Kisah Nabi Adam tercatat dalam Al-Quran dan Hadis sebagai nabi pertama yang diberikan tugas oleh Allah SWT untuk memimpin manusia dan mengajarkan kebaikan.

Menurut Al-Quran, Nabi Adam diciptakan dari tanah oleh Allah SWT. Allah SWT menghembuskan ruh-Nya ke dalam tubuh Nabi Adam sehingga Nabi Adam menjadi makhluk yang hidup.

Setelah itu, Allah SWT menempatkan Nabi Adam di surga dan memberikan kebebasan kepada Nabi Adam untuk menikmati segala yang ada di dalamnya kecuali satu pohon buah Quldi.

Akan tetapi Iblis menggoda Nabi Adam dan Siti Hawa untuk memakan buah dari pohon tersebut. Nabi Adam dan Hawa yang tergoda akhirnya memakan buah dari pohon tersebut dan diusir dari surga oleh Allah SWT. Sehingga sampai saat inilah keturunan Nabi Adam hidup dialam dunia.

Mukjizat Nabi Adam AS Yang Sangat Populer Dikalangan Manusia

Jangan dikira nabi Adam manusia pertama yang diciptakan Allah SWT tidak memiliki mukjizat, justru beliau Nabi Adam AS, diberikan mukjizat yang sedikit berbeda dengan Nabi-Nabi yang lain.

Karena setiap nabi dan Rosul diberikan Allah Mukjizat untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang telah memberikan hidup dan bekal untuk berdakwah.

Adapun beberapa mukjizat Nabi Adam AS, yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

Penciptaan Dari Tanah

Mukjizat Nabi Adam yang pertama adalah diciptakan oleh Allah SWT dari tanah. Ini merupakan mukjizat yang luar biasa karena manusia lainnya diciptakan dari keturunan manusia sebelumnya. Penciptaan Nabi Adam dari tanah menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang tiada tanding.

Mukjizat yang satu ini hanya nabi Adam yang memilikinya, tidak dengan nabi-nabi yang lain, karena Nabi Adam merupakan manusia sekaligus Nabi dan kholifah dimuka bumi.

Baca Juga:  Tips Tidur Cepat Menurut Islam Atasi Insomnia & Bangun Pagi

Setelah itu penciptaan manusia bukan dari tanah lagi, akan tetap[i dari sari pati tanah yang dititipkan kepada bapak dan ibu manusia yakni Adam As dan Siti Hawa hingga sampai saat ini.

Kisah mukjizat satu ini Allah SWT sampaikan didalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 59, Allah SWT berfirman :

اِنَّ مَثَلَ عِيْسٰى عِنْدَ اللّٰهِ كَمَثَلِ اٰدَمَ ۗ خَلَقَهٗ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Artinya :

Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Pengetahuan Tentang Nama-Nama Makhluk

Mukjizat Nabi Adam yang kedua adalah pada saat itu Allah SWT a memberikan pengetahuan tentang nama-nama makhluk kepada Nabi Adam. Setelah nabi adam paham semuanya apa yang diajarkan Allah untuknya.

Kemudian Allah memanggil malaikat untuk diadu kepintaran memahami benda-benda yang ada disurga dengan nabi Adam, walhasil para malaikat kalah tidak mengetahuinya sedkitpun kecuali diberi tahu oleh Allah SWT.

Kisah tersebut diatas Allah SWT abadikan didalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat : 31, bahwa Allah SWT berfirman :

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ فَقَالَ اَنْۢبِـُٔوْنِيْ بِاَسْمَاۤءِ هٰٓؤُلَاۤءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Artinya :

Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar!”

Kenal dan mengenal Allah SWT

Mukjizat Ketiga Nabi Adam adalah diberikan pengetahuan tentang Allah SWT dan dianggap sebagai manusia pertama yang mengenal dan mengenal Allah SWT secara langsung.

Bahkan signal untuk menembus kepada Allah SWT meskipun sudah diturunkan di Bumi masih tetap aktif bahkan semakin dekat kepada Allah yang dirasakan oleh Nabi Adam.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan IG Sementara Atau Permanen di HP 2023

Sehingga dengan mukjizat tersebut Nabi Adam mampu mengajarkan kebaikan dan ajaran keselamatan kepada manusia yang datang setelahnya.

Keberhasilan Dalam Beribadah

Mukjizat yang keempat Nabi Adam yakni terkait ibadah yang ia jalani. Meskipun manusia lainnya memiliki kecenderungan untuk melakukan kesalahan dan dosa, Akan tetapi Nabi Adam setelah merasa bersalah karena telah melakukan kesalahan besar berdampak diusirnya dari surga.

Nabi Adam mampu menjalankan ibadah dengan benar dan tidak melakukan kesalahan sedikitpun dalam beribadah tidak seperti layaknya manusia biasa tempatnya salah dan dosa..

Kesembuhan Dari Penyakit

Mukjizat nabi Adam selanjutnya yakni menurut sebagian para ulama, Nabi Adam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakitnya sendiri dan juga dapat memberikan kesembuhan penyakit orang lain.

Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah SWT dan keistimewaan Nabi Adam sebagai nabi pertama. Dimana pada saat itu belum ada tabib, pengobatan alternatif atau doketr daln lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait ringkasan mukjizat Nabi Adam As, yang ditulis dalam sebuah artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Semoga bermanfaat dan menjadi perantara untuk menambah wawasan dan keimanan kepada para nabi dan Rosul.

Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Mukjizat Nabi Daud Alaihissalam Diantaranya Adalah Simak!

Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

Mukjizat Nabi Musa Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

Mukjizat Nabi Nuh Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

Mukjizat Nabi Sulaiman AS Diantaranya Adalah, Simak!

Doa Nabi Adam AS Pembuka Rezeki Serta Keutamaannya

Doa Nabi Ibrahim Meminta Anak dan Rezeki Dalam Al Quran

Mukjizat Nabi Yusuf Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak!

The post Mukjizat Nabi Adam Alaihissalam Diantaranya Adalah, Simak! appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search