Memori Internal Penuh di HP Android? Ini Cara Membersihkannya

November 5, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Bagi para pengguna Android pasti pernah mengalami memori internal penuh, yang membuat performa HP menjadi lambat. Lantas bagaimana jika hal itu terjadi? Simak cara memberishkan memori internal Android yang penuh di bawah ini.

Pastinya pernah menerima notifikasi dengan isi ‘Storage space running out’ atau ‘Ruang penyimpanan hampir penuh’. Notifikasi tersebut menandakan jika memori internal pada HP mu sudah penuh.

Jika sudah begitu, biasanya performa HP mu akan tidak maksimal dan menjadi lambat atau sering disebut lemot. Selain itu, aplikasi yang akan dibuka kerap keluar sendiri, rentan terjadi crash, hingga tidak bisa menggunakan kamera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ilustrasi. (Pixabay)

Terkadang hal tersebut membuat kita kesal dan marah karena tak nyaman untuk menggunakan HP. Apa sih penyebab memori internal penuh?

Penyebabnya bisa terjadi lantaran banyaknya file video dan foto, aplikasi-aplikasi yang terinstall tidak penting atau jarang digunakan, atau menjalankan aplikasi sekaligus banyak.

Bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa menghapus sebagian data atau file yang terdapat di HP Android. Terlebih jika ada file, foto, video yang memang sudah ingin disimpan bisa langsung dihapus dari HP mu.

Bagaimana jika merasa file, foto, video yang ada di HP itu penting semua? Sebaiknya kamu bisa memindahkan file-file tersebut ke laptop atau flashdisk atau hardisk yang kamu miliki, agar tetap aman.

Ayovaksindinkeskdi akan memberikan beberapa cara bagi para pengguna Android jika memori internal penuh. Cara ini bisa efektif digunakan untuk membuat memori internal kembali bersih dari penumpukan file tidak penting atau sampah.

Setelah melakukan cara itu, ruangan penyimpanan HP Android mu akan kembali leluasa dan bisa menampuung file, foto, dan video terbaru.

Baca Juga:  Quotes Of The Day Love Bahasa Indonesia Dan Artinya 2023

Mari, simak cara membersihkan memori internal Android yang penuh di bawah ini:

Cara Bersihkan Memori Internal Penuh di HP Android

1. Bersihkan Cache atau Clear Cache

Apa itu Cache? Cache adalah file data sementara dari pemakaian aplikasi-aplikasi yang diunduh dan digunakan di HP Android. File cache dan ukurannya pun berbeda-beda dari setiap aplikasi.

Data cache akan terus menumpuk dan memakan tempat memori internal mu, jika kerap menjalankan aplikasi tersebut. Bagaimana cara membersihkannya?

Caranya sangat mudah, pergi ke ‘Pengaturan’, setelahnya pilih ‘Apps’. Kamu bisa mengecek satu per satu dari setiap aplikasi yang terinstall dan sering digunakan.

Lalu pilih opsi ‘Clear Cache’ agar kinerja HP mu menjadi lebih baik dan lebih ringan.

2. Bersihkan Data atau Clear Data

Apa itu clear data? Clear data merupakan langkah untuk membersihkan seluruh data beserta pengaturan aplikasi yang tersimpan di HP Android mu. Dengan melakukan cara ini, aplikasi-aplikasi yang terinstall akan kembali kepada settingan awal.

Jika ingin melakukan clear data pada aplikasi, maka seluruh data yang telah ada di aplikasi tersebut akan otomatis hilang. Contohnya, jika ingin melakukan clear data pada aplikasi WhatsApp, maka secata otomatis riwayat chat, file foto, video, panggilan telepon akan hilang.

Oleh karena itu, pastikan file-file yang ada pada aplikasi sudah dipindahkan atau memang yakin sudah tidak penting untuk disimpan.

Clear data bisa membersihkan ruang memori internal yang penuh, dan bahkan bisa mengatasi aplikasi yang bermasalah.

Clear data ini bisa dilakukan untuk membersihkan aplikasi Spotify, YouTube, Instagram, Google Chrome atau games. Di mana aplikasi tersebut terbilang cukup menguras memori internal.

3. Menghapus File yang Sudah Tak Terpakai

Baca Juga:  CNY Artinya Apa: Perbedaan Chinese New Year & Lunar New Year

Menumpuknya file yang tak terpakai ini bisa menjadi salah satu penyebab memori internal penuh. Tak hanya dari aplikasi, file-file yang menumpuk itu juga berasal dari foto-foto atau video yang ada di galeri dan audio rekaman.

File video akan semakin besar jika durasi video semakin panjang, sehingga memerlukan kapasitas memori yang besar.

Kamu bisa mengecek file yang telah menumpuk itu melalui ‘Pengaturan’. Kamu bisa buka ‘Pengaturan’, lalu klik ‘Battery and device care’, klik ‘Memory’ dan klik ‘Clear Now’.

Atau bisa pilih ‘Storage’, lalu sortir secara manual foto dan video yang ukurannya besar dan memang sudah tidak penting lagi agar bisa dihapus.

4. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah meng-uninstall aplikasi yang jarang dibuka atau digunakan. Kamu bisa mengecek daftar aplikasi yang telah diinstall, untuk memastikan aplikasi tersebut sering digunakan atau tidak.

Jika banyak aplikasi yang jarang digunakan atau menganggur, lebih baik dihapus saja daripada membuat memori internal penuh.

Bagaimana caranya? Masuk ke ‘Pengaturan’, pilih opsi ‘Apps’, dan menyortir secara satu per satu aplikasi yang akan dihapus, lalu pilih ‘uninstall Apps’.

Cara ini bisa membuat ruang penyimpanan internal kamu menjadi lebih leluasa, sehingga bisa menyimpan file lain yang lebih penting.

5. Lakukan Factory Reset

Alternatif yang bisa digunakan untuk membersihkan memori internal penuh dengan cara melakukan factory reset. Cara ini bertujuan agar membuat HP kepada setelan pabrik.

Sebelum melakukan ini, pastikan kamu telah mencandangkan file-file penting di HP mu ke ruang penyimpanan lainnya, flashdisk, hard disk, Google Drive, atau Cloud.

Bagaimana cara melakukan factory reset? Buka ‘Pengaturan’, lalu klik menu ‘General Management’, pilih ‘Reset’, lalu pilih ‘Factory Data Reset’. Selanjutnya konfirmasi dengan meng-klik ‘Reset Device’ dan ‘Delete All’.

Baca Juga:  PES 2012 Apk 200Mb Offline Link Download + OBB Data

Demikian, penjelasan cara membersihkan memori internal yang penuh untuk HP Android. Semoga membantu ya.

Baca Juga:

Viral ASN Pamer Gepokan Uang Ditaksir Miliyaran Rupiah

Viral Tiga Tampon Nyangkut Buat Wanita AS Alami Nyeri Dahsyat

Apa Itu Manifesting? Bahasa Gaul Viral di TikTok dan Twitter

Chord Gitar Semata Karenamu Mario G Klau – Lagu Viral Tiktok

Chord Gitar Hingga Tua Bersama Rizky Febian, Lagu TikTok Viral

39 Lagu Indonesia Terbaru 2022 Terpopuler Viral Saat Ini

Arti Confess to Crush dalam Bahasa Gaul Viral di Twitter

Arti Maternal Disaster yang Viral di Media Sosial

Viral Tikus Cicipi Ayam Goreng di Etalase, Kini Restoran Ditutup

Arti Pick Me Girl Dalam Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

Viral Remaja 19 Tahun Nikahi Nenek 76 Tahun, Kini Tengah Hamil

The post Memori Internal Penuh di HP Android? Ini Cara Membersihkannya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search