£ Mata Uang Apa? Cek Fakta Lengkapnya Disini!

November 4, 2023

Mungkin untuk kamu masih banyak yang bertanya-tanya ya tentang lambang £ mata uang apa? Nah, untuk kamu yang memang belum mengetahuinya kami akan memberikan informasinya dan juga pembahasannya. Jadi, kamu jangan sampai melewatkan pembahasan mengenai lambang mata uang yang satu ini ya.

Kan memang ya pengetahuan yang kita miliki itu harus sebanyak-banyaknya supaya nantinya kita tidak ketinggalan tentang banyak hal baru. Apalagi kalau kita mengobrol dengan orang yang memiliki wawasan luas, pastinya kita tidak mau kan kalau tidak mengerti pembahasannya tersebut?

Oleh karena itu, kita bisa mencari informasi yang sebanyak-banyaknya ya dari berbagai sumber. Mau kamu mencari informasi di sumber buku atau internet juga bisa banget. Sekarang kan sudah banyak disediakan ya pembahasan mengenai informasi-informasi penting yang harus diketahui gitu.

Untuk itu, kali ini ayovaksindinkeskdi.id akan memberikan informasi menarik dan pembahasan mengenai lambang tersebut yang ada ini. Nantinya kamu akan bisa mengetahui banyak sekali pembahasannya tentang mata uang ini. Langsung saja yuk kita sampaikan pembahasannya di bawah ini.

Lambang £ Mata Uang Apa?

Mungkin untuk kamu yang memang ingin mencari informasi seputar mata uang gitu, disini kamu akan mendapatkan salah satu informasinya. Memang ya terkadang orang-orang ingin mengetahui suatu informasi tentang mata uang karena untuk menambahkan pengetahuan atau karena ingin pergi ke suatu negaranya tersebut.

Oke, kali ini, kami akan membahas salah satu informasi tentang mata uang yang masih sering ditanyakan oleh orang-orang, yaitu lambang £ itu mata uang apa? Untuk itu, kamu bisa langsung simak pembahasan yang ada di bawah ini ya. Supaya kamu lebih cepat dan lebih mengerti.

Jadi, lambang £ mata uang bernama Pound Sterling. Kalau mata uang pound sterling ini memiliki kode internasional GBP. Nah, kode tersebut atau GBP ini juga merupakan singkatan yang dimiliki untuk pound sterling atau pound Inggris. Sudah mengetahui kan ya tentang lambang dari mata uang £ ini?

Oya, mata uang pound sterling atau pound Inggris ini juga merupakan salah satu volume perdagangan yang memiliki tingkat tertinggi lho ya. Tidak kalah dengan volume perdagangan dari Yen negara Jepang, Euro, dan juga Dollar AS (Amerika Serikat).

Tidak hanya itu saja, Pound sterling ini merupakan salah satu mata uang sudah lama ada lho ya di dunia. Maka dari itu, mata uang pound sterling ini merupakan mata yang termasuknya tertua di dunia lho ya.

Kan tadi kami sudah sampaikan ya kalau mata uang berlambang £ ini merupakan mata uang yang sudah masuknya ke volume perdagangan tertinggi karena menyumbang sekitar 13%. Sebanyak 13% itu, pound sterling sudah menyumbangkannya ke perdagangan harian di pasar valuta asing gitu ya.

Baca Juga:  Apa Itu Mokondo, Istilah Bahasa Gaul Populer di Media Sosial

Mata uang pound sterling ini juga akan banyak sekali lho ya namanya. Mulai dari yang disebut dengan “qiud” atau biasanya juga disebut sebagai “sterling”. Lumayan banyak ya julukan yang diberikan ke mata uang satu ini?

Sejarah Dari Mata Uang Pound Sterling Yang Harus Diketahui

Nah, kalau kamu sudah mengetahui tentang pembahasan mata uang pound sterling ini, maka nantinya kami akan berikan ke kamu pembahasan mengenai sejarah yang ada di mata uang pound sterling ini ya. Jadi, kamu jangan kemana-mana dan harus simak pembahasan yang kami berikan sampai selesai oke?

Jadi, mata uang Inggris atau Pound sterling ini merupakan mata uang yang dibentuk pada tahun 1707. Dimana di tahun ini negara Inggris dan Skotlandia bersatu menjadi Britania Raya ya. Namun, sebenarnya mata uang Inggris ini diciptakan sejak tahun 760 lho ya.

Di tahun itu, memang sudah diciptakana mata uang pound sterling. Asal mulanya juga ya dari situlah dibentuknya mata uang Inggris ini. Dari tahun itu, mata uang Inggris digunakan dan bisa digunakan sampai saat ini lho ya. Untuk kamu ketahui, mata uang pound sterling ini merupakan mata uang yang paling tua.

Iya, jadi mata uang pound sterling ini menjadi mata uang yang tertua dari mata uang negara lainnya. Bahkan mata uang yang bisa digunakan sebagai pembayaran yang sah dan tertua sampai tahun 2022 ini lho ya. Tetapi, mata uang Inggris ini juga tidak hanya digunakan di Inggris saja lho ya tadinya.

Ada beberapa negara yang awalnya menggunakan mata uang Inggris ini. Seperti di negara-negara koloni kerajaan Inggris, yaitu Selandia Baru, Australia, dan juga Kanada. Lumayan banyak kan ya yang awalnya menggunakan mata uang pounds ini, ya.

Saat awal mula pencetakannya, di tahun 1855 Bank of England menuliskan semua uang kertasnya hanya dengan tangan saja lho ya. Namun, dengan berjalannya waktu, mata uang ini dibuat dengan cara-cara yang lebih modern lagi ya. Sampai sekarang, mata uang ini banyak ditemukan dan digunakan oleh masyarakat Inggris. Bagaimana kamu sudah mengetahui kan sejarah yang ada dari mata uang £ atau pound sterling ini?

Beberapa Fakta Menarik Dari Mata Uang Pound Sterling

Untuk kamu yang memang ingin mengetahui tentang banyak halnya dari mata uang pound sterling ini, maka kamu simak pembahasan yang ada disini ya. Kami akan sampaikan ke kamu pembahasan yang menarik untuk diketahui ya. Maka dari itu langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga:  BeFun Live Apk Mod Download Gratis Untuk Android & iOs

Kan pastinya di suatu hal yang mendunia ada hal-hal menarik yang perlu kamu ketahui ya. Supaya lebih seru saja gitu kalau kamu sudah mengetahui tentang hal menariknya. Bukan kah begitu? Selain itu, hal-hal menarik yang disediakan ini juga akan menambahkan informasinya ya.

Supaya kamu bisa mengetahui lebih jelasnya lagi, maka langsung saja yuk kita masuk ke pembahasan mengenai hal-hal menarik yang terkait di dalam mata uang pound sterling yang memiliki logo £ ini. Di bawah ini ya ada beberapa fakta menarik yang bisa diketahuinya.

Logo £ Diambil Dari Bahasa Romawi

Untuk kamu yang mengetahui tentang logo dari mata uang pound sterling ini, maka nantinya kamu akan bisa mengetahuinya disini. Mungkin kebanyakan dari kamu mengapa sih kok logo dari mata uang ini adalah £. Dimana bentuk logonya ini seperti bentuk huruf L. Iya kan?

Supaya kamu ketahui ya, kalau logo L ini diambil dari bahasa romawi kuno. Yap, L yang ada di lambang mata uang pound sterling ini memiliki kepanjangan Librae. Di dalam bahasa romawi kuno, Librae ini memiliki artinya sendiri yaitu arti keseimbangan.

Nah, dari kata Librae itu, oleh kerajaan Inggris bahasanya dilakukan konversi menjadi Pounds. Arti dari kata Pounds itu sendiri berarti berat ukuran. Jadi, itulah asal mula dari logo yang ada dalam mata uang pound sterling ini.

Satu-Satunya Mata Uang Yang Memberi Logo

Kamu tahu kan ya di setiap mata uang ini pastinya akan memberikan logo yang berbeda-beda gitu ya. Seperti saja Rupee (₹) India, Dollar ($) Amerika Serikat, Euro (‎€) Uni Eropa, Yen (¥) Jepang, dan Pound Sterling (£) Inggris. Namun, ada satu hal yang menariknya nih, ya. Kamu harus tahu sih tentang mata uang pound sterling ini.

Kalau kamu melihat uang yang ada di negara Indonesia atau uang rupiah, kan hanya ada tulisan dari nominalnya dan juga gambar-gambar dari pahlawan Indonesia ya. Namun, kalau untuk mata uang yang asalnya dari Inggris ini atau pound sterling nantinya kamu akan bisa melihat logonya lho ya.

Iya, jadi, nantinya di mata uang pondsterling kamu akan melihat tulisan logo £ ini. Kamu akan menemukannya di nominal yang berapa pun lho ya. Tetapi, kalau kamu perhatikan di mata uang negara manapun pastinya kamu tidak akan pernah menemukan hal tersebut ya.

Maka dari itu, ini menarik sekali karena pound sterling merupakan salah satu mata uang yang memiliki logo di uangnya. Jadi, benar-benar bisa membedakan ya kalau kita melihatnya tidak akan keliru gitu.

Baca Juga:  Undawn Apk Mobile Beta Test + OBB Download for Android

Ukuran Mata Uang Pound Sterling Berbeda-Beda

Kalau dilihat, mata uang dari negara-negara lainnya pasti akan sama saja ya ukurannya. Mau yang bentuk kertas dari nominal terkecil sampai terbesar itu sama saja. Jadi, kalau kita susun juga nantinya akan berbeda lho ya. Tidak ada kesamaannya sama sekali.

Tetapi, kalau kamu menggunakan mata uang yang satu ini, yaitu mata uang pound sterling, nantinya ukuran dari mata uangnya ini berbeda. Iya, jadi antara nominal yang kecil dan besar itu berbeda. Kalau semakin besar ukuran atau jumlah nominalnya nanti akan ukurannya lebih besar lho ya.

Merupakan Mata Uang Yang Tertua Di Dunia

Kan tadi juga sudah kami jelaskan ya kalau mata uang pound sterling ini merupakan mata uang yang sudah ada sejak abad ke-8. Jadi, bisa dibilang kalau mata uang ini merupakan mata uang yang sudah paling tua lho ya di dunia. Memang benar, mata uang ini merupakan mata uang yang tertua.

Karena ya memang kesetiaan dari warga negara Inggris untuk menggunakan mata uang pound sterling ini sampai sekarang. Bahkan jumlah atau nilai tukar dari mata uang satu ini tidak pernah turun lho ya. Sangat keren ya mata uang yang satu ini? Oleh karena itu, belum ada yang pernah mengalahkan mata uang satu ini.

Pada awalnya memang mata uang pounds ini bentuknya adalah koin yang terbuat dari 100% perak ya. Namun, seiring berjalannya waktu, mata uang pounds ini bisa menjadi uang kertas gitu.

Mata Uang Pound Sterling Menjadi Warisan Budaya

Karena memang mata uang pound sterling ini sudah digunakan selama berabad-abad lamanya, mata uang ini juga sudah dianggap seperti warisan budaya lho ya. Tentunya oleh masyarakat Inggris yang memang sudah memiliki kaitan emosional dengan mata uang satu ini sendiri ya.

Penduduk atau masyarakat Inggris menganggap bawah mata uang pound sterling ini sebagai simbol dari stabilitas negara, kekuatan dan juga warisan budaya lho ya. Bahkan saat ada pergantian mata uang menjadi Euro, pemerintah Inggris tidak ikut berganti lho ya. Malahan tetap menggunakan mata uang pound sterling ini. Bahkan masyarakat Inggris sendiri juga mendukung dengan keputusan pemerintahnya tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Nilai Mata Uang Terendah Di Dunia 2022, Negara Mana Saja?

Mata Uang Myanmar Ke Rupiah Berapa Nilainya? Simak Disini!

Nilai Mata Uang Tertinggi Di Dunia – Simak Selengkapnya!

Baht Mata Uang Negara? Ini Penjelasan Selengkapnya!

Tujuan ASEAN Didirikan, Beserta Sejarah (Pembahasan Lengkap)

The post £ Mata Uang Apa? Cek Fakta Lengkapnya Disini! appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search