Kenapa Orang Bisa Terkena Masalah Keuangan?

Cindypurbasari April 13, 2023
WE Trivia, Yogyakarta –

Uang memang bukan segalanya, tapi tidak mempunyai cukup uang dapat menyebabkan masalah. Parahnya, masalah keuangan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melansir laman Health Direct, masalah keuangan dapat menyebabkan stres dan berdampak signifikan pada kesehatan mental serta fisik. 

Lebih tepatnya, masalah keuangan dapat membuat seseorang sulit tidur, mudah marah, kelelahan, nyeri otot, perubahan suasana hati, kehilangan nafsu makan, atau bahkan menarik diri dari orang lain.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah keuangan dapat memberikan banyak dampak negatif. Namun jangan khawatir, masalah keuangan dapat dihindari dengan mengetahui penyebabnya. Ini penjelasan lengkapnya!

Alasan Kenapa Orang Bisa Terkena Masalah Keuangan

Setiap orang di dunia, pasti pernah mengalami masalah keuangan, tapi tidak menyadarinya. Sebab, mereka tidak tahu hal apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Melansir laman Clever Girl Finance, alasan kenapa orang bisa terkena masalah keuangan adalah sebagai berikut.

1. Kurangnya perencanaan keuangan

Rencana keuangan membantu seseorang untuk membelanjakan uang dengan lebih teratur dan mencegah pengeluaran berlebihan. Oleh karena itu, orang yang tidak mempunyai rencana yang lebih rentan terkena masalah keuangan.

Baca Juga: Kenapa Kita Perlu Membuat Anggaran Bulanan?

2. Keadaan tidak terduga

Tagihan medis, biaya perbaikan kendaraan, atau pengeluaran darurat lainnya dapat menjadi beban keuangan yang berat. Sebab, apabila keadaan darurat terjadi secara bersamaan maka dapat membuat seseorang kehabisan dana darurat. Lebih parahnya, bisa saja tagihan tersebut dapat membuat orang harus berutang.

3. Penghasilan rendah

Penghasilan yang rendah bisa saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan. Ini dapat terjadi karena biaya hidup terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Baca Juga:  Pacar Baru Sahrul Gunawan Jadi Sorotan, Ternyata CEO Rumah Sakit dan Wakil Ketua Partai…

4. Kurangnya literasi keuangan

Ketika seseorang tidak mempunyai literasi keuangan yang baik maka akan mudah terkena masalah. Bahkan jika ia mempunyai penghasilan dan tabungan yang cukup. 

5. Masalah keluarga

Seseorang lebih rentan terkena masalah keuangan apabila mempunyai hubungan yang tidak enak dengan keluarganya. Misalnya ada orang yang mempunyai pandangan yang sama dengan pasangan tentang cara menangani uang atau memiliki anggota keluarga yang terus-menerus meminta uang tunai.

Masalah keluarga ini dapat menghalangi seseorang membuat anggaran atau menghentikan niat menabung karena perbedaan pendapat. Hal ini dapat menyebabkan stres atau tekanan keuangan.


Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search