Kebiasaan Buruk Pemicu Gula Darah Naik (Gula Darah Tinggi)

November 10, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Ini pemicu gula darah naik atau gula darah tinggi. Ada beberapa kebiasaan buruk yang menjadi pemicu gula darah naik atau tinggi.

Pernahkah kalian mendengar penyakit gula darah atau disebut juga dengan diabetes? Mungkin sudah tidak asing terdengar bagi kita mengenai penyakit yang satu ini.

Penyakit gula darah yang tinggi atau diabetes merupakan penyakit yang sangat banyak mengenai masyarakat di Indonesia. Diabetes disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah ketidakmampuan tubuh seseorang untuk menghasilkan hormon Insulin.

Hormon Insulin merupakan hormon yang di produksi oleh salah satu organ tubuh kita yaitu pankreas, homron ini berfungsi untuk mengontrol gula dalam darah dengan cara mengubahnya menjadi bentuk energi.

Ilustrasi. (Halodoc)

Dilansir pada International Diabetes Federation, Indonesia menduduki peringkat kelima dari semua negara dengan jumlah penduduk yang mengalami diabetes. Diperkirakan sekitar 19,5 juta jiwa dengan perkiraan usia sekitar 20-79 tahun yang mengalami diabetes pada tahun 2021.

Cukup banyak dan sangat mengerikan bukan? Ternyata banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele, namun sangat berbahaya yang dapat memicu perkembangan diabetes bagi seseorang. Apa saja kebiasaan buruk tersebut, simak ulasannya di bawah ini:

Kebiasaan Buruk yang Picu Gula Darah Naik Atau Tinggi

1. Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Kebiasan mengkonsumsi makanan dan minuman manis setiap harinya. Apalagi untuk orang indonesia sepertinya sudah menjadi kebiasan. Setelah makan makanan yang berat selalu diiringi dengan konsumsi minuman manis seperti teh manis atau jus jeruk.

Faktanya ketika kita mengkonsumsi makanan tersebut setiap harinya akan memicu kadar gula darah yang tinggi setelahnya.

Apalagi jika dikonsumsi setiap hari bukan? Seolah-olah kita berpikir bahwa tubuh kita adalah alat yang mampu membersihkan semua sampah-sampah olahan, tetapi bukankah semua itu ada batasnya?

Baca Juga:  Media Sosial Paling Populer 2023, Posisi Pertama Bukan TikTok

2. Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitis fisik atau berolahraga juga tenryata dapat memicuk diabetes loh peeps. Ketika kita malas bergerak dan hanya makan, tidur tanpa melalukan olahraga ringan setiap hari bahkan setiap minggunya.

Hal tersebut akan membuat gula dalam tubuh kita tidak diolah menjadi energi sehingga menumpul dan menyebkan peningkatan kadar gula darah.

3. Kegemukan

Cukup kita tahu bahwa dua kebiasan diatas yaitu mengkonsumsi gula berlebih dan kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan kegemukan.

Kegemukan ini akan memicul penumpukan lemak viseral atau lemak pada bagian perut. Ketika kita melakukan pengukuran orang-orang yang mengalami kegemukan ini kriteria Indeks Masa Tubuh atau IMTnya akan melebihi dari nilai normal yakni >23 kg/m2.

Dan Lingkar Perut untuk Pria > 90 cm dan Perempuan > 80cm. Kegemukan ini akan memicu penderita makin malas lagi untuk bergerak. Dan tanpa disadari penderita akan menumpuk kebiasan-kebiasan yang tidak baik dan penyakit lain bagi tubuhnya.

4. Konsumi Makanan Berlemak

Peningkatan kadar kolestrol tinggi atau disebut juga dengan dislipidemia akan memicu diabetes. Hal ini disebabkan ketika seseorang mengalami kolestrol tinggi akibat konsumsi makanan yang tinggi kolestrol, seperti makan-makanan yang bersantan dalam jangka waktu lama.

Hal tersebut akan memicu terjadinya perlemakan atau kolestrol yang tidak baik sehingga akan menggangu pembuatan dan proses dalam insulin untuk bekerja.

5. Stress

Ternyata stress juga dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Stress akan memicu hormon kortisol di dalam tubuh, salah satu pekerjaan dari hormon ini yaitu meningkatkan kadar gula darah.

Jadi ketika seseorang mengalami stress, maka tanpa disadari dia juga meningkatkan kadar gula darahnya yang memicu diabetes. Jadi usahakan untuk kita semua untuk memanejmen stress sebaik mungkin ya peeps.

Baca Juga:  Apa Itu Meditasi, Cara Mengatasi Stres: Manfaat dan Cara

6. Perokok

Rokok merupakan salah satu faktor resiko yang berperan dangat penting dalam memicu diabetes. Rokok tidak hanya menyebabkan kesalahan dari fungsi paru sajaloh.

Kandungan nikotin yang ada dalam rokok akan mengakibatkan sel dalam tubuh khususnya sel beta pankreas yang memproduksi hormon insulin menjadi resistensi, selain itu kandungan rokok juga dapat menyebkan peradangan di dalam tubuh.

Hal ini akan memicu hormon kortisol untuk untuk meningkatkan kadar gula darahyang berisiko pada diabetes karena proses kerja tubuh dalam mengontrol kadar gula darah terganggu.

Ternyata banyak sekali ya, hal-hal yang kita anggap sepele namun sangat membahayakan bagi tubuh. Mari kita lebih sadar lagi untuk mengurangi kebiasan buruk yang memicu diabetes ya peeps.

Demikian penjelasan mengenai kebiasaan buruk pemicu gula darah naik atau tinggi. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga:

Minuman Diet Viral di TikTok 2023, Wah Ternyata Tak Sehat!

6 Minuman Untuk Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

Tips Cantik Make Up Flawless untuk Pemula Agar Tahan Lama

Cara Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan Jauh Dijamin Manjur

5 Tips Terhindar Penuaan Dini Pada Kulit yang Aman & Sehat

Cara Mudah Cari Pacar Baru dan Gebetan Tanpa Penolakan 2023

Tips Tidur Cepat Menurut Islam Atasi Insomnia & Bangun Pagi

Cara Agar Badan Berisi dan Cepat Gemuk Dalam Waktu Singkat

The post Kebiasaan Buruk Pemicu Gula Darah Naik (Gula Darah Tinggi) appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search