Inspirasi Adalah… Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

November 3, 2023

Inspirasi adalah perasaan yang dapat mendorong seseorang untuk menjadi lebih baik lagi dan sering dijadikan sebagai pembakar semangat bagi banyak orang. Biasanya, orang-orang akan membutuhkan perasaan ini setelah mengalami kegagalan yang berkali-kali dalam hidupnya.

Banyak orang yang percaya bahwa inspirasi merupakan ilham yang datang pada pikiran seseorang, kemudian perasaan ini dapat melekat ke dalam jiwanya. Pada dasarnya, inspirasi berbeda dengan motivasi, sehingga di sini kami akan menjelaskan tentang pengertiannya terlebih dahulu.

Inspirasi Adalah? Ini Pengertiannya

Inspirasi memiliki beberapa makna dengan arti yang berbeda. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa inspirasi artinya adalah pengaruh yang dialami oleh seseorang, dan diyakini memenuhi syarat untuk menerima maupun menyampaikan hal-hal baik dalam hidupnya.

Selain itu, ada beberapa orang juga yang berpendapat bahwa inspirasi merupakan tindakan atau kekuatan yang dapat menggerakkan akal maupun emosi untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam hal ini, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki penjelasan khusus mengenai apa itu inspirasi.

Dalam KBBI inspirasi adalah perasaan yang bermakna ilham. Jadi, perasaan ini dapat muncul di hati dan pikiran seseorang, serta dapat menggerakkan hati untuk menciptakan sesuatu. Banyak orang yang menganggap inspirasi sebagai pembakar semangat dalam dirinya.

Sebab, inspirasi juga dapat diartikan sebagai proses stimulasi mental yang bertujuan untuk melakukan atau merasakan sesuatu di dalam keseharian manusia. Biasanya, inspirasi akan lebih dibutuhkan ketika seseorang harus melakukan sesuatu yang kreatif.

Jadi, dapat dipastikan bahwa inspirasi bisa menjadi motivasi dari sumber eksternal yang dapat membuat kreativitas seseorang semakin bertambah, dan perasaan ini juga bisa membantu seseorang untuk menghasilkan suatu karya yang kreatif serta inovatif.

Manfaat Inspirasi untuk Kehidupan Manusia

Ada beberapa alasan yang membuat perasaan ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Lantas, apa saja manfaat inspirasi untuk kehidupan manusia? Berikut adalah 4 manfaat inspirasi untuk kehidupan manusia:

1. Pembakar Semangat

Salah satu manfaat inspirasi adalah sebagai pembakar semangat bagi beberapa orang yang sedang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Biasanya, perasaan ini akan sangat dibutuhkan oleh seseorang yang sedang jenuh dan kesal dengan apa yang terjadi dalam hidupnya.

Inspirasi bisa berasal dari lingkungan keluarga, sahabat, pasangan, maupun tokoh-tokoh lain yang dapat membangkitkan semangat dalam dirimu. Ketika perasaanmu mulai jenuh dan kesal, kamu bisa melihat kembali perjuangan inspirasimu tersebut. Dengan begitu, semangatmu bisa muncul kembali.

2. Kekuatan dan Penyembuh Terhebat

Selain dapat membangkitkan kembali semangat yang mulai meredup, inspirasi juga bisa menjadi sumber kekuatan dan penyembuh yang sangat hebat. Inspirasi dalam hidupmu bisa menjadi pendukung terbaik ketika kamu mulai stres dan membenci keadaan.

Permasalahan yang datang bertubi-tubi memang dapat membuat seseorang merasa kesal, marah, stres, atau bahkan depresi. Namun, perasaan ini harus segera dihilangkan dengan mengingat bahwa kamu masih memiliki inspirasi yang patut untuk ditiru.

Baca Juga:  Sinopsis Film Pesugihan – Bersekutu Dengan Iblis (2023)

3. Membantu Seseorang untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Pada dasarnya, inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja, sehingga kamu perlu memperhatikannya dengan sebaik mungkin. Banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya inspirasi ini. Sebab, mereka bisa lebih siap untuk membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber inspirasi adalah cukup beragam, sehingga semua orang bisa menemukannya sendiri di kehidupan sehari-harinya.

4. Menjadikan Seseorang untuk Lebih Bertanggung Jawab

Inspirasi akan selalu memberikan pengaruh yang baik terhadap kehidupan seseorang. Sebab, inspirasi bisa membuat seseorang lebih berkeinginan besar untuk bertahan hidup. Ketika seseorang sedang mengalami kegagalan, kebanyakan dari mereka akan merasa putus asa.

Namun, perasaan ini harus diatasi dengan cara yang tepat, karena kegagalan ini merupakan risiko yang harus dihadapi oleh setiap manusia.

Dengan begitu, mereka bisa lebih bertanggung jawab dengan semua keputusan yang telah diambilnya. Teruslah melangkah untuk mendapat kesuksesan yang sesuai harapan.

Perbedaan Inspirasi dengan Motivasi

Masih ada sebagian orang yang berpikir bahwa inspirasi memiliki arti yang sama dengan motivasi. Nyatanya, inspirasi dan motivasi memiliki beberapa perbedaan yang patut untuk diketahui. Lantas, apa saja perbedaan antara inspirasi dan motivasi? Perbedaan motivasi dan inspirasi adalah:

InspirasiMotivasiSumber inspirasi dapat berasal dari mana sajaMotivasi hanya bisa didapatkan dari dalam diri masing-masing orangDapat membantu untuk bekerja secara lebih kreaktifDapat membantu untuk bekerja secara lebih kerasSering menjadi penghubung antara diri seseorang dengan tindakannyaSering menjadi penyemangat bagi seseorang untuk bertindak sesuatuPanggilan jiwa agar seseorang bisa melakukan sesuatu yang sesuai dengan potensinyaSuatu perasaan yang akan membuat seseorang ingin melakukan sesuatu dengan baikPenarik agar seseorang melakukan sesuatu yang sesuai dengan potensinyaPendorong agar seseorang dapat melakukan suatu hal yang baik dalam hidupnya

Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Tidak semua orang dapat memperoleh inspirasi dalam hidupnya dengan mudah, sehingga kamu perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari berikut ini:

1. Ubah Rutinitas Sehari-hari

Dengan keseharian yang begitu-begitu saja dan berulang terus, lama-lama seseorang pasti akan merasa jenuh. Maka dari itu, salah satu cara mendapatkan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengubah rutinitas menjadi lebih bervariasi.

Meskipun rutinitas yang dilakukan sama, tapi kamu bisa melakukannya dengan cara yang berbeda. Dengan begitu, kejenuhan dalam dirimu bisa hilang dan rasa semangat bisa muncul kembali.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat dapat memberikan pengaruh yang baik untuk kehidupan manusia. Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, istirahat juga dapat membuat seseorang lebih mudah untuk mendapat inspirasi.

Baca Juga:  Gejala Covid Kraken Di Indonesia – Wajib untuk Kamu Ketahui!

Selalu luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dari segala jenis kesibukan dalam hidupmu. Waktu istirahat ini nantinya dapat memunculkan ide-ide baru dalam pikiran seseorang.

3. Membuat Jurnal

Meski terkesan sederhana, tapi membuat jurnal juga dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pikiran dan perasaan seseorang. Hal ini pernah dijelaskan pada buku berjudul The Artist’s Way yang menyebutkan bahwa seseorang perlu menulis jurnal sebanyak 3 halaman dalam sehari.

Waktu terbaik untuk menulis atau membuat jurnal adalah di pagi hari. Jadi, awali harimu dengan menulis jurnal yang bersifat positif.

4. Pelajari Keseharian Orang yang Menjadi Inspirasimu

Inspirasi tidak hanya bisa datang dari suatu tempat saja, tapi inspirasi juga bisa berasal dari sosok-sosok tertentu. Untuk membangkitkan rasa semangat dalam diri masing-masing orang, mereka bisa mempelajari keseharian sosok yang menjadi inspirasinya tersebut.

Sementara itu, untuk contoh inspirasi adalah bisa dilihat dari cerita inspiratif yang bersifat realistis dan mengandung pesan moral di dalamnya. Jadi, kamu juga perlu memahami tentang apa itu cerita inspiratif.

Pengertian Cerita Inspiratif beserta Ciri-Cirinya

Cerita inspiratif atau biasa disebut juga dengan istilah cerita inspirasi adalah jenis cerita sehari-hari yang mengandung pesan moral khusus dan bersifat realistis. Jadi, dapat dipastikan bahwa teks inspirasi adalah sebuah cerita yang dapat memberi inspirasi bagi para pembacanya.

Jenis cerita yang satu ini memiliki beberapa ciri khusus yang wajib kamu ketahui, dan beberapa ciri khusus tersebut adalah:

1. Diangkat dari Kisah Nyata

Salah satu ciri-ciri teks cerita inspirasi adalah diangkat dari kisah nyata. Sudah ada banyak cerita inspirasi yang diangkat dari kisah nyata seseorang yang memiliki nilai inspiratif tinggi. Kisah yang memiliki nilai inspiratif ini harus digambarkan dengan sebaik mungkin.

Sebab, kisah ini bisa dipahami sebagai cerita dengan gambaran-gambaran positif yang terjadi dalam hidupnya. Namun, hal ini tidak membuat semua cerita inspirasi berasal dari kisah nyata. Ada juga beberapa cerita inspirasi yang bersifat fiksi namun tetap realistis.

2. Didukung dengan Alur yang Menarik

Selain diangkat dari kisah nyata, biasanya cerita inspirasi juga akan memiliki alur yang menarik, sehingga ada banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Untuk menarik perhatian banyak pembaca, cerita inspirasi akan dibuat dengan menggunakan alur yang urut dan tersusun secara jelas.

Dengan ciri-ciri yang dimilikinya tersebut, membuat teks inspirasi sering disebut dengan nama teks cerita. Pasalnya, jenis teks ini memiliki penggambaran urutan waktu yang dialami tokoh dari awal kejadian hingga akhir kejadian.

3. Menggunakan Judul yang Mengundang Banyak Pembaca

Usaha lain yang dilakukan agar banyak orang tertarik untuk membaca cerita inspirasi ini adalah dengan menggunakan judul yang menarik serta unik. Namun, judul yang digunakan ini tetap harus mengandung makna yang sesuai dengan ceritanya.

Baca Juga:  Homo Soloensis : Sejarah, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenis Manusia Purba

Judul yang menarik dipercaya dapat memikat hati lebih banyak pembaca. Dengan begitu, semakin ada banyak orang yang merasa terinspirasi dengan cerita yang ada di buku tersebut.

4. Menggunakan Satu Tema Tertentu

Ada banyak teks inspirasi yang menggunakan satu tema tertentu, kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita yang lebih menarik. Meskipun sebagian besar cerita inspirasi diangkat dari kisah nyata, tapi tema dari cerita ini harus diperhatikan dengan baik.

Sebab, tema dapat menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang tertarik untuk membaca sebuah cerita. Jadi, semakin bagus tema yang diangkat oleh seorang penulis, hal ini dapat menarik perhatian lebih banyak orang untuk membaca cerita tersebut.

5. Menceritakan tentang Salah Satu Tokoh Tertentu

Untuk membangkitkan rasa semangat dalam diri seseorang, teks inspirasi akan menceritakan kehidupan salah satu tokoh yang memiliki alur kehidupan mirip dengan kehidupan orang-orang lainnya.

Biasanya, cerita inspirasi seperti ini akan mengangkat cerita hidup dari tokoh-tokoh dengan latar belakang yang berbeda.

Sementara untuk kriteria tokoh yang ada dalam cerita ini sendiri adalah manusia yang memiliki banyak prestasi dalam hidupnya, serta telah membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Cerita-cerita seperti ini akan lebih membangkitkan semangat banyak orang.

6. Bersifat Naratif

Yang terakhir, ciri-ciri teks inspirasi adalah bersifat naratif. Naratif merupakan teks yang akan memberikan penjelasan secara terurai dengan urutan kejadian yang baik dan benar. Biasanya, teks yang bersifat naratif seperti ini bisa dilihat dari susunan alur ceritanya.

Teks dengan sifat naratif akan memiliki susunan alur cerita yang lebih urut dan jelas, sehingga pembaca bisa lebih mudah untuk memahami alur cerita tersebut.

Semua orang bisa memanfaatkan keberadaan inspirasi untuk membangkitkan semangat yang ada dalam dirinya. Sebab, inspirasi bisa dikatakan sebagai perasaan antusias yang dapat membuat seseorang lebih merasa bersemangat untuk melanjutkan hidupnya secara lebih baik lagi.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Buku Fiksi Adalah – Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur dan Contohnya

Teks Drama Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Struktur, dan Contohnya

Teks Biografi Ciri-Ciri, Jenis, Kaidah, Struktur, Manfaat dan Tujuan

Cara Menghitung Persen Di Excel, Kalkulator, Rumus, Contoh Soal

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan & Manfaat

Contoh Konjungsi Temporal atau Kronologi Tidak Sederajat

Contoh Teks Eksplanasi Singkat & Menarik Beserta Strukturnya

The post Inspirasi Adalah… Pengertian, Manfaat, dan Contohnya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search