Ini Dia Penyebab Suara HP Hilang Dan Cara Mengatasinya

November 3, 2023

Apabila kamu mengalami masalah suara HP hilang secara tiba-tiba, maka jangan panik simak cara mengatasinya di ayovaksindinkeskdi.id.

Apakah kamu pernah mengalami kendala suara HP hilang begitu saja secara tiba-tiba? Atau kamu baru menyadarinya setelah sekian lama tidak pernah mendengar suara notifikasi. Bagi beberapa orang suara di HP merupakan hal yang cukup penting selalu diaktifkan.

Bahkan, ada orang yang menyesuaikan volume ponselnya begitu keras sehingga kalau ada notif pasti terdengar. Lalu bagaimana kalau tiba-tiba datang kendala suara HP hilang dan itu terjadi juga sangat menelpon seseorang.

Kamu harus mengetahui dulu apa penyebab dari hilangnya suara HP tersebut barulah bisa mengatasi permasalahannya. Masalahnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan suara HP hilang.

Untuk itulah kita akan bahas sama-sama topik mengenai Suara HP Hilang serta penyebab dan cara mengatasinya bagaimana. Jika kamu sedang mengalami masalah serupa sekarang, maka jangan kemana-mana tetap di pembahasan ini hingga selesai.

Apa Penyebab Suara HP Hilang Secara Tiba-Tiba

Dalam penggunaan ponsel, ada saja kendala yang dialami oleh pengguna baik itu muncul dari sistem ataupun kendala eksternal. Entah itu HP menjadi lemot, ada bagian sistem yang terganggu, hingga masalah suara HP hilang juga sering menjadi kendala umum dari para pengguna.

Namun, bukan berarti kita harus panik jika mengalami masalah tersebut karena pasti ada solusinya. Kini admin akan membahas tentang satu kendala yang ada di ponsel dan sepertinya pernah dialami oleh semua orang.

Masalahnya adalah suara di HP suka tiba-tiba hilang padahal penggunanya tidak merasa memakai suatu yang aneh-aneh disana. Mungkin kamu juga pernah atau sedang mengalami hal tersebut?

Dan walaupun bisa teratasi, bisa jadi masalah ini terus terjadi terus menerus tanpa kamu ketahui penyebabnya itu apa. Untuk itu, tidak cukup hanya sekedar mengatasi masalahnya saja, tetapi kamu juga harus mengetahui apa penyebab muncul masalah tersebut.

Mungkin saja penyebabnya itu berasal dari kita sendiri karena ketidaksengajaan yang menyebabkan suara HP menjadi hilang. Disini kami akan mencoba memberikan informasi kepada para pembaca mengenai apa penyebab dari hilangnya suara HP ini.

Apabila kamu sudah tahu apa penyebab dari masalah tersebut, barulah kamu bisa menentukan mana cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab yang bisa mengakibatkan suara HPmu menjadi hilang tiba-tiba.

Ada masalah di bagian volume pada HP

Mode HP berubah menjadi senyap

Masalah pada sistem

Terlalu banyak cache yang menumpuk

Ada sambungan lain yang belum terlepas dari ponsel

Kerusakan dari speaker ponsel

Itu dia beberapa hal yang memungkinkan menghilangnya suara di ponsel sehingga kalau ada notifikasi itu tidak terdengar oleh kalian.

Baca Juga:  Penghargaan Adipura 2023 Digelar Lagi! Ini Daftar Penerimanya

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Agar Kembali Normal

Pada penjelasan di atas, kamu sudah memberi tau kira-kira apa saja penyebab dari hilangnya suara pada ponsel sendiri. Ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi dan beberapa di antara terkadang karena keteledoran pengguna.

Jika kamu sudah tau apa penyebab dari suara HP yang hilang secara tiba-tiba barulah bisa tau bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Sejalan dengan kemungkinan penyebab yang cukup banyak. Cara untuk mengatasi kendala pada ponsel ini juga ada banyak macamnya.

Semuanya bergantung pada penyebab dari hilangnya suara HP karena jika kamu salah dalam mengatasi kendala ini maka tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu, ayovaksindinkeskdi.id sudah menyiapkan beberapa alternatif cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hilangnya suara HP agar kembali normal lagi.

Siapa yang betah menggunakan HP tanpa suara apapun karena pasti rasanya begitu senyap. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, maka langsung saja untuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini ya.

Silakan pilih mana sekiranya cara yang sesuai dengan penyebab dari hilangnya suara di ponsel kalian. Sebelum itu pastikan kamu sudah mengidentifikasi apa penyebab dari masalahnya ya.

Cek Volume Ponsel

Cara pertama yang akan kami jelaskan kepada pengguna dan biasanya ini adalah penyebab yang paling umum, yaitu masalah di volume ponsel. Bisa jadi hal ini terjadi karena pengguna lupa untuk menaikkan kembali volume suara setelah dikecilkan.

Atau pengguna mengecilkan salah satu jenis volume suara di ponsel sehingga beberapa suara tidak bisa didengar. Bagaimana cara mengatasi masalah yang disebabkan oleh hal seperti ini.

Jika kamu mengalami kendala di suara HP, maka langsung saja cek volume ponsel dengan cara tekan tombl volume yang ada di perangkat. Biasanya terletak di samping kanan atau kiri.

Setelah tekan volume tersebut maka akan keluar kan volume perangkat di layar dan kamu bisa klik logo tersebut. Kemudian lihat apakah ada bagian suara yang dikecilkan hingga ke angka 0 atau tidak.

Kalau ada, maka kamu bisa langsung menaikkan volume tersebut ke angka yang sesuai dengan keinginanmu.

Gunakan Aplikasi Tambahan

Terkadang permasalahan suaran HP hilang ini disebabkan oleh masalah internal yang mana membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengatasinya. Jika kamu sudah mengecek semua masalah dan tidak kunjung bisa menghidupkan suara ponsel kembali.

Cobalah gunakan aplikasi SoundAbout dimana aplikasi tersebut memang berfungsi untuk memunculkan kembali suara yang ada di ponsel. Aplikasi ini akan menggunakan alat ketiga untuk memunculkan suara melalui beberapa bagian di dalam ponsel,

Baca Juga:  Nonton Captain America: Civil War (2016) Full Movie Sub Indo

Cara ini hanya berlaku untuk pengguna Android ya dan aplikasinya bisa didapat melalui Google Play. Untuk menggunakan aplikasi tersebut kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

Jika sudah berhasil membuka aplikasi tersebut maka masuk ke dalam menu SoundAbout Servie dan pilih menu On-with status. Berikutnya kamu bisa memilih ingin memunculkan audio dari bagian apa sesuai dengan pilihan yang tertera disana.

Cara ini bisa kamu gunakan kalau memang sudah tidak mencoba cara lain yang kami sarankan disini ya. Dan bisa dibilang cara yang satu ini juga tidak memerlukan biaya apapun dalam prosesnya.

Bersihkan Cache Pada Ponsel

Salah satu hal yang menyebabkan suara HP menjadi hilang begitu saja adalah karena terlalu banyak cache di HP yang menumpuk. Hal ini bisa terjadi karena cache dapat menimbulkan kesalahan sistem yang membuat perangkatmu menjadi ngebug.

Akibatnya ya bisa jadi menghilangkan suara di ponsel secara tiba-tiba. Cara mengatasinya kamu harus menghapus semua cache yang ada di dalam ponsel tersebut baik menggunakan apk bawaan atau apk tambahan.

Setelah itu silahkan restart kembali ponsel kalian agar fungsi suara pada ponsel kembali muncul. Sangat disarankan untuk rajin-rajin membersihkan cache pada HP apalagi jika kamu sering bermain games atau nonton video dalam jangka waktu lama setiap harinya.

Periksa Mode Suara Di HP

Hal yang paling sering dilupakan oleh para pengguna dan juga menjadi penyebab suara notif di HP menjadi hilang adalah ada perubahan pada mode HPnya. Seperti yang kamu tahu, umumnya mode suara di HP ini dibagi menjadi 3, suara, getar, dan juga senyap.

Jika kamu tidak sengaja mengaktifkan mode senyap, maka otomatis tidak akan ada suara notifikasi yang muncul. Namun, suara dari audio yang lain akan tetap terdengar. Apabila suara yang hilang di HP hanyalah suara notif saja, maka silahkan cek mode suara di HPnya.

Siapa tahu saja mode suara di HPmu berubah menjadi senyap sehingga tidak ada lagi suara notif yang muncul meskipun ada pesan masuk atau yang lainnya. Kamu bisa mengatur kembali mode tersebut kembali menjadu mode suara.

Dan dengan begitu, kamu bisa mendengar kembali notification sound yang muncul di dalam HPmu. Tidak susah kok untuk memeriksa mode suara di ponsel ini. Kamu bisa cek di bagian notifikasi bar atau biasanya kalau senyap muncul ikon di bagian atas layar ponsel.

Cek Koneksi Bluetooth

Tahukah kamu bahwa suara HP bisa saja tidak muncul karena ponsel sedang terhubung dengan bluetooth speaker? Ketika ada panggilan telepon atau kamu mendengarkan video yang ada suaranya, maka suara tersebut akah muncul dari alat ketiga yang kamu gunakan.

Baca Juga:  Quran Surah (Surat) Al Maidah Ayat 48 Arab, Latin dan Artinya

Atau kamu sedang menggunakan earphone maka tentu saja tidak akan ada suara yang keluar dari HPmu. Untuk itu kalau suara HP hilang jangan panik dulu karena mungkin saja masih ada alat ketiga yang tersambung di ponsel kalian.

Karena banyak kasus semacam ini dan ternyata penyebabnya adalah madih ada earphone yang tersambung di ponselnya. Untuk itu kamu bisa cek lagi koneksi bluetooth apakah sedang tersambung ke perangkat lain ataukan tidak.

Jika memang tersambung maka segera nonaktifkan bluetooth dan coba lagi hidupkan suara yang lainnya. Apakah kamu bisa mendengar suara langsung dari ponselmu atau tidak.

Periksa Bagian Speaker

Masalah utama dari hilangnya suara di HP juga bisa terjadi karena kerusakan dari speaker ponsel kalian. Apabila kamu sudah mencoba berbagai cara yang kami jelaskan di atas. Dan suara di HP masih tidak kunjung muncul.

Maka biasanya letak kesalahan terakhir ada di bagian speaker dari ponsel kalian. Masalah speaker rusak ini sudah sering kali terjadi di kalangan para pengguna karena beberapa hal.

Biasanya tanda dari speaker yang mulai rusak adalah suara yang muncul di HP mulai mengecil dan lama kelamaan akan menghilang. Kalau sudah begini, maka kamu harus mengatasi akar masalahnya yaitu memperbaiki speaker tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesalahan pada suaran HP yang hilang begitu saja.

Cara Mengatasi Masalah Suara HP Yang Hilang Saat Sedang Menelpon

Apa yang menyebabkan suara HP hilang hanya pada saat menelpon seseorang saja? Kamu juga harus tau bahwa kendala yang satu ini sering kali teradi di kalangan para pengguna ponsel.

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka harus tau juga kan cara mengatasinya bagaimana. Pertama, kamu bisa cek jaringan internet pada saat sedang menelpon seseorang.

Apabila ada masalah pada jaringan maka itu bisa menjadikan suara HP tiba-tiba hilang. Atau kamu bisa memeriksanya dengan mencoba suara dari audio yang lain. Jika masih terdengar maka yang salah adalah jaringan kalian.

Namun, jika tidak ada suara mak ayang salah adalah speakernya dan yang harus kamu perbaiki adalah speaker pada ponsel kalian. Atau kamu bisa mencoba cara lain yaitu menggunakan aplikasi tambahan yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Semoga pembahasan yang ayovaksindinkeskdi.id sampaikan kali ini bermanfaat untuk para pembaca ya.

Bacaan Lainnya :

Download Aplikasi Perekam Suara di HP Android dan Iphone

Notifikasi WA Tidak Muncul – Penyebabnya & Cara Mengatasinya

The post Ini Dia Penyebab Suara HP Hilang Dan Cara Mengatasinya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search