Fakta HP Baru Harus Dicas 8 Jam Dulu Sebelum Dipakai

November 9, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id Saat membeli ponsel baru, seringkali bermunculan anjuran mengenai HP baru harus dicas selama delapan jam sebelum dipakai. Anjuran itu bahkan sudah lama beredar di masyarakat. Alasannya sih konon agar baterai ponsel menjadi lebih awet.

Namun seiringnya waktu, pendapat lain mulai bermunculan. Ada yang menyebut bahwa ponsel baru sebenarnya bisa langsung dipakai setelah dibeli tanpa perlu mengisi daya terlebih dahulu.

Sekalipun memilih untuk melakukan pengecasan, menurut mereka tak perlu menunggu hingga delapan jam. Cukup hingga daya terisi penuh dan ponsel pun siap digunakan.

Tapi sebenarnya anjuran mana sih yang benar dan lebih baik untuk diikuti? Apakah ponsel baru bisa langsung digunakan tanpa dicas dulu atau justru sebaliknya?

Nah, artikel ini akan membongkar fakta mengenai benarkah HP baru harus dicas delapan jam dulu sebelum dipakai.

Awal Mula HP Harus Dicas Selama 8 Jam

Sebelum ponsel menjamur seperti sekarang, berita mengenai anjuran mengecas baterai selama 8 jam ternyata sudah lama beredar bahkan dari puluhan tahun yang lalu.

Anjuran tersebut bermula karena teknologi baterai pada ponsel zaman dulu jauh berbeda dengan sekarang. Selain itu bahan atau material yang digunakan tak kalah berbeda dengan ponsel masa kini.

Umumnya, ponsel jadul lebih banyak menggunakan material Nickel Cadmium (NiCd). Material itu merupakan salah satu jenis material baterai sekunder yang cukup populer. Artinya, daya baterai ini bisa diisi ulang. Biasanya material akan diisi ulang menggunakan kombinasi Nickel Oxide Hydroxide dan Metallic Cadmium sebagai bahan elektrolitnya.

Baterai NiCd rupanya memang perlu dicas dalam kurun waktu yang lebih lama pada saat pengisian daya pertama. Hal ini supaya bisa lebih banyak menampung daya ponsel. Semakin lama diisi, baterai pun akan bertahan lebih lama saat dipakai. 

Baca Juga:  Bacaan Niat Mandi Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Ketika ponsel tidak dicas dalam waktu yang lama, baterai NiCd ini akan terasa lebih cepat habis karena tingginya laju self-discharge. Self Discharge atau pengisian ulang mandiri ini merupakan proses hilangnya sebagian dari kapasitas baterai walaupun tidak digunakan. Dari sinilah anjuran perlu mengecas ponsel dalam waktu lama bermula.

Dicas Dulu atau Bisa Langsung Pakai?

Perkembangan teknologi yang terus berkembang membuat material baterai ponsel juga ikut terdampak. Bila sebelumnya ponsel jadul banyak menggunakan baterai NiCd, berbeda halnya dengan ponsel masa kini.

Pemilihan material lain selain NiCd kini justru lebih dianjurkan dalam perangkat ponsel. Apalagi, penjualan dan penggunaan jenis baterai NiCd juga sudah dilarang oleh EU (European Union). Alasannya, karena ternyata material tersebut memiliki kandungan racun yang dapat membahayakan manusia dan lingkungan hidup.

Saat ini, baterai ponsel yang populer digunakan adalah jenis Lithium, baik Lithium Ion (Li-ion) maupun Lithium Ion Polymer (Li-Po). Penggunaan bahan Lithium pada baterai itu rupanya dipilih karena dianggap lebih efisien dibandingkan dengan material nikel.

Tak hanya itu, bahan ini juga tidak memiliki efek samping pada bagian memori. Sebab baterai berjenis nikel seperti NiCd kerap menggunakan pengisian pertama kali sebagai patokan siklus pengisian daya berikutnya.

Sebenarnya tak ada larangan untuk mengecas ponsel lebih dulu di pemakaian pertama atau tidak. Namun YouTuber gadget Dedy Irvan berpendapat ponsel yang baru dibeli sebaiknya dicas terlebih dahulu.

Ini demi bisa menggunakan ponsel dengan lebih optimal. Sebab tak dipungkiri saat membeli ponsel, dayanya jarang ada yang mencapai 100 persen, Biasanya daya perangkat yang dibeli sudah berkurang.

Akan tetapi, dia mengatakan waktu pengisiannya tak perlu hingga delapan atau belasan jam seperti HP jadul. Cukup mengisinya hingga penuh dan ponsel bisa digunakan dengan normal.

Baca Juga:  Doa Penutup Acara Resmi, Rapat Singkat Bahasa Arab

Lebih lanjut, pengguna juga disarankan untuk mengisi daya sebelum mencapai 20 persen atau muncul peringatan baterai lemah. Sebab apabila daya baterai benar-benar kosong, hal ini akan menyebabkan kapasitas energi baterai menciut secara permanen.

Biasanya penciutan baterai itu banyak terjadi pada ponsel yang dibekali dengan baterai Li-ion. Sementara pada baterai Li-Po memang dikenal sebagai baterai yang cepat menghabiskan daya isi.

Itulah tadi pembahasan kita kali ini mengenai HP baru harus dicas selama 8 jam sebelum di pakai. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga:

Expert Repair Apk Download Terbaru – Tingkatkan Kinerja HP

Cara Mengatur Margin di Word HP Agar tidak Terpotong

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen (IG) Lewat HP 2023

Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Cara Atasi Rambut Rontok dengan Ramuan Herbal

10 Alasan Tolak Ajakan Teman Main Secara Halus dan Sopan

The post Fakta HP Baru Harus Dicas 8 Jam Dulu Sebelum Dipakai appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search