Doa Ziarah Kubur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

November 9, 2023

Doa Ziarah kubur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan seseorang, karena dengan berziarah tentunya akan ada renungan tentang kematian.

Betapa banyak orang yang dulunya hidup namun kali ini dikubur dan tertanam didalam tanah karena sudah meninggal.

Jika hal tersebut dijadikan renungan maka akan mengingatkan tentang kematian itu nyata banyak contoh yang terlihat dengan jelas.

Akan tetapi didalam islam mengajarkan tentang adab berziarah kubur salah satunya adalah mendoakan si Fulan yang sudah meninggal.

Denagn harapan agar Allah SWT ampuni dosa dan kesalahannya, diluaskan kuburnya, dan dijadikan oleh Allah kuburnya sebagai taman surga.

Macam-Macam Doa Ziarah Kubur Lengkap

Bacaan doa ziarah kubur banyak macamnya ada yang panjang ada yang pendek atau singkat, ada juga yang dikhususkan untuk kedua orang tua dan lain sebagainya.

Semua itu tergantung dari kondisi kubur yang diziarahi, maka dari itu penulis merangkum beberapa bacaan doa ziarah kubur didalam artikel ini.

Agar ummat muslim yang sedang mencari atau ingin membaca dan mempelajarinya tidak sulit dalam artian lebih mudah dipahami.

Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua

Sebagai bentuk baktinya seorang anak kepada kedua orang tua yang sudah meninggal dunia salah satunya adalah mendoakannya dengan cara mendoakannya.

Meskipun berdoa dengan jarak jauh untuk kedua orang tua termasuk baik, namun alangkah baiknya ketika mendoakan kedua orang tua yang sudah meninggal dengan cara do’a ziarah kubur lengkap.

Adapun doa ziarah kubur untuk orang tua adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Baca Juga:  Arti Mimpi Berlian dan Perhiasan Selengkapnya

Allaahummaghfir lil muslimina wal muslimaat, wal mukminina wal mukminaat, al-ahyaa’i minhum wal amwaat, min masyaariqil ardhi ilaa maghaaribihaa, barrihaa wa bahrihaa, khushuushan ilaa aabaa inaa, wa ummahaa tinaa, wa ajdaadinaa, wa jaddaatinaa, wa asaatidzatinaa, wa mu‘allimiinaa, wa li man ahsana ilainaa, wa li ashhaabil huquqi ‘alainaa.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah

Rosulullah SAW mengajarkan kepada ummatnya ketika masuk dilokasi pemakaman atau ziarah kubur seraya memberikan salam kepada ahli kubur.

Doa ziarah kubur sesuai sunnah yang diajarkan oleh Rosulullah SAW adalah seperti dibawah ini :

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu’alaikum ahlad diyaar minal mu’miniina wal muslimiin, Wa inna insyaa Allahu bikum la laahiquun, As alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyata

Artinya :

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian,”

Doa Ziarah Kubur Singkat

Bagi ummat muslim yang berziarah kubur namun tidak memiliki waktu banyak untuk membaca doa yang dihususkan kepada ahli kubur.

Maka bisa juga membaca do’a ziarah kubur singkat namun memiliki arti yang sangat luarbiasa yakni meminta agar penghuni kubur tidak diazab.

Adapun doa ziarah kubur singkat adalah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ اَنْ لاَ تُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتِ

Baca Juga:  Game Android Offline Zombie Terbaik, Gratis & Paling Baru 2023

Allahuma inni as aluka bihaqqi Muhammadin wa ali Muhammadin an laa tu’adzdziba hadzal mayyiti.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.”

Doa Ziarah Kubur Latin

Doa Ziarah Kubur Arab Dan Latin

Ummat muslim yang kemungkinan belum diberikan anugrah oleh Allah SWT untuk membaca tulisan arab jangan khawatir.

Dalam artikle ini akan dituliskan bacaan do’a ziarah kubur arab dan latin agar mudah dibaca dan diamalkan ketika ziarah kubur.

Berikut dibawah ini bacaan doa ziarah kubur arab dan latin :

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Artinya :

“Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah), berilah Dia rahmatMu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya) dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Penutup

Demikianlah kumpulan doa ziarah kubur yang penulis rangkum dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Baca Juga:  Driver Epson l3110 64-Bit Windows 10 Download Gratis

Semoga dengan banyaknya ummat muslim yang ingin mempelajari bacaan doa ziarah kubur. Artikel yang ditulis ini semakin bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai media do’a ziarah kubur.

Wallahu A’lam…

Baca Juga :

8 Aplikasi Yasin Tahlil Lengkap Offline Terbaik di 2023 Gratis

Tahlil Lengkap Bacaan Arab, Latin & Terjemah Bahasa Indonesia

Download Contoh Undangan Tahlil Word yang Bisa Diedit

Doa Kafaratul Majelis Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap dan Latinnya

Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Lengkap Sesuai Sunnah

Bacaan Dzikir Pagi Singkat, Pembuka Rejeki & Sesuai Sunnah

The post Doa Ziarah Kubur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search