Doa Tahiyat Akhir Lengkap Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

November 3, 2023

Doa Tahiyat Akhir – “Duduk Tahiyat Akhir” adalah salah satu bagian dalam sholat yang dilakukan rakaat terakhir dalam sholat sunnah maupun fardhu seperti sholat Dzuhur, Ashar, Isha, mghrib dan subuh. Duduk Tahiyat Akhir dilakukan untuk mengucapkan salam dan doa akhir sebelum menyelesaikan sholat.

Meskipun sunnah sebagai ummat Rosulullah SAW tentunya tidak menyia-nyiakan sunnah tersebut, apalagi meninggalkannya. Maka dari itu penulis akan merangkum doa tahiyat akhir secara lengkap didalam artikel ini, baik berupa tulisan arab, latin dan artinya.

Doa Tahiyat Akhir Lengkap versi Nu dan Muhammadiyah

Ketika melakukan Duduk Tahiyat Akhir, umat Muslim duduk dengan posisi yang disebut “tawarruk”, yaitu dengan posisi duduk di atas lutut kiri dan telapak kaki kanan terangkat.

Kemudian, umat Muslim mengucapkan salam sebanyak dua kali, yaitu “Assalamu’alaikum Warahmatullah” ke kanan dan kiri. Setelah itu, umat Muslim membaca “Doa tahiyat akhir” . Untuk mempermudah dalam membaca dan menghafal beragam doa tahiyat akhir lengkap sampai salam secara lengkap yakni teks arab, latin dan artinya.

Dengan melakukan Duduk Tahiyat Akhir, umat Muslim diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada sholat serta memberikan kesempatan untuk mengakhiri sholat dengan doa dan permohonan kepada Allah SWT.

Doa Tahiyat Akhir Lengkap Versi NU

Adapun bacaan doa tahiyat akhir lengkap Versi NU bisa dilihat dibawah ini :

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمّدْ وعلى آلِ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلعَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى عَلَي سَيِّدِنَا آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد.

Baca Juga:  Cek Tagihan CC Mandiri Via WhatsApp, SMS, & M-Banking!

“Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. Allahhumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallaita ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Wabaarik ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa Ibraahim, wa ‘alaa aali Ibraahim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya :

“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh-saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

“Ya Allah! Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Doa Tahiyat Akhir Lengkap Versi Muhammadiyah

Karena doa tahiyat akhir adalah sunnah jadi wajar saja jika ada perbedan bacaan antara muhammadiyah dan NU. Meskipun demikian tidak ada yang mempermasalahkan, karena sudah ada dalil masing-masing.

Berikut dibawah ini bacaan doa tahiyat akhir muhammadiyah :

اَلتَّحِيَّاتُ لِلّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّباَتُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهاَ النَّبِيُّوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْناَ وَعَلَى عِباَدِاللهِ الصَّالِحِيْنَأَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Attahiyyaatu lillaahi washsholawaatu waththoyyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warohmatullaahi wabarokaatuh. Assalaamu’alainaa wa’ala ‘ibaadillaahi shshoolihiin. Asyhadu anlaa ilaaha illallaah waasyhadu annamuhammadan ‘abduhu warosuuluh

Artinya :

“Segala kehormatan, kebahagiaan dan kebagusan adalah kepunyaan Allah, Semoga keselamatan bagi Engkau, ya Nabi Muhammad, beserta rahmat dan kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan hamba-hamba Allah yang baik-baik. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba Allah dan utusan-Nyautusan-Nya,”

Doa Tahiyat Akhir Masihid Dajjal

Ada juga ummat muslim setelah merampungkan bacaan do’a tahiyat akhir dengan lengkap, kemudian dilanjutkan dengan do’a masihid dajjal “mohon dijauhkan dari fitnah Dajjal”.

Baca Juga:  Apa Itu Mahasiswa Kupu Kupu dalam Perkuliahan

Doanya seperti dibawah ini :

اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ.

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannama wamin ‘adzaabil qabri wamin fitnatil mahyaa wamamaati wamin fitnatil masiihid dajjaal.”

Artinya :

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahanam dan siksa kubur serta dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari kejahatan fitnahnya dajjal.”

Karena kelak dikemudian hari sebelum datangnya kiamat besar, ummat manusia akan diuji dengan fitnah yang amat besar dari seorang makhluk bernama Dajjal.

Banyak hadis yang menjelaskan terkait Dajjal akan muncul di akhir zaman dan akan menyesatkan umat manusia dengan kemampuannya melakukan berbagai mukjizat palsu.

Seperti menghidupkan orang mati, memutarbalikkan matahari, dan membuat hujan turun. Dajjal juga akan menawarkan kekayaan dan kenikmatan duniawi kepada orang-orang yang mengikuti dan mempercayainya.

Hal ini sangat berkesinambungan dengan zaman saat ini yang sudah mencontohkan banyaknya fitnah-fitnah Dajjal, seperti banyaknya para pendusta dan penipu besar. Banyak juga yang mengaku ulama namun menyesatkan.

Sehingga ummat muslim dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari fitnah besar tersebut, dengan cara terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Penutup

Demikianlah ringkasan dari doa tahiyat akhir yang ditulis dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat terlebih bagi yang sedang mencari dan menghafalkan doa tersebut.

Karena penulis sudah merangkumnya dengan tulisan arab, latin dan artinya, sehingga pembaca akan lebih mudah menghafal dan memahami arti dari doa tahiyat akhir tersebut.

Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Ucapan Turut Berduka Cita Islam Untuk Laki-Laki & Perempuan

Penjelasan Rukun Iman Lengkap Berikut Makna dan Dalilnya

Baca Juga:  Doa Agar Tidak Hujan Saat Hajatan Menurut Islam! Arab & Artinya

Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Secara Lengkap & Dalilnya

13 Rukun Shalat dalam Islam: Syarat Sah dan Syarat Wajib

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap dan Latinnya

Niat Sholat Subuh Sendiri & Berjamaah (Arab, Latin, Artinya)

Bacaan Doa Sebelum Wudhu Arab, Latin dan Artinya

The post Doa Tahiyat Akhir Lengkap Tulisan Arab, Latin Dan Artinya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search