Doa Penutup Acara Resmi, Rapat Singkat Bahasa Arab

November 3, 2023

Doa Penutup Acara Dalam melaksanakan rangkaian demi rangkaian suatu kegiatan acara, perlunya ditutup dengan membaca doa agar keberkahan datang daripada acara tersebut.

Setiap orang pasti pernah menghadiri atau bahkan menyelenggarakan suatu acara, dari yang resmi maupun tidak resmi,

Semua jenis dan bentuk dari acara itu, bagi umat muslim dianjurkan untuk mengakhirinya dengan membaca sholawat atau doa kemudian ditutup dengan salam.

Hal ini dilakukan semata-mata hanya mengharap ridho Allah atas berjalannya kegiatan acara itu.

Namun, untuk menutup suatu acara terdapat berbagai macam versi doa penutup acara yang bisa kalian gunakan.

Macam-Macam Doa Penutup Acara Resmi

Pembacaan doa penutup acara ini sudah menjadi konsep tradisi diberbagai negara termasuk negara Indonesia yang tercatat mayoritas penduduknya beragama Islam.

Doa ini dibacakan dengan tujuan agar Allah dapat mengampuni kesalahan-kesalahan selama berlangsungnya acara dan juga sebagai pengharap keberkahan di seluruh acara tersebut.

Namun, ada banyak macam doa penutup acara yang bisa kalian gunakan untuk memandu akhirnya acara.

Bacaan Doa Penutup Acara Singkat

Berikut ini ayovaksindinkeskdi.id memberikan beberapa doa penutup acara yang singkat beserta artinya, dapat kalian gunakaan dalam mengakhiri sebuah acara dengan tujuan mengharap berkah.

Untuk Menutup Majelis Ilmu

Berikut ini bacaan doa penutup acara resmi di majelis :

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Latinnya : “ Subhaana Robbika Robbil ‘Izzati ‘Ammaa Yashifuun, Wa Salamun ‘Alal Mursalliin Walhamdulillahi Robbil ‘Alamiin “.

Dengan arti : “ Mahasuci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan dari apa yang mereka sifatkan “.

Atau bisa juga dengan membaca doa singkat sembari memohon ampunan kepada Allah ini.

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Latinnya : “ Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alaa Ilaha Ila Anta Astaghfiruka Waatuubu Ilaik “.

Artinya : “ Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu “.

Doa ini diambil dari sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Untuk Acara Lainnya

Doa penutup acara selain dari majelis ilmu, ini bisa juga kalian baca dipenghujung acara seperti seminar, festival, semarak, dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Cairkan Saldo JKP BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Bacaan latinnya : “ Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan wa audzubika minal ajzi walkasal wa audzubika minal jubni wa audzubika min ghalabatid-diin wa qohrir-rijaali “.

Artinya : “ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia “.

Kalian juga bisa menggunakan doa singkat yang lain :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latinnya : “ rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina azabannar “.

Artinya : “ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka “.

Doa ini telah termaktub pada kitab suci Al-Qur’an dalam surat Al-Baqarah ayat 201.

Atau juga dengan doa ini :

الْحِمْدُلِلَّهِ الأَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ . وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Bacaan latinnya : “Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanusholii wanusallimu ‘alaa khoril anaam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa ammaa ba’du “.

Artinya : “ Segala puji bagi Yang Maha Kuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa I’tikad dan islam. Sholawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad SAW berserta keluarga dan para sahabat-sahabat nabi semuanya “.

Bacaan Doa Penutup Acara Panjang & Lengkap

Apabila kalian ingin menutup sebuah acara dengan bacaan doa yang lengkap dan panjang, dibawah ini akan menampilkan beberapa bacaan doa yang panjang yang bisa kalian pakai untuk mengakhiri acara.

Doa Penutup Acara Lengkap I

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُبِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا . مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ أَمَّابَعْدُ

Tulisan latinnya : “ Nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Man yahdillahu falaa mudhillalahu wamay yudhlilhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du “.

Yang artinya : “ Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Maha Kuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Maha Kuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Maha Kuasa limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad SAW., keluarga, dan sahabat-sahabatnya “.

Baca Juga:  Real Drum Mod Apk No Delay Tanpa Iklan Versi Terbaru 2023

Doa Penutup Acara Lengkap II

Tak hanya itu, ada beberapa macam doa penutup acara yang lengkap dan bisa kalian gunakan untuk menutup sebuah acara.

Dalam latin : “ Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin. Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina ‘adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin “.

Artinya : “ Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepada-Mu ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu. Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari azab api neraka “.

Doa Penutup Lengkap III


اَللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اَللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْهُ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ عَاداَنَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِى دِيْنِنَاوَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Tulisan latinnya : “ Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiin maa tuhawaiki ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatin aa maa ogyatanaa, waj’alna waaris minnaa, waj’al tsa rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurna ‘alaa man ‘adaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa tajal dunya akbara hammina, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa “.

Artinya : “ Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini. Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami “.

Baca Juga:  Asuransi Investasi Terbaik Dan Terpercaya + Tips Memilihnya

Doa Penutup Acara Lengkap IV

Bacaan latinnya : “Rabbana Afzik alaina shobran wa tsabbit aqdamana rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina azabannar Subhanarobbil izzati amma yasifun wa salamun alalmursalim walhamdulillahi rabbil alamin”.

Artinya : “ Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing – masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara “.

Penutup

Demikianlan doa penutup acara yang bisa kalian gunakan untuk mengisi bagian dalam rangkaian acara yaitu sesi mengakhiri acara. Semoga apa yang ada dalam artikel pendidikan ini dapat memberikan kita dan orang-orang disekeliling manfaat yang baik.

Baca juga:

Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Menerima Zakat Fitrah Arab, Latin, beserta Artinya

Doa Masuk Wc Dan Keluar Wc Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Niat Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan, Haid, Nifas, Junub

Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Bahasa Arab

The post Doa Penutup Acara Resmi, Rapat Singkat Bahasa Arab appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search