Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai & Cara Mengamalkannya

November 3, 2023

Doa Nabi Yusuf – Banyak sekali kisah-kisah yang telah diabadikan dalam Al-Qur’an mengenai amalan doa yang diambil dari kisah perjalanan orang-orang yang dikehendaki Allah pada masa itu.

Salah satu amalan baik yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari adalah doa nabi Yusuf a.s.

Nabi yang dikenal dengan paras yang rupawan serta kebijaksanaan yang luar biasa ini, kisahnya bahkan sampai termaktub di dalam Al-Qur’an surat Yusuf.

Semua kebaikan yang dikandung dalam kisah nabi Yusuf ini diharapkan mampu memotivasi pada setiap diri dari umat Islam untuk menciptakan hidup yang bermoral dan berkarakter.

Sekilas Kisah Tentang Nabi Yusuf A. S.

Dikisahkan seorang nabi bernama Yusuf putra ke 11 dari nabi Ya’kub yang telah diutus oleh Allah dari kaum Bani Israel.

Nabi Yusuf dengan parasnya yang tampan dan gagah itu, mampu membuat banyak wanita terpikat olehnya.

Bahkan diantara hal tersebut, justru malah banyak yang ingin menjerumuskan beliau dalam kehinaan.

Namun, atas izin dan kehendak Allah, nabi Yusuf mampu menjaga hawa nafsunya dari godaan-godaan syaiton.

Selain memiliki kelebihan pada wajah yang amat rupawan, nabi Yusuf juga mempunyai kelebihan yang luar biasa dalam hal kebijaksanaan.

Banyak cobaan yang dialami nabi Yusuf selama hidupnya diantaranya yaitu ditinggal ibunya ketika berumur 6 tahun, difitnah berzina berujung dipenjara, ingin dibunuh oleh suadaranya dan hendak dibuang ke sumur, serta ingin dijual ke orang Mesir dan masih banyak lagi cobaan yang dihadapinya selama hidup.

Ketabahan, kecerdasan serta kejujuran yang tertanam dalam dirinya dapat menjadi teladan bagi umat Islam dalam mengarungi kehidupan dunia.

Namun, semua itu bisa terjadi karena adanya pertolongan dari Allah SWT melewati doa Nabi Yusuf.

Macam-Macam Doa Nabi Yusuf

Berikut ada beberapa doa nabi Yusuf a.s. yang bisa kalian amalkan sehari-hari.

Namun harus dilandaskan dengan niat yang baik dan keyakinan yang mantap serta diiringi dengan rasa sabar yang luas.

Doa Agar Dapat Dicintai

Semua orang pasti menginginkan hal-hal yang baik terjadi pada hidupnya. Salah satunya dalam persoalan tentang perjodohan.

Memang, jodoh itu urusan dan rahasia Tuhan. Akan tetapi, kita bisa bertawakal serta berikhtiar untuk bisa mendapatkan yang terbaik.

Berbagai macam cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk dari usaha kita agar mendapatkan jodoh yang baik.

Salah satunya dengan membaca dan mengamalkan doa agar dapat dicintai. Doa ini terinspirasi dari kelebihan yang dimiliki oleh nabi Yusuf sendiri.

Nabi Yusuf mempunyai tampan yang amat rupawan sehingga muncul pernyataan bahwa konon katanya sampai sekarang ini belum ada yang bisa menandingi dan melebihi ketampanan nabi Yusuf a. s. wallahu a’lam.

Dari sinilah banyak yang termotivasi untuk membaca doa nabi Yusuf agar bisa memiliki tampan yang indah sehingga dapat dicintai.

Baca Juga:  20 Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

Bacaan Doa Nabi Yusuf agar dicintai adalah sebagai berikut :

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Artinya : ” Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku “.

Hendakya bagi semua yang ingin mengamalkan doa ini sudah memiliki niat yang baik serta keimanan yang kuat.

Jadi, dalam perjalanan mengamalkan doa tersebut senantiasa dalam keadaan sadar, sabar serta syukur.

Doa Ketika Bercermin

Selain dari ketampanannya yang membuat nabi Yusuf masyhur, akhlak yang dimiliki olehnya pun bahkan menjadi teladan bagi umat muslim.

Akhlak baik dan terpuji nabi Yusuf dalam kehidupannya sehari-hari bahkan ada pada saat beliau hendak bercermin.

Tindakan tersebut dilakukan semata-mata hanya karena upaya mewujudkan rasa syukurnya terhadap Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Begitu besar rasa syukurnya terhadap Allah yang telah memberikan kebaikan dalam kehidupannya walaupun pasti mendapatkan ujian dan cobaan.

Beliau membaca doa ini saat hendak bercermin :

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Artinya : ” Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku “.

Doa nabi Yusuf ini juga bisa ditujukan agar diberi akhlak yang baik oleh Allah SWT.

Doa Meminta Perlindungan Kepada Allah

Doa meminta perlindungan ini telah termaktub dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 101 yang dilatar belakangi dari kisah nabi Yusuf sendiri.

Saat itu nabi Yusuf didatangkan mimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan yang kemudian bersujud kepadanya. Ini ada dalam surat Yusuf ayat 4 yang berbunyi :

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

Yang artinya : ” (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku “. (Q. S. Yusuf [4]).

Tindakan ayah nabi Yusuf setelah mendengar kabar dari anaknya tersebut adalah berd’oa kepada Allah agar Yusuf dilindungi dari kejahatan yang dilakukan oleh saudara-saudaranya.

Sebab, saudara-saudara nabi Yusuf tidak menyukai dirinya dan merasa iri dengannya karena memiliki wajah yang berseri sendiri diantara mereka semua.

Bacaan Doa Nabi Yusuf agar dapat perlindungan adalah sebagai berikut :

رَبِّ قَدْ ءَاتَيْتَنِى مِنَ ٱلْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِى مِن تَأْوِيلِ ٱلْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya : ” Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh “. (Q. S. Yusuf [101]).

Baca Juga:  Nonton Film Scandal Makers 2023 Indonesia Full Movie

Ada juga doa meminta perlindungan dari kejahatan yang ada di surat Yusuf ayat 64 :

فَاللّٰهُ خَيْرٌ حٰفِظًا وَّهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

Artinya : ” Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan Dia adalah Maha Penyayang diantara para Penyayang “. (Q. S Yusuf [64]).

Doa Terhindar Dari Perbuatan Keji

Doa nabi Yusuf saat menerima cobaan dari wanita yang hendak menjerumuskan dirinya dalam kehinaan.

Saat itu, nabi mendapat ujian godaan sang istri dari seorang yang mengasuhnya. Nabi dipaksa untuk bersetubuh dengan sang istri.

Sontak nabi Yusuf berdoa dan meminta perlindungan dengan Allah agar tidak masuk dalam kehinaan yang pasti membawakan fitnah.

Bacaan doa tersebut :

رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Artinya : ” Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh “. (Q. S Yusuf [33]).

Doa Ketika Diberikan Kebaikan Di Dunia

Nabi Yusuf telah diberikan kebaikan di dunia oleh Allah berupa kekuasaan dan kelebihan lainnya.

Karena pada saat itu, nabi Yusuf menjadi pemimpin dari negerinya karena kebijaksanaan yang ia miliki sangat bagus.

Walaupun derajatnya sedang ditinggikan oleh Allah, namun nabi Yusuf tidak pernah menyombongkan dirinya. Karena ia sadar akan semua itu hanya sementara dan tidak patut disombongkan.

Maka dari itu nabi berdoa dengan bacaan doa :

ما َّوَاْلِحْقِنْي ِۚة َتَوَّفِنْي ُمْسِل َيا َوا ٰاْلِخَر ِفى الُّد ْن ِۗض َاْنَت َوِلّٖي ْر الَّسٰمٰوِت َوا َاْل ْي ِۚث َفاِطَر ِمْن َت ْأِوْيِل ا َاْلَحا ِد ِنْي ِمَن ا ُمْلْلِك َوَعَّلْم َت ِنْي َت ْي َرِّب َقْد ٰاَت ِلِحَنْي ِبالّٰص

Artinya : ” Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang shalih “.

Keutamaan Doa Nabi Yusuf A. S.

Semua doa ketika diamalkan dengan niat baik pasti mempunyai keutamaan yang akan didapat oleh seorang yang melakukannya.

Sebagaimana keutamaan ketika mengamalkan doa nabi Yusuf. Inilah beberapa keutamaan doa nabi Yusuf a.s :

Keutamaan Terhindar Dari Musibah

Sama halnya dengan persoalan yang membahas tentang perjodohan, musibah juga sudah menjadi kehendak Allah.

Dan pastinya kita tidak akan bisa menghindar dari takdir yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Namun, kita bisa berdoa kepada Allah agar dihindarkan dari segala musibah.

Baca Juga:  World Of Mystery Mod Apk 0.1.35.5 versi Terbaru (Unlimited All)

Baik berupa musibah yang berasal dari dalam maupun dari luar, dengan niat hati : “Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Tunggal, kami hanyalah seorang hamba yang hina dan lemah dan kami mengharapkan perlindungan kepada-Mu Ya Allah dari segala musibah yang datang kepada kami “.

Maka, hendaknya seorang muslim yang sedang memanjatkan doa kepada Allah merasa dirinya merupakan manusia yang lemah dan hina yang tidak mempunyai kemampuan apapun kecuali dengan adanya izin dan pertolongan dari-Nya.

Memancarkan Aura Di Wajah

Seperti yang telah disampaikan oleh penulis diatas tadi mengenai akhlak terpuji yang dimiliki nabi Yusuf bahkan pada saat hendak bercermin.

Dengan kuasa Allah, semakin sering kalian mengamalkan doa tersebut bisa menambahkan pancaran aura cahaya pada wajah kalian.

Diberi Kemudahan Untuk Melawan Hawa Nafsu

Salah satu keutamaan yang didapat dalam mengamalkan do’a nabi Yusuf adalah diberikan kemudahan untuk melawan hawa nafsu yang muncul dari diri sendiri.

Layaknya pengalaman yang dirasakan nabi Yusuf saat itu, para muslim juga pasti pernah didatangkan oleh ujian seperti itu.

Pada hakikatnya, ujian dan cobaan itu merupakan salah satu dari cara Allah untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan pada hati di diri seorang,

Cara Mengamalkan Doa Nabi Yusuf

Mungkin beberapa dari kalian ada yang masih bingung dengan cara yang benar dan baik dalam mengamalkan doa doa nabi Yusuf ini.

Maka simaklah dibawah ini, karena ayovaksindinkeskdi.id akan memberitahu cara untuk mengamalkan doa dengan baik agar bisa menjadi panduan bagi kalian dalam kehidupan :

Disarankan berdoa dengan keadaan suci (berwudhu)

Baik dibacakan setelah melakukan ibadah seperti : sholat, puasa, mengaji, dan lain-lain

Juga bisa dilakukan pada waktu-waktu mustajab

Berdoa dengan menahan nafas

Ketika berdoa, hendaknya diiringi dengan niat yang baik

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Doa Nabi Yusuf yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan perlu diketahui bahwa semua hal yang telah menjadi takdir untuk kita tidak akan pernah terlewatkan. Semoga artikel pendidikan ini dapat memberikan manfaat bagi kalian khususnya yang sudah berkunjung pada website kami.

Baca Juga:

Doa Nabi Ayyub Ketika Sakit Serta Cara Mengamalkan Doanya

Doa Nabi Musa Menghadapi Firaun (Arab, Latin dan Artinya)

Doa Nabi Yunus Ketika Dalam Perut Ikan (Arab, Latin, Arti)

Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan & Meluluhkan Hati Seseorang

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap dan Artinya

Niat Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan, Haid, Nifas, Junub

Niat Sholat Taubat Dan Cara Melaksanakannya Sesuai Islam

Bacaan dan Niat Sholat Jenazah Bagi Laki-laki & Perempuan

The post Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai & Cara Mengamalkannya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search