Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati Seseorang Dalam Al Quran

December 6, 2023

Doa Nabi Daud Salah satu bagian dari enam rukun iman adalah iman kepada nabi dan rasul. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa nabi dan rasul berjumlah 25 orang.

Mereka semua diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran agama islam dengan cara berdakwah kepada kaumnya.

Nabi Daud a. s. merupakan salah satu nabi utusan Allah yang berasal dari Bani Israel. Beliau pun termasuk keturunan dari nabi Ibrahim yang ke 12.

Sosoknya yang dikenal dengan memiliki suara yang merdu hingga mampu membuat gunung-gunung ikut berdzikir bersamanya.

Banyak cerita dan tantangan yang beliau hadapi semasa hidupnya, hingga meninggalkan manfaat yang sampai sekarang ini bisa ditemukan. Salah satunya mengamalkan doa nabi Daud.

Namun sebelum itu, ada baiknya bila kita mengetahui lebih dulu kisah nabi Daud dalam menjalani perintah dari Allah dan ayovaksindinkeskdi.id sudah menyiapkannya untuk kalian.

Cuplikan Kisah Nabi Daud A. S.

Kisah Daud diangkat menjadi nabi diawali dengan terjadinya peristiwa perang antara Thalut dan Jalut. Nabi Daud berada dipihak pasukan Thalut yang berperan sebagai seorang prajurit.

Dengan pasukan yang memiliki keberanian yang tinggi, ilmu pengetahuan yang luas serta siasat perang yang bagus, nabi Daud dan semua golongan Thalut yang saat itu terlibat dalam perang bisa mengalahkan musuh.

Namun, kemenangan itu tidak seluruhnya berasal dari kekuatan serta kecerdasan yang mereka miliki itu.

Akan tetapi karena adanya pertolongan Allah yang datang ketika pasukan Thalut memohon kepada-Nya agar diberi pertolongan serta kemudahan dalam melawan pasukan Jalut.

Lafadz do’a nabi daud didalam Al Quran surah Al Baqarah Ayat 250 :

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Yang memiliki arti : “ Wahai Tuhan kami, karuniakanlah ketabahan pada diri kami untuk berperang, kokohkanlah langkah kami untuk menyerbu musuh, dan tolonglah kami mengalahkan kaum kafir “. (Q. S. Al-Baqarah [250]).

Dikisahkan bahwa dari pasukan Thalut ini, nabi Daud lah yang mempunyai keberanian paling tinggi diantara yang lain.

Bahkan saat perang berlangsung, beliau maju paling depan menghadap Jalut lalu mulai membunuhnya.

Satu persatu pasukan lawan mati dan secara perlahan jumlah pasukan mereka turun. Hal ini tentunya menyebabkan lemahnya pertahanan mereka.

Dari kemenangan Thalut inilah Daud diangkat menjadi utusan Allah yang diperintahkan untuk berdakwah.

Doa Nabi Daud Dalam Al Quran Beserta Kisahnya

Naiknya derajat seseorang yang pemberani itu, banyak kelebihan datang kepadanya yang semua itu hakikatnya daripada Allah SWT.

Berikut ini beberapa kelebihan atau mukjizat yang dimiliki nabi Daud beserta singkat kisahnya dan juga bacaan doa nabi Daud.

Nabi Daud Melunakkan Besi

Salah satu mukjizat nabi Daud adalah mampu melunakkan besi menggunakan tangan kosong tanpa bantuan dari alat apapun.

Beliau dapat dengan mudah mengubah-ubah bentuk besi dengan jari tangannya, layaknya sebuah lilin yang bersifat lunak.

Dilansir dari laman Asy-Syariah yang menyatakan bahwa Allah menjadikan besi itu lunak dihadapan Daud kemudian mengajarinya tentang cara menenun baju dari besi untuk dipakai saat perang.

Baca Juga:  Kesalahan dalam Shalat yang Sering Terjadi & Harus Dihindari

Sebagaimana yang telah tercantum dalam Al- Qur’an surat Saba ayat 10 sampai 11 yang berbunyi :

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ مِنَّا فَضْلا يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ (10) أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya : “ Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Hai gunung-gunung dan burung­-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, ” dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan “.

Qatadah pernah mengatakan bahwa nabi Daud merupakan orang pertama yang membuat baju dari besi dengan cara ditenun / dianyam, dan sesungguhnya sebelum itu baju perang hanya terbuat dari lempengan-lempengan.

Bacaan doa nabi Daud melunakkan besi ini dipetik dari ayat Al-Qur’an yang disebutkan diatas :

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَ ۚوَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Yang memiliki arti : “ Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai, gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud,” dan Kami telah melunakkan besi untuknya “.

Doa Memiliki Suara Merdu

Mukjizat dan kelebihan nabi Daud selanjutnya ada pada suaranya yang sangat merdu. Dikisahkan kala itu nabi Daud melantunkan kitab Zabur yang Allah turunkan kepadanya.

Saat itu kumpulan burung-burung yang mendengar lantunan indah nabi Daud tak henti menyimak bahkan bertasybih mengiringi bacaan nabi Daud.

Gunung-gunung pun dibuat Allah agar menunduk dan bertasybih memuji Allah bersama nabi Daud.

Adapun angin dan air yang berada disekitarnya menjadi tenang dan damai saat mendengar indahnya lantunan nabi Daud a. s.

Hebatnya lagi, ketika itu orang-orang yang sedang menderita sakit menjadi sembuh seketika setelah mendengar suara merdu nabi Daud yang sedang membaca kitabnya.

Kisah ini diabadikan oleh Allah dalam kitab suci Al-Qur’an surat Ash-Shad ayat 17-19

ٱصۡبِرۡ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذۡكُرۡ عَبۡدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلۡأَيۡدِ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Artinya : “ Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan) “. (Q. S. Ash-Shad [17]).

إِنَّا سَخَّرۡنَا ٱلۡجِبَالَ مَعَهُۥ يُسَبِّحۡنَ بِٱلۡعَشِىِّ وَٱلۡإِشۡرَاقِ

Artinya : “ Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi “. (Q. S. Ash-Shad [18]).

وَٱلطَّيۡرَ مَحۡشُورَةً كُلٌّ لَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Artinya : “ dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah “. (Q. S. Ash-Shad [19]).

Berikut terdapat do’a yang dapat diamalkan agar memiliki suara yang indah dalam melantunkan ayat-ayat suci layaknya nabi Daud dalam melafadzkan kitabnya, Zabur.

Bacaan do’a latin : “Allahumma Innii As-aluka Shoutan Khofiifan Hasanan Qawiyyan Kash-shouti Nabiyyina Dawuda ‘Alaihis-Salaam

Baca Juga:  16 Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Wajib Nonton

Maknanya : “ Ya Allah, Sesungguhnya aku minta kepada-Mu suara yang ringan, bagus dan kuat seperti suara Nabiyyina Daud Alaihi Salaam “.

Ada juga do’a suara merdu lain yang juga bisa kalian amalkan, berikut lafadz do’anya :

اَللّهُمَّ اجْعَلْ صَوْتِيْ كَصَوْتِ اَئِمَّةِ الْحَرَامَيْنِ الشَّرِيْفَيْن

Artinya : “ Yaa Allah, jadikan suaraku indah saat membaca kitab suci Al-qur’an “.

Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati

Do’a ini diambil dari kisahnya nabi Daud yang mampu atas izin Allah melunakkan besi dan menghasilkan baju khusus perang dari besi tersebut.

Bacaan do’a agar dapat meluluhkan hati seseorang :

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Artinya : “ Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi “.

Melalui salah satu mukjizat nabi Daud inilah kita diajarkan untuk berdo’a dan mengamalkan do’a tersebut untuk meluluhkan hati orang yang keras.

Umpama lunaknya besi dihadapan nabi Daud, maka selagi adanya izin dan pertolongan dari Allah SWT., tidak ada yang mustahil termasuk dalam meluluhkan sebuah hati.

Doa Nabi Daud Supaya Cepat Ditemukan Jodoh

Berikutnya terdapat do’a agar supaya ditemukan jodoh dalam waktu yang cepat.

Do’a ini dapat diamalkan bagi kalian yang sudah menginjak umur yang matang tetapi belum juga didatangkan jodohnya.

Bacaan do’anya adalah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ

Maknanya : “ Ya Allah, saya memohon kepada-Mu cinta-Mu, dan cinta orang yang mencintai-Mu, dan amal yang menyampaikan cinta kepada-Mu. Ya Allah, jadikan cinta kepada-Mu lebih aku cintai dibanding cintaku kepada diriku sendiri, keluargaku, dan dari air yang dingin “.

Persoalan tentang jodoh itu memiliki persamaan dengan takdir, semuanya sudah ada ketetapan dari Allah.

Namun, tidak masalah untuk kita bertawakkal dan berikhtiar agar mendapatkan jodoh yang baik dalam waktu dekat.

Doa Nabi Daud Senantiasa Diberi Kesabaran

Sejalan dengan peristiwa perang antara Thalut dan Jalut, dari kisah itu ada hikmah tersirat didalam yang tersurat.

Dalam menghadapi Jalut, pasukan Thalut yang beranggotakan nabi Daud sebagai prajurit disitu saat hendak melawan, mereka sempat berdo’a agar diberi kesabaran dan pertolongan dari Allah.

Do’a supaya senantiasa diberi kesabaran ini bisa kalian amalkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh rintangan.

Lafadz do’a :

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Yang artinya : “ Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami, dan menangkanlah kami atas kaum yang kafir “.

Doa Syukur Nabi Daud

Terakhir ada doa nabi Daud untuk meluapkan rasa syukur kepada Tuhan Maha Pemilik Alam Semesta. Nikmat Allah pada hamba-Nya tak terhingga, bahkan bila diukur dengan luasnya lautan belum setara dengan nikmat Allah.

Maka sudah sepatutnya kita sebagai hamba, berterima kasih kepada Allah atas segala nikmat yang diberi-Nya dengan cara mengucapkan kalimat syukur.

Baca Juga:  Download Pixellab Mod Apk Full Font And Sticker 2023

Seperti yang pernah diucapkan oleh nabi Daud dalam bersyukur kepada Allah :

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Yang memiliki arti : “ Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami daripada kebanyakan hamba-hamba-Nya yang mukmin “.

Selain do’a dari kisahnya nabi Daud, kita juga bisa mengamalkan amalan yang dilakukan nabi Daud semasa hidupnya dalam menaungi kehidupan dunia.

Amalan Nabi Daud yang Harus Kamu Ketahui

Inilah beberapa amalan yang dilaksanakan nabi Daud yang bis akita ikuti dan kita amalkan dalam memperoleh ridho Allah SWT.

Shoum Puasa Daud

Amalan Nabi Daud dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah seraya bertaubat atas kesalahan dan kekhilafan yang telah dilakukannya.

Puasa Daud melatarbelakangi kisah nabi Daud yang mendapat teguran dari Allah lantaran beliau berkhilaf untuk memiliki istri dari panglima perangnya.

Saat itu, Daud yang memiliki gelar nabi juga berperan sebagai raja besar di Yerussalem memberangkatkan panglima-panglima perangnya untuk melawan musuh.

Mengetahui niat buruk Daud, Allah SWT langsung menegur perbuatannya melalui 2 malaikat yang menyamar sebagai manusia biasa.

Setelah sadar akan teguran dari Allah untuknya, nabi lantas menyungkur mengakui kesalahannya dan bertaubat dengan menjalani puasa yang dikenal dengan Puasa Daud.

Puasa Daud itu dilaksanakan dalam konsep shoum sehari berpuasa sehari tidak. Niat untuk mangamalkan puasa ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Tulisan latinnya : (Nawaitu Shouma Dawud Sunnatal Lillahi Ta’ala)

Artinya : “ Saya niat puasa daud, sunah karena Allah Ta’ala “.

Amalan Meminta Cinta Allah Dan Bertaybih

Termasuk amalan bertasybih dan meminta cinta Allah selain dari berpuasa yang dilaksanakan oleh nabi Daud dan bisa kita ikuti.

Nabi Daud melakukan amalan ini dengan cara berdoa dan bertasybih kepada Allah dengan bacaan do’anya seperti :

(Allahumma inni as-aluka hubbaka wa hubba man yuhibuka wal amalalladzi yuballighuni hubbaka, allahumma ‘al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid).

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang doa nabi Daud a. s. ang dapat saya sampaikan dilaman artikel ini. Semoga isi dari pendidikan yang dirangkai dari kata per kata kemudian menjadi sebuah kalimat yang disusun dalam bentuk paragraf ini dapat bermanfaat bagi kalian juga orang sekitar.

Baca juga doa nabi lainnya:

Doa Nabi Ismail Ketika Akan Disembelih Oleh Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ilyas AS untuk Umatnya dalam Al Quran

Doa Nabi Hud Untuk Kaum Raksasa & Untuk Menurunkan Hujan

Doa Nabi Adam AS Pembuka Rezeki Serta Keutamaannya

Doa Nabi Ibrahim Meminta Anak dan Rezeki Dalam Al Quran

Doa Nabi Idris Saat Menjahit & Melambatkan Peredaran Matahari

Doa Nabi Muhammad Mustajab dipagi Hari dan Setelah Sholat

Doa Nabi Isa Meminta Rezeki & Menyembuhkan Penyakit

The post Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati Seseorang Dalam Al Quran appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search