Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunah Latin, Arab dan Artinya

November 3, 2023

Doa Minum Air Zam-Zam – Telah terbukti bahwa Islam mengajarkan pada umatnya untuk senantiasa memanjatkan doa dalam keadaan apapun.

Karena, tindakan seperti itu membuktikan bahwa kita sebagai makhluk Allah yang lemah dan tak mampu melakukan apa-apa kecuali dengan pertolongan-Nya.

Jadi, bagaimanapun kondisi yang sedang kita rasakan saat itu tak mestinya dibuat untuk melupakan Allah SWT.

Maka, berdoa dalam islam itu sangat dianjurkan untuk mewujudkan penghambaan diri seseorang terhadap Tuhan. Sama halnya ketika kita hendak makan atau minum.

Namun dalam artikel pendidikan ini, kita akan membahas mengenai doa minum air zam-zam.

Kisah Mula Air Zam-Zam

Sebuah air minum suci yang berasal dari mata air di Mekkah, air zam-zam memiliki kandungan oksigen dan kadar mineral paling tinggi dari air minum lain yang pernah ada.

Ada sebuah kisah dibalik timbulnya mata air zam-zam ini yang berkaitan erat dengan nabi Ibrahim Alaihi Salam.

Sumurnya yang terletak 21 meter dari arah timur Ka’bah serta berdekatan dengan Maasjidil Harom ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan bagi umat muslim.

Dikisahkan kala itu istri nabi Ibrahim yang bernama Hajar dan putranya, Ismail ditinggalkan oleh nabi di tengah gurun pasir dengan hanya berbekal buah kurma dan sekantong air.

Saat bekal makanan dan minuman dari keduanya itu habis. Putranya, Ismail dilanda kehausan sampai menangis bahkan tak henti-hentinya menghentakkan kaki ke tanah.

Menyadari air susunya sudah tidak keluar lagi, Siti Hajar kebingungan mencari air kemudian ia berlari ke bukit Shafa berharap ada seorang yang bisa membantunya.

Namun saat sampai di atas bukit itu, ia tidak melihat seorang pun disana. Lalu ia memutuskan untuk turun dan berlari menuju bukit yang lebih tinggi, bukit tersebut dinamakan bukit Marwa.

Sesampainya di puncak bukit Marwa, Hajat tidak menemukan seorang pun disana. Dengan sifatnya yang tak mau berputus asa, ia terus berlari dari Shafa ke Marwa secara ulang-ulang hingga tujuh kali.

Saat berada di Puncak bukit Marwa, Siti Hajar mendengar suara dari seseorang lalu ia mencarinya. Bertemulah ia dengan seorang lelaki yang tidak banyak bicara.

Konon, seorang lelaki itu adalah malaikat Jibril yang sedang menyamar. Allah Maha Pengasih mengirim malaikat Jibril untuk menolong Hajar.

Malaikat Jibril menjejakkan kakinya ke tanah dengan kuat, lalu muncullah air yang melimpah dari dalamnya. Air itulah yang sampai saat ini masih ada dan dikenal dengan Air Zam-Zam.

Baca Juga:  Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap dan Artinya

Doa Mium Air Zam-Zam Untuk Obat

Keistimewaan yang dikandung air zam-zam menjadikan manfaat bagi siapapun yang mengonsumsinya. Tak hanya untuk menghilangkan dahaga, air ini bisa menyembuhkan segala penyakit.

Sebagaimana dalam hadits yang dishahihkan oleh Syekh Albani yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah menggunakan air zam-zam sebagai penawar dari penyakit.

Bunyi haditsnya adalah :

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya: ” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam itu “.

Namun, hal ini tentunya tak lepas dari keimanan yang kuat bahwa atas izin dan pertolongan dari Allah lah sehingga penyakit itu bisa disembuhkan melalui air zam-zam. Wallahu A’lam

Dengan keadaannya yang suci, maka hendaknya setiap orang yang ingin meminumnya untuk membaca sebuah doa agar diberikan keberkahan yang berlipat.

Bacaan doa minum air zam-zam adalah sebagai berikut ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Tulisan latinnya : “Allahumma inni as-aluka i’lman naafi’an, wa rizqan waasi’an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin”.

Artinya : “ Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang “.

Adab Saat Mium Air Zam-Zam

Islam merupakan agama yang mengutamakan adab daripada ilmu, jadi bagi seluruh penganutnya mempunyai aturan adab dan akhlaq dalam berkegiatan apapun.

Termasuk dalam hal meminum air zam-zam, disamping mengharapkan keberkahan dari Allah melalui air suci itu maka perlunya adab dan akhlaq dalam menggunakan air zam-zam.

Karena banyak mengandung manfaat dan keistimewaan dari air zam-zam, pada air minum umumnya memiliki sedikit perbedaan dalam adab ketika meminumnya.

Membaca Basmalah

Dalam melaksanakan hal baik apapun, sebagai makhluk ciptaan yang memeluk agama islam sangat dianjurkan untuk mengawalinya dengan membaca kalimat “basmalah”.

Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban :

Baca Juga:  Rebahin21 Film Indonesia Streaming Online Gratis di 2023

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ ببسم الله فَهُوَ أَبْتَرُ

Yang artinya : “ Segala urusan penting yang tidak diawali bismillah, maka akan berkurang (atau bahkan hilang) keberkahannya ”.

Juga disebutkan dalam hadits lain :

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Yang artinya : “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya “. (HR. Al-Khatib)

Membaca Doa Minum Air Zam-Zam

Berdasarkan fakta-fakta yang ada dalam air zam-zam, untuk memperoleh keberkahannya maka dianjurkan bagi setiap orang yang meminumnya untuk melantunkan doa minum air zam-zam.

Meminumnya Dengan Beberapa Kali Tegukan Diselingi Nafas

Anjuran Ulama’ dalam meinum air zam-zam adalah dengan bertanaffus. Tanaffus itu sendiri memiliki maksud mengambil nafas saat membaca Al-Qur’an.

Akan tetapi karena sedang membahas adab dalam meminum air suci murni ini, maksud dari kata “tanaffus” itu dalam menelan air zam-zam.

Dengan Posisi Duduk

Baiknya ketika sedang makan atau minum itu dilaksanakan dengan posisi duduk. Juga bila dilihat dari segi Kesehatan, minum sambil duduk itu dapat membantu pencernaan dengan baik dan menghindarkan kembung pada perut.

Dipenuhi Dengan Berdoa

Hendaknya saat meminum air zam-zam dihadiri niat yang baik seraya berdoa meminta pertolongan kepada Allah atas masalah ujian dan cobaan yang dihadapi.

Seperti yang disebutkan dalam hadits Nabi bahwa air zam-zam bisa menjadi perantara doa dan washilah.

Air zam-zam akan memberikan yang menjadi tujuan peminumnya “. (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Kandungan Manfaat Air Zam-Zam

Beberapa manfaat yang didapat oleh orang ketika minum air zam-zam sesuai adab dan akhlaq yang diajarkan :

Mendapat Banyak Keberkahan

Manfaat utama dari air zam-zam yakni dapat memperoleh banyak keberkahan, jadi hidup senantiasa akan bahagia karena dipenuhi keberkahan.

Mewujudkan Atas Apa Yang Diniatkan

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan yang diniatkan.” (HR Ibnu Majah)

Air zam-zam akan memberikan khasiat kepada kita sesuai dengan niat hati.

Menyembuhkan Dan Menghindari Penyakit

Atas izin dari Allah, air zam-zam bisa bermanfaat untuk menyembuhkan segala penyakit juga dalam menghindarinya.

Penghapus Dosa-Dosa Dan Kesalahan

Dalam sabda Nabi, orang yang meminum air zam-zam setelah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, kemudian Sholat di belakang maqam Ibrahim a. s. niscaya dosa dan kesalahannya diampuni oleh Allah SWT. Wallahu A’lam

Baca Juga:  Arti Sat Set Sat Set dalam Bahasa Gaul Anak TikTok & Twitter

Sebagai Tanda Perbedaan Dengan Orang Munafik

Juga dalam sabda Nabi pada suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.

Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam-zam sampai puas “. (HR Ibnu Majah)

Lebih Sehat

Mengingat kandungan mineral yang banyak dibandingkan dengan air minum biasannya pada air zam-zam membuat badan lebih sehat.

Bisa Menjadi Perantara Doa Dan Washilah

Selain dengan beribadah sholat seebagai perantara do’a, air zam-zam juga bisa menjadi perantara untuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT.

Fakta Menarik Tentang Air Zam-Zam

Dengan dilatarbelakangi kisah dari seorang nabi yang diutus oleh Allah dalam menyampaikan ajarannya, yaitu Nabi Ibrahim Alaihi Salam.

Air zam-zam mempunyai beberapa fakta yang menarik, berikut kenyataan air zam-zam :

Sumurnya yang tak pernah kekeringan meski selalu sdiproduksi dan diambil oleh beribu-ribu jama’ah tiap harinya

Air paling murni yang pernah ada. Ditemukan bukti dari para ilmuwan yang telah melakukan percobaan untuk melihat kemurnian pada air itu. Saat air suci ini disorot oleh sinar ultraviolet, para penguji tidak berhasil menemukan bakteri dan semacamnya.

Produksi Air Zam-Zam, dalam hitungan per detik sumur air zam-zam mampu menghasilkan air hingga 8.000 liter. Bahkan dapat terisi penuh kembali dalam waktu 11 menit walaupun tak henti-hentinya diambil

Penutup

Demikianlah sekilas pengetahuan mengenai doa minum air zam-zam, serta manfaat, adab, hingga fakta menarik tentang air zam-zam. Semoga isi artikel yang ayovaksindinkeskdi.id bisa memberikan manfaat bagi kalian juga orang sekitar dalam menjalani kehidupan dunia. Menyadari bahwa manusia tempatnya salan, penulis meminta maaf apabila ada kesalahan dalam memberikan ilmu pengetahuan ini.

Baca juga:

Doa Setelah Wudhu Pendek Singkat Arab Latin Beserta Artinya

Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap dan Artinya

Doa Tidur Sebelum & Sesudahnya Sesuai Sunnah Nabi SAW

Doa Tahajud Latin dan Artinya, Bahasa Arab, Pendek, Akhir

The post Doa Minum Air Zam-Zam Sesuai Sunah Latin, Arab dan Artinya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search