Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Artinya

November 9, 2023

Doa Kedua Orang Tua – Salah satu cara berbakti kepada kedua orang tua adalah dengan mendoakanya, agar selalu dalam lindungan Allah SWT dan diampuni semua dosa serta kesalahannya.

Jangan sampai membuat kedua orang tua murka karena tingkah laku anaknya yang tidak baik apa lagi smpai menyakiti hati dan perasaannya.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Artinya :

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Doa Kedua Orang Tua Arab, Latin Beserta Artinya

Didalam artikel ini sengaja penulis sampaikan doa kedua orang tua dengan lengkap yakni dari tulisan arab, latin dan artinya.

Semua ini atas dasar agar mudah dipahami oleh banyak orang yang sedang mencari atau menghafalkan doa kedua orang tua.

Hasilnya nanti bukan hanya sekedar hafal saja, akan tetapi paham akan arti dan makna yang terkandung didalam doa kedua orang tua yang benar tersebut.

Adapun doa kedua orang tua arab, latin beserta artinya adalah seperti dibawah ini :

Arab

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Latin

“Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.”

Artinya :

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Doa tersebut diatas dapat dibaca atau diamalkan minimal setelah mengerjakan sholat lima waktu.

Baca Juga:  Bondee Apk Download New Version Free for IOS & Android

Beragam Bacaan Doa Kedua Orang Tua Sesuai Sunnah

Penjelasan doa kedua orang tua yang tertulis diatas adalah umum yang sering dibaca dan didengarkan oleh seseorang yang membacanya.

Bahkan menjadi materi pelajaran anak-anak TPA sebagai tambahan bacaan doa-doa pendek untuk kedua orang tua.

Sedangkan secara khusus doa kedua orang tua ada ragamnya seperti halnya yang ditulis dalam artikel dibawah ini.

Doa Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Sebagai anak yang ingin tetap menunjukkan baktinya kepada kedua orang tua meskipun sudah meninggal salah satunya adalah dengan terus mendoakan.

Terlebih seseorang yang sudah meninggal akan putus semua amalnya kecuali tiga perkara yakni :

Sodaqoh jariyah

Ilmu yang bermanfaat

Doa anak yang sholih

Mendoakan kedua orang tua termasuk kategori anak yang sholih, tentu hal tersebut akan mengalirkan amalan-amalan baik yang dirasakan manfaatnya oleh kedua orang tua yang sudah meninggal.

Adapun doa kedua orang tua yang sudah meninggal adalah seperti dibawah ini :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Baca Juga:  Mobile Legends Adventure Mod Apk Unlimited Diamond 2023

Artinya :

Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia). Berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, Jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.

Doa Kedua Orang Tua Untuk Orang Banyak Atau Menjadi Imam

Ketika berdoa untuk kedua orang tua dalam posisi bersama makmum atau menjadi imam doa ada sedikit perbedaan bacaan doa tersebut.

Adapun doa kedua orang tua untuk orang banyak atau menjadi imam adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارً

“Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa wa liwaalidinaa warhamhumaa kamaa robbayaanaa shogiiroo”.

Artinya :

Ya Allah, ampunilah dosa kami dan kedua orang tua kami, Serta Sayangilah Mereka Sebagaimana Mereka Menyayangi Kami ketika kami anak kecil.

Doa Kedua Orang Tua Yang Panjang

Bagi seorang anak yang akan mendoakan kedua orang tuanya dengan bacaan doa yang cukup panjang, tentunya lebih baik jika memang waktu dan tempatnya sesuai.

Akan tetapi jika memang waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan cukup dengan membaca doa kedua orang tua yang pendek saja.

Adapun bacaan doa kedua orang tua yang panjang adalah seperti dibawah ini :

Tulisan Latin :

Allahummaghfirlii dzunuubii waliwali dayya warhamhuma kamaa robbayaanii shoghiroo. Walijamii’il muslimiinal muslimaat walmu’miniina walmu’minaat. Al ahyaa imin hum wal amwaat. Wataabi’bainanaa wabainahum bilkhoiroot. Robbighfir warham waanta khoirurrohimiin. Walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim.

Baca Juga:  Aplikasi Translate Inggris Indonesia Terbaik Paling Akurat

Penutup

Demikianlah kumpulan beberapa doa kedua orang tua dengan beragam versi akan tetapi dengan makna dan tujuan yang sama.

Semoga artikel yang penulis sampaikan ini dapat bermanfaat dan bisa diamalkan untuk salah satu sarana bakti seorang anak kepada kedua orang tua.

Wallhu A’lam….

Baca Juga :

Adab Anak ke Orangtua Menurut Islam Agar Dapat Pahala

Doa Nabi Zakaria Minta Jodoh, Keturunan Sholih dan Sholihah

Doa Nabi Nuh Agar Selalu Diberi Keselamatan dan Kemudahan

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap dan Latinnya

Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Lengkap Sesuai Sunnah

Bacaan Dzikir Pagi Singkat, Pembuka Rejeki & Sesuai Sunnah

Doa Nabi Muhammad Mustajab dipagi Hari dan Setelah Sholat

The post Doa Kedua Orang Tua Lengkap Arab, Latin dan Artinya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search