Doa Amalan Bulan Syaban Lengkap yang Diajarkan Rosulullah

November 10, 2023

Doa Amalan Bulan Syaban – Bulan syaban adalah salah satu bulan yang mulia sehingga ummat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah dan juga puasa sunnah didalamnya.

Sebagai ummat muslim yang beriman tentu akan senang dan gembira kedatangan bulan suci Ramadhan. Rasa gembira tersebut diungkapkan dengan cara melaksanakan puasa sunnah dan juga amalan sunnah lainnya.

Sehingga wajar jika sebagian ummat muslim yang berbondong-bondong melakukan doa amalan di bulan syaban.

Beragam Doa Amalan Bulan Syaban Sesuai Sunnah

Banyak amalan-amalan dan doa yang bisa dilakukan pada bulan syaban sesuai sunnah yakni yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW.

Akan tetapi kebanyakan ummat muslim mengetahuinya hanya berpuasa sunnah saja, padahal banyak amalan lain yang tidak diketahui oleh ummat muslim pada umumnya.

Simak penjelasan berikutnya terkait doa amalan bulan syaban yang akan ditulis dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Doa Di Bulan Sya’ban

Rosulullah SAW sering membaca doa yang diamalkan pada bulan syaban yang tentunya bisa diamalkan oleh ummat muslim.

Bahkan doa amalan bulan syaban ini sering diperdengarkan didalam majlis-majlis ilmu ketika sebelum atau sesudah belajar.

Adapun doa dibulan sya’ban yang sering dibaca oleh Rosulullah SAW adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Syabana wa ballighna Ramadhana.

Artinya :

“Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadan.”

Doa tersebut diatas sampai dengan saat ini sering diamalkan ummat muslim sebagai doa di bulan syaban menjelang ramadhan.

Doa Puasa Di Bulan Sya’ban

Selain membaca doa amalan bulan syaban, ummat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunnah, tentu hal ini dilakukan karena bentuk rasa gembira akan hadirnya puasa bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Cara Cairkan Saldo JKP BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Bagi ummat muslim yang akan melaksanakan puasa bulan syaban perlu mengetahui doa puasanya, salah satunya adalah doa niat puasa syaban.

Adapun doa puasa di bulan sya’ban atau doa niat puasa syaban adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ”

Artinya :

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Niat puasa syaban tersebut diatas dibaca pada malam hari sampai menjelang masuknya waktu fajar atau diperkirakan 10 menit sebelum masuk waktu sholat subuh.

Bacaan Doa Di Bulan Syaban Menjelang Ramadhan

Doa Di Bulan Nisfu Sya’ban

Didalam bulan syaban ada satu malam yang sangat dinanti oleh ummat muslim yakni malam Nisfu Syaban tepatnya pada 15 syaban atau tanggal 8 maret 2023.

Dimana pada malam nisfu syaban tersebut sebagaian ummat muslim melakukan beberapa peramalan dengan harapan dicatat sebagai penutup amalan terbaik.

Dan kedepannya dimudahkan dalam melakukan beragam peramalan yang baik, murah rejeki dan memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari amalan yang celaka.

Bacaan doa dibulan nisfu syaban juga terkenal dengan sebutan doa di bulan ya’ban ramadhan, karena doa tersebut menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Adapun doa di bulan nisfu sya’ban yang dapat dibaca adalah seperti dibawah ini :

اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Baca Juga:  Yalla Live TV Streaming Final Argentina vs Prancis 2023

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in’am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin.
Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa’idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.
Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahu ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan.

Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataan-Mu adalah benar-di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait doa amalan bulan syaban yang penulis sampaikan dalam sebuah artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Besar harapan penulis artikel ini bermanfaat bagi ummat muslim yang akan mengamalkannya.

Lengkap sudah penulis sampaikan diatas mulai dari doa di bulan syaban, doa nisfu syaban dan doa puasa puasa syaban.

Baca Juga:  Soal PAS PJOK Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 & Jawaban

Wallahu A’lam….

Baca Juga :

Malam Nisfu Syaban 2023 Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya

Niat Puasa Nisfu Syaban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa

Nisfu Syaban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Yuk Cari Tahu!

Ini! Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Muhammadiyyah & NU

Gambar Marhaban Ya Ramadhan Aesthetic Terbaru 2023

Kumpulan Doa Sehari Hari Islam Lengkap Sesuai Sunnah

Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Lengkap Sesuai Sunnah

The post Doa Amalan Bulan Syaban Lengkap yang Diajarkan Rosulullah appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search