Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + File Word

November 6, 2023

Setiap kita ingin melamar pekerjaan pastinya kita harus membuat surat lamarannya terlebih dahulu kan ya. Nah, untuk membuat surat lamaran kerja tersebut, nantinya kamu bisa menyimak contoh surat lamaran kerja yang akan kami buat di bawah ini, ya. Untuk itu, jangan sampai lewatkan pembahasannya.

Memang ya kalau kita ingin melakukan beberapa hal yang melibatkan suatu instansi itu pastinya kita harus menggunakan surat-surat gitu. Karena kan memang surat yang dibuat itu merupakan surat yang nantinya akan digunakan untuk melakukan hal yang dituju di instansi tersebut.

Seperti saja contoh yang sederhana, yaitu kamu ingin melakukan daftar pekerjaan gitu. Untuk melakukan pendaftaran di pekerjaannya tersebut, nanti kamu akan bisa langsung memberikan lamaran pekerjaannya ya. Nah, untuk itu kamu bisa menyimak beberapa informasi yang akan ayovaksindinkeskdi.id berikan disini.

Karena selain membuat surat lamarannya dan contohnya maka kami juga akan memberikan ke kamu tips yang nantinya bisa kamu praktekkan ya. Jadi, jangan sampai melewatkan pembahasan apapun yang ada nantinya, ya. Langsung masuk ke pembahasannya, oke?

Penjelasan Mengenai Surat Lamaran Kerja

Mungkin untuk kamu yang hanya membuat surat lamaran pekerjaan saja dan belum tahu tentang apa-apa yang ada di dalam suratnya akan penasarannya, ya. Memang sih walaupun kamu membuat surat lamaran pekerjaan tetapi belum tentu kamu mengetahui benar tentang surat lamaran pekerjaannya ini.

Nah, supaya lebih paham dan membuat surat lamaran pekerjaan yang bagus juga, maka kamu simak pembahasan yang bagian ini dahulu, ya. Karena bagian ini kami akan memberikan ke kamu pembahasan tentang surat lamaran pekerjaannya.So, langsung simak yuk pembahasan di part ini.

Jadi, surat lamaran pekerjaan ini adalah surat yang isinya akan menjelaskan sedikit banyak tentang si pelamar tentunya. Di surat lamaran pekerjaan ini nantinya akan ada isi tentang kelebihan dan kekurangan si pelamar. Selain itu, nantinya juga akan ada biodata dan juga riwayat pendidikan di dalamnya.

Semua hal yang ada di dalam surat lamaran kerja ini nantinya akan menggambarkan apakah kamu pantas untuk bekerja di dalam perusahaan yang kamu lamar tersebut. Untuk itu, kamu bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dan juga baik serta benar, supaya bisa menarik perhatian HRD.

Memang sih terkadang orang-orang sering menganggap remeh surat lamaran pekerjaan ini. Padahal, jika kamu membuat surat lamaran pekerjaan yang biasa saja gitu, maka nantinya surat lamaran kamu akan dilewati begitu saja oleh pihak HRD perusahaan yang didaftarkan.

Oleh karena itu, kamu akan bisa langsung saja menyimak pembahasan yang selanjutnya tentang tips yang bisa kamu gunakan untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang satu ini. Simak sekarang juga yuk pembahasannya ini.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Akan Langsung Dilihat Oleh HRD

Di atas tadi kan kami sudah sampaikan ke kamu ya tentang penjelasan tentang surat lamaran pekerjaan ini. Nah, di bagian bawah ini kami akan berikan ke kamu tips untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang menarik dan dijamin langsung dilihat oleh HRD. Jadi, kamu bisa simak saja pembahasannya.

Baca Juga:  Game Android Gangster Terbaik 2023 Online & Offline Gratis

Untuk itu, di bawah ini kita langsung saja menyimak pembahasan tentang tips untuk menulis surat lamaran pekerjaan yang sangat mudah. Bukan hanya mudah saja, tetapi nantinya kamu akan bisa langsung membuat surat dengan menggunakan tips yang ada di bawah ini.

Jangan sampai kamu skip atau lewatkan ya tips yang ayovaksindinkeskdi.id berikan di bawah ini. Pasalnya kalau kamu lewatkan nantinya sama saja kan, kamu akan bisa membuat surat yang biasa saja gitu. Simak langsung ya pembahasan yang ada di bawah ini.

Membuat Background yang Menarik di Surat Lamaran Pekerjaan

Kan kalau kamu membuat surat lamaran pekerjaan yang biasa saja gitu, nantinya kamu hanya membuat surat dengan background yang putih saja, ya. Iya, seperti kertas biasa saja gitu. Namun, kalau kamu ingin membuat lamaran pekerjaan yang lebih menarik perhatian orang, kamu bisa buat background di suratnya.

Jadi, nantinya kamu akan bisa membuat background yang menarik di surat lamaran pekerjaan kamu. Namun, dalam pembuatannya ya kamu nantinya harus membuat latar belakang yang simple namun elegan. Kan kalau kamu menggunakan background latar belakang yang ramai nantinya malah mengganggu lagi deh.

Gunakan Foto yang Menarik di Surat Lamaran Kamu

Nah, salah satu hal yang paling penting di surat lamaran pekerjaan ini adalah gunakan foto. Dalam menggunakan surat lamaran pekerjaan yang satu ini, nantinya kamu harus memasang foto yang menarik. Walaupun foto yang menarik kami katakan, nantinya kamu akan bisa menggunakan foto formal.

Pastikan foto kamu terlihat jelas dan jangan menggunakan foto yang kualitasnya kurang jelas, ya. Jadi, kalau kamu ingin menggunakan foto, kamu harus gunakan foto formal terbaik kamu. Oke? Nah, foto ini nantinya akan bisa kamu letakkan di bagian pojok kanan atas.

Tuliskan Perihal Surat yang Jelas

Untuk membuat perihal surat, pastikan kamu memilih dan menuliskan perihal surat yang jelas. Jangan sampai kamu membuat perihal surat yang kurang tepat. Untuk mendaftar pekerjaan ini kamu nantinya akan bisa menuliskan perihal seperti “Lamaran Pekerjaan”.

Tujuan Surat Dibuat Dengan Jelas dan Benar

Untuk tujuan surat yang ada di surat lamaran pekerjaannya ini, maka kamu bisa menuliskan nama instansinya dengan lengkap dan benar. Jadi, nantinya kamu akan bisa membuat surat dengan tujuan yang benar-benar tepat. Misalkan kamu kirimkan suratnya ke bagian HR Manager atau Bagian Personalia. Oya, kamu jangan lupa tuliskan nama perusahaannya.

Baca Juga:  Poin Pertimbangan Beli Laptop Bekas dan Baru Lengkap

Membuat Bagian Pembuka Surat yang Benar

Kalau di pembukaan surat yang biasa kan nantinya kamu akan menuliskan “Dengan Hormat”, gitu kan ya. Nah, kalau di surat lamaran pekerjaan ini kamu tidak hanya membuat atau menuliskan kata tersebut saja, tetapi kamu juga akan tuliskan posisi yang akan kamu lamar, tuliskan kamu mendapatkan informasi dari mana untuk lowongan pekerjaannya ini.

Selain itu, kamu juga nantinya bisa langsung memasukkan nama perusahaan dan juga tanggal lengkap dengan bulan dan tahunnya, ya. Pastikan semua data yang akan kamu dapatkan itu lengkap dan tidak ada yang tertinggal. Oke?

Lengkapi Surat dengan Biodata

Kamu juga nanti perlu menyiapkan biodata ya di surat lamaran pekerjaan yang kamu buat. Dengan menggunakan biodata, tentunya HRD akan langsung mengetahui data diri kamu sebagai pelamar. Untuk biodata juga, kamu bisa mengisikan beberapa hal yang penting-penting saja, ya.

Dalam biodata yang baik, kamu nantinya akan bisa langsung memasukkan beberapa data diantaranya seperti, nama lengkap kamu, tempat tanggal lahir kamu, nomor telepon dan email. Pastikan kamu memasukkan nomor telepon dan email yang aktif dan bisa dihubungi, ya. Serta kamu bisa masukkan alamat kamu, ya. Jangan kelewatan deh, ya.

Jabarkan Kelebihan yang Kamu Miliki

Hal yang satu ini juga perlu untuk kamu masukkan ya ke dalam surat lamaran pekerjaan. Kamu nantinya akan bisa memasukkan tentang kelebihan kamu dimana hal tersebut merupakan salah satu hal untuk mempromosikan diri kamu ke HRD yang ada di kantor tersebut.

Jadi, kamu bisa memberikan dan menuliskan kelebihan-kelebihan apa saja yang kamu miliki. Misalnya, kamu nantinya bisa bekerja di dalam tim dengan baik, memiliki kesehatan jasmani dan juga rohani yang bagus, bisa mengoperasikan perangkat komputer atau lainnya deh.

Jangan Lupakan Lampiran Surat Lamaran

Untuk melamar pekerjaan kan kamu membutuhkan alat lainnya ya. Bukan hanya surat lamaran pekerjaan saja yang kamu berikan saat melamar pekerjaannya tersebut. Tetapi juga, nantinya kamu akan melampirkan surat-surat atau berkas yang penting lainnya.

Biasanya saat melamar pekerjaan kamu memerlukan berkas seperti transkip nilai dan fotocopy ijazah, daftar riwayat hidup, Surat keterangan keahlian atau sertifikat, surat pengalaman pekerjaan, dan pas foto terbaru. Jangan sampai melewatkan lampiran surat yang penting ya di dalam lamaran pekerjaannya ini.

Buat Kalimat Penutup yang Baik

Jika kamu sudah melakukan penulisan dan memenuhi berkas yang diperlukan tadi, maka kamu akan bisa langsung membuat kalimat penutup. Pastinya kamu harus menutup suratnya tersebut dengan menggunakan kalimat yang baik dan manis, ya. Oya, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengucapkan terima kasih, ya.

Baca Juga:  6 Adab Makan dan Minum Menurut Islam Beserta Dalilnya

Bubuhkan Tanda Tangan dan Nama

Sama halnya seperti surat yang lainnya, di surat lamaran pekerjaan ini, nantinya kamu harus menuliskan nama lengkap dan tanda tangan yang kamu miliki, ya. Kamu jangan sampai lupa untuk meletakkan tanda tangan dan nama pengirim lamarannya tersebut. Karena kalau sampai lupa nantinya tidak lengkap surat lamaran yang kamu buat ini. Bukan kah begitu?

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Menarik

Nah, kamu sudah simak kan bagaimana tips yang akan bisa dilakukan untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik? Kalau begitu, sekarang saatnya kamu mengetahui contoh surat lamaran kerja yang ada. Kan memang ya untuk membuat surat lamaran pekerjaan, kamu bisa lihat referensi gitu.

Oke deh, kalau gitu di bawah ini kami akan berikan ke kamu surat lamaran pekerjaan yang bisa dibuat oleh fresh graduate untuk menarik HRD dan membaca surat lamaran pekerjaan kamu. Simak di bawah ini, ya.

Download format surat lamaran kerja bentuk file word.docx –> DOWNLOAD DISINI

<Nama Kota Tempat di Tulis Surat>, <tanggal ditulis surat>

Perihal     : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 4 Lembar

Kepada Yth

HRD <Nama Perusahaan yang Dituju>

<Nama Jalan dari Perusahaan yang Dituju>

<Nama Kota Perusahaan yang Dituju>

Berdasarkan informasi yang saya terima dari akun Instagram miliki <nama perusahaan yang dituju> pada tanggal <tanggal postingan instagram tersebut> bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai  Admin. Maka bersamaan dengan surat ini saya berminat untuk mengisi lowongan yang ada tersebut.

Berikut data diri saya :

Nama                              : <nama pelamar>
Tempat Tanggal Lahir     : <TTL pelamar>
Alamat                            : <alamat rumah pelamar>
Jenis Kelamin                  : <jenis kelamin pelamar>
Pendidikan Terakhir        : <pendidikan yang ditempuh>
No. Telp.                         : <no telp. aktif>

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas Brawijaya pada jurusan Manajemen. Dengan IPK 3,75 dan mempunyai keinginan yang kuat untuk bekerja keras serta bermotivasi tinggi, dapat bekerja dengan baik serta mampu bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini lamaran ini saya lampirkan :

Curriculum Vitae                                                      1 lembar

Fotocopy  ijazah                                                       1 lembar

Fotocopy KTP                                                           1 lembar

Pas Photo 4×6                                                           1 lembar

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                              Hormat Saya,

 <Nama Pelamar Pekerjaan>

Baca Juga Artikel yang Sejenis :

Contoh Surat Izin Sekolah SD, SMP, SMA yang Benar (File Docx)

Contoh Majas Antonomasia Dalam Hikayat dan Artinya

Contoh Cerpen Singkat Beserta Strukturnya Lengkap + File Doc

Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Beserta Strukturnya

Doa Qunut Arab dan Latin Subuh, Nazilah Lengkap dan Artinya

The post Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar + File Word appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search