Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 K-13

November 9, 2023

Ayovaksindinkeskdi.idSimak contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 lengkap dengan kunci jawabannya. Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 ini bisa menjadi bahan pembelajaran siswa jelang ujian.

Hanya hitungan hari lagi murid Sekolah Dasar (SD) akan menjalani masa Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semesters (UTS). Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri salah satunya dengan mengerjakan beberapa contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 sebagai referensi.

PTS sendiri dilakukan agar para guru bisa mengevaluasi peserta didik terkait pencapaian nilai berdasarkan dengan kompetensi dasar. Soal PTS biasanya diambil dari materi yang telah dipelajari oleh siswa.

Namun perlu diingat, bahwa artikel pendidikan mengenai contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 yang diberikan kami ini bukanlah sebuah bocoran. Hanya sebagai soal latihan untuk persiapan peserta didik sebelum menghadapi ujian PTS.

Selain untuk peserta didik, contoh soal ini juga dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam pembuatan soal PTS semester genap, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut di bawah ini adalah contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2.

Kumpulan Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

Cermatilah paragraf berikut ini!
Sebenarnya musibah banjir dapat dicegah. Pencegahan banjir dapat kita lakukan bersama dengan kegiatan yang terlihat sepele, yaitu membuang sampah pada tempat sampah. Mengapa demikian? Berdasarkan fakta yang didapat, penyebab utama banjir di hamper semua wilayah di Indonesia adalah tersumbatnya saluran pembuangan dan sungai oleh sampah. Oleh karenanya, masyarakat harus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sekecil apapun sampah, kita harus membuangnya di tempat sampah. Mari kita mencegah banjir dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Ciri teks persuasi pada paragraf tersebut adalah tertuang dalam pernyataan sebagai berikut, kecuali …
A. Bersifat mengajak atau memengaruhi pembaca/pendengar.
B. Menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak.
C. Menggunakan kalimat pertanyaan.
D. Menggunakan kata kerja imperatif.

Cermatilah paragraf berikut!
Bumi adalah tempat tinggal kita. Tanpa bumi tentu kita akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosphere. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu akibat pemanasan global itu adalah mencairnya es di kutub sehingga air menutup semua daratan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini dan mengatasi pemanasan global agar kita terhindar dari bencana.

Paragraf tersebut merupakan penggalan teks persuasi. Berdasarkan isi paragraf tersebut, tujuan yang tertuang dalam teks tersebut adalah ….
A. Memberitahukan bahwa bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi kita akan musnah.
B. Mengajak umat manusia harus menjaga bumi dari bahaya pemanasan global akibat lapisan ozon yang mulai berlubang.
C. Memberikan informasi bahwa pada saat ini bumi terancam dengan menipisnya lapisan ozon bahkan sudah mulai berlubang.
D. Menyampaikan bahwa pemanasan global sangat berbahaya bagi kehidupan manusia dan sudah terlihat dari mencairnya es di kutub.

Cermatilah paragraf berikut!
Rokok merupakan teman akrab yang memberikan dampak negatif yang merugikan bagi pengisap atau pecandunya.(1) Akibat merokok, tubuh kita dirongrong zat aditif sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa makin cepat menua.(2) Di samping itu, kondisi perekonomian juga menjadi tidak seimbang, besar pasak daripada tiang.(3) Jumlah pengeluaran bertambah untuk membeli rokok yang seharusnya dapat ditabung untuk hari esok.(4) Oleh karena itu, kurangilah dan usahakan berhentilah merokok agar hidup menjadi lebih baik.(5)

Baca Juga:  6 Doa Memulai Pekerjaan Arab, Latin & Artinya Agar Rejeki Lancar

Kalimat persuasif dalam paragraf tersebut dinyatakan oleh kalimat nomor….
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

Cermatilah paragraf berikut!
(1) Dewasa ini teknologi internet makin mudah diakses oleh siapa pun. (2) Internet memberikan banyak manfaat yang berdampak positif bagi kehidupan. (3) Sebagai contoh, dengan internet kita bisa memperoleh banyak informasi, mempermudah komunikasi, bahkan banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis melalui internet. (4) Namun sayangnya masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. (5) Misalnya, makin maraknya penipuan, pembajakan, bahkan yang baru-baru ini terkuak yaitu adanya penculikan akibat interaksi di media sosial dengan orang yang salah.

Istilah teknologi yang digunakan dalam paragraf persuasi tersebut adalah….
A. Internet
B. Interaksi
C. Informasi
D. Komunikasi

Cermatilah paragraf berikut!
(1) Bencana alam tanah longsor dan banjir besar tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. (3) Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan tepi-tepi jalan lainnya dengan mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. (5) Kami organisasi Kasih Bangsa tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Kalimat fakta pada teks tersebut ditandai oleh nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kalimat berikut yang menggunakan konjungsi sebab-akibat adalah …
A. Salah satu kelemahan pupuk anorganik adalah dapat mencemari tanah.
C. Pupuk organik bagus karena mampu mengurai unsur hara dalam tanah.
D. Ayo galakkan penggunaan pupuk organik di kalangan petani.
E. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari tanaman.

Kalimat yang menggunakan kata tugas yang menyatakan ajakan adalah …
A. Jangan membiasakan anak-anak membeli jajan terbuka yang dijual di tepi jalan.
B. Banyaknya siswa sakit perut akhir-akhir ini akibat makan jajanan tidak bersih.
C. Marilah kita biasakan anak-anak membawa bekal dan menjaga kebersihan.
D. Anak-anak dibiasakan membawa bekal karena lebih bersih dan sehat.

Cermatilah informasi berikut!

Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan informasi tersebut adalah …
A. Hindari penggunaan pupuk anorganik karena lebih banyak merugikan.
B. Saat ini masih banyak petani yang mengandalkan pupuk anorganik.
C. Pupuk organik sudah terbukti mampu menjaga kelembaban tanah.
D. Pupuk organik adalah pupuk yang dihasilkan oleh kotoran hewan dan sampah.

Cermatilah teks berikut!
Produk olahan Susu Cempaka mengandung nutrisi utama, seperti kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan potasium. Vitamin dan mineral ini membuat produk olahan Susu Cempaka menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka setiap hari merupakan cara yang luar biasa untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minum susu sapi setiap hari.

                                    Sumber: International Dairy Foods Association, 27 September 2007

Teks tersebut dikategorikan teks persuasi karena ….
A. Ada urutan waktu dalam rangkaian argumentasi.
B. Menggunakan kalimat yang menyatakan kronologis.
C. Bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.
D. Memiliki data dan fakta untuk memperkuat argumentasi.

Baca Juga:  Doa Mau Tidur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Cermatilah teks berikut!
Produk olahan Susu Cempaka mengandung nutrisi utama, seperti kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan potasium. Vitamin dan mineral ini membuat produk olahan Susu Cempaka menjadi bagian penting dari pola makan sehat. Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka setiap hari merupakan cara yang luar biasa untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minum susu sapi setiap hari.

Mengonsumsi produk olahan Susu Cempaka akan mempercepat penurunan berat badan dan membantu menjaga berat badan yang ideal. Susu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Susu bahkan memperbaiki kesehatan jantung dan membantu mencegah kanker. Segelas susu mengandung vitamin, mineral, dan banyak manfaat kesehatan. Menurut dr. Bill Sears, profesor klinis bagian anak di Universitas California di Irvine, susu memiliki banyak nutrisi penting. Asosiasi Produk Susu Internasional atau International Dairy Foods Association (IDFA) mendukung gagasan ini. IDFA juga menyebutkan banyak profesional dan kelompok Kesehatan berpandangan sama.
Sumber: International Dairy Foods Association, 27 September 2007

Tujuan utama teks tersebut adalah …
A. Mendukung penggunaan produk olahan Susu Cempaka.
B. Membandingkan produk olahan Susu Cempaka dengan produk susu lainnya.
C. Memberikan argumen bahwa produk susu dapat mempercepat penurunan berat badan.
D. Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Bacalah Teks Berikut dengan Seksama!

Awal dari pemerintahan Bandung dimulai dari adanya Piagam Sultan Agung pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Bandung.

Sebelum mencapai bentuk pemerintahan sekarang, Kabupaten Bandung mengalami perkembangan kekuasaan dari zaman ke zaman. Pada masa Kerajaan Pajajaran berkuasa, sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, di tatar Periangan belum ada bentuk kabupaten, hanya terdiri atas beberapa keprabuan. Istilah keprabuan diambil dari kata prabu yang berarti ‘leluhur’ atau ‘rajamuda’.

Pada tahun 1575 yang berkuasa di daerah Pajajaran adalah pemerintahan Islam. Dilanjutkan pemerintahan Mataram (1621-1677) dan pemerintahan Belanda. Saat Mataram berkuasa itulah, nama keprabuan diubah menjadi kabupaten.

Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot.

Pada masa Bupati Wiranatakusumah II (1794-1829) Ibu Kota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Krapyak (Dayeuhkolot) ke pinggir Sungai Cikapundung atau Alun-alun Bandung sekarang. Pemindahan tersebut berdasarkan perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda,”Deandels”. Peristiwa itu terjadi pada 25 Mei

1810. Alasan pemindahan tersebut akan memberikan prospek baik terhadap perkembangan wilayah itu. Pada saat itu Deandels yang mendapat julukan “Mas Galak” tengah membuat jalan dari Anyer ke Panarukan. Kebetulan jalur tersebut melewati tatar Priangan atau Kota Bandung pada saat sekarang ini. (dokumentasi penulis)

Teks tersebut di atas dapat disebut dengan eksplanasikarena
A. Menjelaskan sejarah
B. Menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu
C. Menceritakan sesuatu
D. Memberi argumentasi atau pendapat terhadapsesuatu

Kalimat yang mengisi teks ekplanasi dalam setiap paragrafnyaberisi
A. Fakta
B. Karangancerita
C. Argumentasi
D. Narasi

Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akanbersifat
A. Kausalitas
B. KronologiS
C. Argumentatif
D. Deskriptif

Baca Juga:  4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat & Alami

Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif

Perhatikan teksberikut!

Pembentukan dan pengawetan suatu fosil mensyaratkan bahwa beberapa struktur terbenam dalam keadaan yang akan dapat memperlambat pembusukan. Fosil yang ditemukan biasanya tidak selalu utuh. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas organisme pengurai, aktivitas geologis kulit bumi, pelapukan oleh cuaca dan air, dan dimakan oleh organisme lain. Fosil yang utuh dan lengkap biasanya terawetkan dalam salju atau karena termineralisasi. Fosil yang berupa jejak dapat merupakan tapak kaki, tangan, dan daun tumbuhan. Cuplikan tersebut menjelaskan proses pembentukan dan pengawetanfosil.

Teks tersebut di atas disusun dengan menggunakanpola
A. Kausalitas
B. Kronologis
C. Argumentatif
D. Deskriptif

Dengan demikian, tropisme sesungguhnya merupakan gerak dari bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan. Hal itu ternyata berbeda dengan gerak pasti, arah gerak tropisme bergantung pada arah datangnyarangsangan.

Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasi fenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

Awal pemerintahan Kabupaten Bandung, dimulai sejak Piagam Sultan Agung Mataram pada tanggal 20 April 1641. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi KabupatenBandung.

Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasi fenomena
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitukonsumen.

Penggalan kalimat di atas adalah struktur teks eksplanasi berupa:
A. Identifikasi fenomenA
B. Rangkaian kejadian
C. Ulasan
D. Argumentasi

Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebang liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kerusakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik hak pengusahaan hutan (HPH) dalam melakukanreboisasi.

Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah
A. Konjungsi kausalitas
B. Konjungsi kronologis
C. Konjungsi argumentatif
D. Konjungsi biasa

Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Krapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot

Pada penggalan teks di atas, konjungsi yang digunakan adalah
A. Konjungsi kausalitas
B. Konjungsi kronologis
C. Konjungsi argumentatif
D. Konjungsi biasa

KUNCI JAWABAN

1. C                                     6. B

2. B                                     7. C

3. D                                     8. A

4. A                                     9. D

5. C                                     10. A

11. B.

12. A

13. A

14. B

15. A

16. C

17.

18. B

19. A

20. B

Demikian, contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga membantu ya.

Baca Juga:

Contoh Soal PTS Bahasa Inggris Kelas 5 Semester 2 + Jawaban

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 2

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 3 Semester 2 & Jawaban

Contoh Soal PTS PJOK Kelas 5 Semester 2 + Kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Kelas 5 SD Tema 2 dan Kunci Jawaban

The post Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 K-13 appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search