Cek Info GTK Melalui Dapodik SSO dan Kemdikbud.go.id

November 8, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Buat para guru yang ingin segera mengecek validasi data dapodik bisa langsung cek info GTK melalui website khusus yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Info GTK ini sangat berguna untuk para guru yang ingin melihat hasil data validasi yang telah dientri dan dimasukkan ke dalam data di Dapodik. Bagi guru-guru dan juga tenaga kependidikan sudah sangat familiar dengan yang namanya info GTK ini.

Sekarang ini pemerintah sedang mengeluarkan berbagai program untuk mensejahterakan para tenaga pengajar. Setiap guru dan juga tenaga kependidikan wajib untuk memasukkan data mereka ke aplikasi Dapodik. Pendataan ini dilakukan untuk berbagai tujuan dan juga manfaat.

Jadi, buat para guru dan juga tenaga kependidikan yang belum melihat hasil cek info GTK valid atau tidak. Maka sekarang sudah bisa langsung cek info GTK secara online dengan mudah dan juga cepat tanpa butuh waktu lama.

Hal Penting Mengenai Info GTK 2022 Yang Perlu di Cek

Cek Info GTK adalah website yang dibuat oleh Kemendikbud yang mana menyediakan informasi dari para guru mengenai data-data yang sudah pernah mereka masukkan sebelumnya di Dapodik.

Info GTK ini mungkin termasuk hal baru untuk para guru karena ini juga merupakan program dari Kemendikbud yang tujuannya memudahkan untuk proses pendataan dan juga hal yang berkaitan dengan tenaga pengajar dan juga para guru.

Mungkin yang sedang membaca artikel ini ingin mencari tahu apa sih info GTK itu dan apa saja isi yang ada di dalam info tersebut. Buat para guru info GTK bukanlah suatu hal yang asing lagi. Namun, untuk yang lain bisa jadi ini adalah hal yang baru, kan.

Oleh karena itu, admin Ayovaksindinkeskdi.id akan berbagi informasi untuk para pembaca mengenai cek info GTK termasuk hal-hal lain yang juga berkaitan dengan pembahasan tersebut.

Mengapa sih para guru harus cek info GTK ini dengan segera? Sebelumnya guru dan tenaga kependidikan itu sudah harus menginput data mereka ke Dapodik. Nah, di Info GTK inilah mereka bisa melihat hasil validasi dan juga data-data yang lainnya.

Semua informasi yang ada di Info GTK ini muncul atau berasal dari data yang sudah dimasukkan ke dalam Dapodik. Perlu kamu ketahui juga kalau status yang ada di Info GTK ini tidak berlaku selamanya.

Melainkan, status info GTK tadi hanya berlaku selama 6 bulan dan mungkin harus diperbarui dari aplikasi Dapodiknya. Mengapa para guru dan juga tenaga kependidikan harus cek info GTK ini?

Para guru dan tenaga kependidikan tentu saja ingin melihat hasil entri data yang sudah mereka masukkan sebelumnya karena hal itu sangat penting. Kira-kira apa manfaat dari info GTK ini sehingga para tenaga pengajar harus mengecek bagaimana hasilnya?

Manfaat Selalu Cek Info GTK Untuk Guru Dan Tenaga Pendidik

Sebagai informasi tambahan untuk para pembaca mengenai Info GTK. Kami juga akan menjelaskan manfaat apa yang mereka terima dari data informasi elektronik ini. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari adanya info GTK ini yang merupakan tujuan dari program pemerintah juga.

Mungkin masih banyak juga guru dan tenaga kependidikan yang belum mengenai manfaat dari info GTK ini. Untuk itulah pembahasan kali ini mungkin cukup membantu kalian. Agar semakin tahu mengenai manfaat dan juga keuntungan dari adanya info GTK ini.

Berikut ini adalah manfaat dari info GTK yang bisa didapat oleh para guru dan juga tenaga kependidikan.

Tenaga pengajar dapat melihat hasil entri data yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam dapodik secara online dan bisa diakses kapan saja.

Apabila ada kesalahan yang muncul di Info GTK, maka mereka masih bisa memperbaikinya melalui aplikasi Dapodik lalu mengeceknya kembali.

Baca Juga:  Contoh Mad Arid Lissukun Pengertian Dan Cara Membacanya

Para guru dan tenaga kependidikan dapat melihat dan juga memeriksa berbagai surat penerima tunjangan lainnya dengan mudah.

Semua informasi mengenai kebijakan guru, tenaga kependidikan, sertifikasi, dan program lainnya bisa dipantau melalui info GTK ini.

Semua guru dan juga tenaga kependidikan yang datanya sudah dientri ke dalam Dapodik maka bisa cek info GTK melalui laman website yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud.

Itulah manfaat apa saja yang akan dirasakan dan juga diterima oleh guru dan tenaga pengajar lainnya dari adanya info GTK ini.

Syarat dan Ketentuan Untuk Cek Info GTK Dapodik 2022

Bagi beberapa orang yang berprofesi sebagai guru ataupun tenaga pendidik mungkin masih belum terlalu familiar dengan adanya Cek info GTK ini. Kamu harus benar-benar tahu ketentuan apa saja yang harus diikuti.

Terkadang ada saja kendala muncul ketika kamu ingin melihat info GTK ini karena satu dan lain hal. Oleh karena itu, harus dilihat lagi apakah kamu sudah mengikuti semua ketentuan yang ditetapkan atau belum.

Pada saat mengentri data Dapodik dan diminta untuk memasukkan akun email atau yang lainnya. Maka pastikan yang kamu input adalah email yang masih aktif dan bisa menerima pesan. Karena mungkin saja ada permintaan konfirmasi atau yang lainnya.

Jadi, untuk cek info GTK ini kamu harus memasukkan alamat email yang aktif dan email tersebut lah yang memang digunakan pada saat entri data Dapodik. Pada saat ingin cek Info GTK kan kamu akan diminta untuk memasukkan akun.

Akun yang didapat ini berasal dari operator dapodik dan itulah yang kamu gunakan untuk membuka website info GTK. Jadi, kalau merasa belum menerima akun untuk membuka info GTK dari operator, maka segera tanyakan.

Tidak banyak memang ketentuan yang diatur, tetapi harus tetap diperhatikan agar datamu muncul di Info GTK dan tidak terjadi kesalahan.

Laman Website atau Situs Cek Info GTK Terlengkap

Info GTK ini bisa di cek melalui beberapa laman website resmi dari Kemendikbud dan memilii cara login yang berbeda-beda. Namun, untuk informasi yang akan kamu peroleh tentunya sama saja ya.

Jika kamu ingin membuka info GTK ini maka dapat mengakses beberapa laman berikut ini. Untuk memudahkan kalian dalam mengakses website yang tersedia. Disini kami juga akan menyertakan link yang bisa kamu gunakan langsung untuk buka info GTK.

Cukup salin link yang tertera disini di mesin pencarian perangkat masing-masing. Maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama dari website tersebut dan tidak perlu cari kemana-mana lagi.

website info GTK : https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

laman PTK : https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

Website SIM PKB

Klik >>> “DISINI” untuk download aplikasi Cek Info GTK Via Android dan iOS

Selain itu juga kamu bisa cek info GTK ini melalui scan barcode lho teman-teman. Yang akan kita bahas tuntas di artikel ini adalah cara untuk login menggunakan info GTK dan juga laman PTK ya.

Jadi, baca baik-baik penjelasan yang akan kami berikan ini dan kalau kamu sudah mengerti bisa langsung dipraktikkan saja ya.

Inilah Beberapa Cara Untuk Dapat Cek Info GTK Terbaru 2022

Seperti yang sudah kami beritauhu sebelumnya, kalau untuk cek info GTK ini ada banyak cara yang bisa kamu lalui. Apabila satu website tidak bisa dibuka karena server sedang sibuk.

Maka kamu bisa menggunakan website yang lainnya untuk melihat info GTK adri Kemendikbud ini. Informasi data elektronik ini memang sedang dicari oleh seluruh GTK di Indonesia sehingga menyebabkan website susah untuk dibuka.

Oleh karena itu, pemerintah juga sudah menyiapkan beberapa alternatif website yang bisa diakses. Sehingga jika kamu tidak bisa membuka yang satu maka tetap bisa melihat info GTK ini dengan lancar.

Baca Juga:  Bacakomik Apk Mod Download V11 No Ads Terbaru 2023

Untuk itu kamu harus tau cara untuk cek info GTK di masing-masing website dan disinlah kami akan menjelaskannya. Dasar langkah-langkahnya si sama yaitu harus menggunakan akun-akun khusus yang memang sudah dibuat sebelumnya.

Namun, untuk akun mana yang akan digunakan itu bergantung dengan kamu membuka informasi data elektronik tadi menggunakan laman website yang mana. Supaya kamu tidak bingung mari kita bahas mengenai cara cek info GTK melalui beberapa laman website Kemendikbud di bawah ini.

Perhatikan dengan baik ya dan jangan sampai ada informasi yang terlewat karena takutnya data yang kamu inginkan malah tidak keluar.

Cara Cek Info GTK Lewat Dapodik SSO

Cara pertama yang akan kami jelaskan adalah loin GTK melalui website dari Info GTK yang dibuat oleh Kemendikbud. Untuk alamat website yang lebih jelas bisa kamu lihat melalui pembahasan sebelumnya.

Kamu bisa langsung akses saja situs tersebut sebelum mengikuti langkah selanjutnya dalam mengakses info GTK ini. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke dalam website info GTK. Pertama, kamu dapat menggunakan akun info GTK langsung dan yang kedua kamu bisa memakai akun SSO.

Para guru dan tenaga pengajar harus memiliki akun SSO karena ini akun yang cukup penting. Beberapa hal dapat diakses dengan menggunakan akun ini termasuk pencarian info GTK yang sedang kita bahas kali ini.

Tanpa perlu berlama-lama, baiklah langsung saja kita bahas langkah-langkah cek info GTK menggunakan akun SSO.

Buka laman website info gtk yang sudah kami berikan di atas tadi.

Jika kamu sudah masuk ke dalam website tersebut, maka ada beberapa informasi dan juga menu yang tertera di layar.

Untuk masuk melalui akun SSO maka silahkan klik “Login Menggunakan SSO”

Lalu kamu masukkan akun SSO. Isi username dan juga password akun SSO milikmu.

Setelah itu tunggu prosesnya hingga kamu berhasil masuk ke dalam menu utama.

Untuk melihat info GTK, maka klik bacaan “Biodata”.

Kemudian cari dan klik Info GTK dan hasilnya akan langsung muncul di layar.

Itulah cara cek info GTK melalui akun SSO dan pastikan email yang kamu gunakan untuk membuat akun SSO sebelumnya itu masih aktif ya.

Cara Cek Info GTK Kemdikbud.go.id Secara Langsung

Cara lain yang juga bisa kamu gunakan untuk melihat informasi data elektronik dari Kemendikbud ini adalah menggunakan akun GTK langsung. Akun ini lah yang dari operator dari dapodik ketika kamu sudah berhasil entri data kesana.

Jadi, jangan sampai hilang ya akun GTK ini karena akan dibutuhkan untuk mengecek info GTK. Seperti yang dikatakan di atas kalau informasi ini hanya berlaku selama 6 bulan atau 1 semester saja.

Lalu bagaimana cara cek info GTK menggunakan akun GTK langsung dari laman website Kemendikbud. Simak langkah-langkah yang lebih lengkapnya di bawah ini ya.

Buka laman website info GTK yang sama seperti situs yang kamu akses di atas. Untuk link website sudah kami berikan di pembahasan sebelumnya.

Pilih menu “Login Langsung ke GTK” dan kamu akan diarahkan untuk mengisi akun GTK.

Lalu kamu akan diminta untuk masukkan “username dan juga password” GTK yang sudah diberikan oleh operator.

Kemudian langsung saja klik login.

Dan informasi GTK akan tertera dilayar secara lengkap.

Akun SSO dan juga Akun GTK ini adalah kedua hal yang berbeda ya. Jadi, jangan sampai salah memasukkan akun karena kalau salah yang terjadi adalah gagal masuk untuk cek info GTK.

Untuk cara masuk melalui akun PTK kemendikbud ini sama dengan login menggunakan akun SSO. Ketika masuk klik menu login dengan SSO maka akan diarahkan ke dalam website PTK Kemendikbud.

Baca Juga:  Arti To Do List: Pengertian Manfaat dan Cara Membuatnya

Itu dia kedua cara untuk cek info GTK melalui website dari Kemendikbud yang bisa kamu akses kapan saja. Dan data ini hanya bisa diakses oleh pemilik akun dan dipastikan aman selagi kamu tidak pernah memberitahu akun SSO maupun GTK kepada orang lain.

Kumpulan Informasi Yang Ada Pada Situs Cek Info GTK Melalui SIM PKB

Di dalam informasi data elektronik ini ada hal apa saja sih yang bisa kamu ihat dan juga pastikan. Kan semua data yang muncul di info GTK ini merupakan valiadasi dari entri data yang sebelumnya sudah dilakukan.

Kamu bisa melijat secara detail apakah data tersebut ada kesalahan atau tidak. Jika memang ada kesalahan GTK masih bisa memperbaikinya melalui aplikasi Dapodik juga.

Supaya tidak ada yang bingung lagi mengenai informasi apa saja yang ada di Info GTK. Bisa langsung cek pembahasan selengkapnya di bawah ini ya.

Data yang akan kamu lihat di Info GTK ini antara lain adalah, tunjangan profesi, data individu berdasarkan yang sudah diinput ke dapodik, status NUPTK, status data kelulusan sertifikasi, verval pendidikan, sertifikasi pendidik, riwayat pendidikan, tugas tambahan, dan juga rombongan belajar.

Semua data tersebut akan muncul ketika kamu cek info GTK melalui cara mana saja seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Semua data yang muncul tadi berasal dari entri data Dapodik yang sudah disinkronkan ya.

Jadi, jika ada kesalahan pun kamu tidak bisa mengubahnya di website info GTK, melainkan harus dari Dapodiknya.

Solusi Jika Username Dan Password Salah Ketika Cek Info GTK dengan NUPTK

Ketika guru atau tenaga kependidikan ingin mengecek info GTK ini menggunakan akun yang sudah ada. Ada kemungkinan kendala terjadi seperti username dan passwrod salah satau tidak ditemukan.

Tentu saja hal semacam ini pastinya membuat panik ya dan bingung harus bagaimana. Hal semacam ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Bisa saja username dan password yang salah tadi terjadi karena ada data yang diubah oleh pihak dapodiknya.

Solusinya adalah kamu bisa langsung menanyangkan akun GTK yang sudah dibuatkan tadi dan pastikan apakah sama dengan yang kamu terima. Kendala ini juga bisa terjadi karena alamat emailmu ternyata sudah tidak aktif lagi.

Kalau sudah begitu maka kamu bisa mengubah email tersebut melalui Dapodiknya dan datamu harus disinkronkan ulang.

Itu dia informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cek Info GTK dan juga pembahasan yang terkait lainnya di Ayovaksindinkeskdi.id.

Berita Serupa :

Cara Cek NUPTK Online Berdasarkan Nama & Nik Mudah 2022

Cek Penerima PIP (Program Indonesia Pintar) Online 2022

Cara Cek BI Checking Online & Offline Mudah Dijamin Lolos

Cek Pajak Kendaraan Apk Online Praktis & Gratis 2022

Cek NPWP Online Pakai NIK dan KTP Valid Tanpa KK Terbaru

Cara Cek Ijazah Dikti Online (Mudah & Legal) Terbaru 2022

Cara Cek NISN Siswa Online Berdasarkan Nama (Mudah)

Cara Cek Bantuan UMKM 2022 Lewat HP + Mendapatkannya

Cara Daftar UMKM Secara Online 2022 Gratis Semua Bank

Cek Penerima PIP (Program Indonesia Pintar) Online 2022

Cara Cek Bansos PKH Tahap 4 November 2022 (Kapan Cair)

Cek Bansos Kemensos Bantuan BNPT, BST, PKH & BLT BBM

Cara Cek Bantuan STB Pemerintah Dari Kominfo Go Id 2022

Set Top Box Siaran TV Digital Gratis Dari Pemerintah 2022

Cara Cek Penerima BSU Pospay Apk Tahap 7 di Kantor Pos

The post Cek Info GTK Melalui Dapodik SSO dan Kemdikbud.go.id appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search