Cara SS Di Laptop Windows 11 Dan Mac OS Praktis

November 8, 2023

Melakukan kegiatan tangkap layar ataupun screenshot merupakan salah satu hal yang sangat mudah dilakukan jika menggunakan smartphone ya. Dengan penggunaan ponsel pintar kamu semua pasti tahu dan bisa menggunakannya. Namun bagaimana cara SS di laptop yang bisa kamu gunakan dengan sangat mudah.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk tangkap layar pada laptop ya. Sebenarnya tidak hanya menggunakan laptop saja tetapi kamu pasti bisa melakukan kegiatan tangkap layar menggunakan berbagai jenis PC. Mungkin hal ini sangat dibutuhkan oleh kamu ya.

Banyak sekali orang yang melakukan kegiatan penggunaan dengan menggunakan cara-cara yang biasa. Mungkin untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara penggunaan beberapa cara ini. Kamu bisa melanjutkan penyimakan dan tetap berada pada artikel ini ya.

Karena ayovaksindinkeskdi.id akan memberikan kamu beberapa cara melakukan screenshot melalui laptop atau PC ya. Kalau begitu kamu bisa langsung saja menyimak penjelasan yang ada di dalam aplikasinya ya. Berikut ini penjelasan dan juga beberapa informasi yang kamu inginkan.

Beberapa Cara SS Di Laptop Windows 11 Yang Bisa Kamu Gunakan Tanpa Aplikasi

Pengguna laptop dan PC pastinya sudah sangat familiar dengan berbagai hal yang tersedia disana ya. Kamu juga pasti sudah mengetahui berbagai kegunaan dari setiap tombol yang ada di dalam perangkatnya. Memang kan jika menggunakan sebuah perangkat kamu akan lebih mudah menggunakannya jika sudah mengerti ya.

Jika kamu menggunakan aplikasi yang satu ini mungkin kamu akan bisa melakukan segala kegiatan dengan nyaman. Tetapi tidak semua pengguna perangkat akan mengetahui apa saja fungsi-fungsi dari tombolnya ya. Karena memang kebanyakan orang sekarang hanya bisa menggunakan suatu perangkat yang basic saja ya.

Seperti mengoprasikan word atau lain sebagainya pasti bisa dilakukan dengan sangat mudah. Maka dari itu pasti akan ditemukan banyak sekali pengguna yang kebingungan jika disuruh melakukan hal baru. Seperti melakukan kegiatan dengan menggunakan tombol kombinasi atau lain sebagainya.

Penggunaan tombol kombinasi ini mungkin akan sangat menguntungkan untuk kamu ya. Setiap orang yang ingin melakukan kegiatan menggunakan tombol kombinasi pasti ada keraguan tersendiri ya. Takut salah pencet dan berakibat fatal atau lain sebagainya.

Seperti contoh saja jika kamu ingin melakukan tangkap layar pada PC/laptop pasti agak sulit ya. Penggunaannya tidak sama seperti kamu melakukan penggunaan pada smartphone gitu. Maka dari itu hal yang seperti ini memang wajib untuk kamu ketahui.

Agar nanti jika membutuhkan kamu bisa dengan mudah melakukannya. Karena belum tentu semua orang bisa melakukan kegiatan screenshot ini pada laptop atau pc ya. Jadi kamu memang harus belajar saat diperlukan kamu sudah bisa langsung melakukan penggunannya.

Baca Juga:  Melon Playground Mod Apk 11.3 No Ads New Version 2023

Untuk itu kamu yang belum bisa melakukan kegiatan ini, bisa langsung saja lihat beberapa hal yang ada dibawah sini ya. Dengan menggunakan tombol kombinasi ini kamu pasti akan bisa melakukan kegiatan tangkap layar ya. Pokoknya kamu pasti akan bisa menggunakan cara ini dengan sangat baik.

Screenshot Di Laptop/PC Dengan Snipping Tools

Untuk kamu melakukan kegiatan screenshot ini pastinya akan bisa kamu lakukan dengan sangat mudah ya. Kegiatan SS yang biasa kamu lakukan akan sangat mudah jika kamu menggunakan cara yang pertama ini. Yap dengan menggunakan Snipping Tools kamu pasti bisa melakukan screenshot dengan praktis.

Jadi snipping tools ini adalah salah satu aplikasi bawaan yang tidak perlu kamu download ya. Karena saat menggunakan windows kamu sudah akan mendapatkan aplikasi yang satu ini. Yang mana penggunaan aplikasi ini sangat mudah untuk kamu lakukan ya.

Caranya sangat mudah hanya dengan kamu klik start dan kamu tinggal ketikan saja Snipping Tools pada tempat pencarian. Setelah itu kamu sudah bisa melakukan kegiatan SS dengan sangat mudah dan juga cepat.

Cara SS Di Laptop Melalui Tombol Windows + Prt Sc

Setelah menggunakan aplikasi bawaan sekarang ini kamu pasti bisa langsung saja melihat cara penggunaan tombol kombinasi. Yang mana tombol kombinasi ini pastinya akan sangat memudahkan kegiatan kamu ya. Untuk kamu melakukan tangkap layar menggunakan PC/laptop bisa menggunakan tombol windows dan print screen.

Cara ini tentunya tidak kalah mudah dengan dengan cara yang ada diatas tadi ya. Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan :

Kamu bisa menentukan bagian mana yang akan kamu tangkap layar.

Lalu kamu langsung saja melakukan penekanan tombol kombinasi windows +print screen.

Kalau layar sudah berkedip tandanya sedang menyiapkan alat SS dan jika sudah kamu tinggal pilih bagian yang akan di screenshot ya.

Nanti hasilnya akan otomatis tersimpan di perangkat.

Tangkap Layar Laptop Menggunakan Snip & Skhect

Kalau dengan kedua cara tadi kamu belum tertarik mungkin jika menggunakan cara yang ini kamu pasti akan tertarik ya. Ini merupakan cara yang sederhana dan bisa kamu lakukan dengan sangat mudah ya. Kamu bisa menggunakan Snip and Skhect yang sudah tersedia di dalam perangkat.

Kamu hanya perlu melakukan penekanan pada tombol windows + shift + S saja ya. Langsung bisa mengatur bagian mana yang akan di ss dan kamu juga bisa melihat jendela baru. Nantinya jendela baru akan muncul dan akan tersedia hasil dari screenshot tadi.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk tangkap layar di laptop adalah tekan simbol (+) yang ada. Nah kamu bisa atur sesukamu bagian mana saja yang akan di ss ya lalu nanti bisa langsung tersimpan.

Baca Juga:  Ada Apa Tanggal 14 Februari 2023? Bukan Cuma Hari Valentine

Melakukan SS Di Laptop Menggunakan Tombol Alt + Prt Sc

Berikut ini merupakan cara yang sederhana untuk mengambil layar pada layar yang sudah aktif saja. Jadi tidak semua layar akan terkena SS oleh tombol kombinasi yang satu ini ya. Kamu bisa menggunakan tombol Alt + Prt Sc untuk screenshot layar laptop ya.

Ini dia cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan ss dengan mudah hanya menggunakan kedua tombol saja ya.

Buka saja layar yang akan di screenshot dengan menggunakan tombol ini. Bisa juga membuka MS. Word dan minimize saja ukurannya.

Lanjut dengan tekan kedua tombol Alt + Prt Sc secara bersamaan agar bisa menyimpan gambar pada clipboard.

Lalu kamu bisa lanjutkan membuka paint dan nantinya langsung paste gambar dan bisa langsung disimpan.

Cara SS Di Laptop Menggunakan Windows + Volume Down

Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat mirip dengan melakukan SS pada ponsel pintar yang biasa kalian lakukan ya. Ini merupakan cara yang berlaku jika kamu menggunakan perangkat yang berbeda, seperti Microsoft Surface atau tablet microsoft.

Kamu hanya perlu melakukan penekanan pada tombol fisik yang ada disekitar tablet ya. Tekan saja windows + volume down dan nanti hasil tangkapan layar bisa kamu gunakan. Akan langsung tersimpan seperti kamu melakukan kegiatan penggunaan pada ponsel saja.

Bukankah cara-cara yang sudah kami beritahukan ini merupakan cara yang sangat mudah? Kalau begitu tunggu apalagi kamu bisa langsung saja melakukan penggunaan pada beberapa cara yang ada ini ya.

2 Aplikasi Yang Bisa Digunakan Sebagai Cara SS Di Laptop Dengan Praktis

Seperti yang sudah kamu lihat diatas kalau penggunaan aplikasi seperti ini memang sangat sulit untuk dilakukan ya. Makanya tidak semua orang pasti mahir melakukan kegiatan screenshot. Tidak jarang juga sudah melihat penjelasan dan tata caranya kamu masih tidak bisa melakukannya.

Melakukan penggunaan tombol kombinasi untuk melakukan tangkap layar memang tidak mudah. Screenshot yang biasa kamu lakukan menggunakan ponsel pintar memang sangat mudah ya. Tetapi hal itu tidak akan berlaku jika kamu sudah menggunakan laptop atau pc.

Karena kan memang kegiatan yang bisa kamu lakukan ini agak sedikit sulit. Maka dari itu untuk kamu yang sudah melihat penjelasan mengenai cara screenshot menggunakan tombol kombinasi dan masih belum bisa melakukannya. Kamu bisa langsung saja melakukan penyimakan pada artikel ini.

Karena pada pembahasan terakhir ini kami akan memberikan solusi untuk kamu yang belum bisa melakukan tangkap layar menggunakan tombol kombinasi ya. Karena memang kamu tidak hanya bisa menggunakan tombol kombinasi saja ya. Sekarang ini kamu sudah bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan screenshot.

Baca Juga:  Rekomendasi Merk Batik Terkenal Masuk Pasar Mancanegara!

Banyak aplikasi yang tersedia dan pastinya bisa kamu gunakan. Mulai dari aplikasi gratis dan juga berbayar pastinya tersedia disini ya. Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini pasti bisa menemukannya dengan mudah. Karena sudah tersedia pada play store dan bisa diunduh secara gratis.

Maka dari itu untuk kamu bisa melakukan kegiatan tangkap layar dengan sangat mudah. Dan kegiatan lainnya akan berjalan dengan sangat lancar dan juga mudah untuk dilakukan. Maka dari itu pasti bisa melakukan semua hal ini dengan sangat praktis.

Kalau menggunakan aplikasi juga kegiatan SS ini akan sangat mudah. Bukankah jika melakukan semua kegiatan yang mudah akan membawa kebahagiaan? Maka dari itu kamu pasti bisa melakukan kegiatan yang satu ini dengan sangat nyaman. Penasaran dengan semua aplikasinya kan, kalau begitu kamu bisa langsung saja menyimak beberapa pembahasannya dibawah sini ya.

Screenshot Dengan Menggunakan Lightshot

Rekomendasi aplikasi Screenshot yang bisa kamu gunakan adalah Lightshot ya. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu pasti bisa dengan mudah melakukan Ss ya. Hanya pasang saja aplikasi pada windows dan nantinya kamu bisa melakukan ss menggunakan tombol Print Screen.

Aplikasi ini juga bisa dilakukan untuk semua perangkat ya. Akan sangat kompatibel untuk semua perangkat yang kamu miliki ya. Pasalnya aplikasi ini sangat cocok digunakan pada Firefox, MacOS dan juga ChromeOS.

Bisa Lakukan SS Dengan Aplikasi PhotoScape

Terakhir ini ada aplikasi PhotoScape yang bisa membantu kamu untuk melakukan kegiatan SS. Kalau aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi SS yang dibuat oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut aplikasi modifikasi ya. Cara yang bisa kamu lakukan juga mudah, berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan :

Kamu tinggal buka layar yang akan di tangkap layar.

Lalu kamu bisa lanjut buka aplikasi PhotoScape > klik screen capture.

Akan muncul beberapa pilihan gaya screenshot, kamu bisa pilih sesuai dengan keinginan.

Selesai dan gambar akan langsung tersimpan.

Baca Artikel Lain Juga :

Cara Laptop Connect Wifi Tersembunyi Secara Manual

Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop & HP (Gratis)

Cara Melihat Spotify Wrapped 2022 di Laptop & HP (Gratis)

Download Zoom Apk Premium Untuk Laptop Terbaru 2022

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone Untuk Semua Versi

The post Cara SS Di Laptop Windows 11 Dan Mac OS Praktis appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search