Cara Menghapus Akun Instagram Permanen (IG) Lewat HP 2023

November 9, 2023

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen – Instagram (IG) menyediakan fasilitas untuk menghapus akun Instagram secara permanen maupun sementara. Tutorial Cara menghapus akun Instagram permanen atau sementara bisa dilakukan di HP maupun di PC. Untuk melakukan hal tersebut, tidak terdapat persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Tidak semua orang bisa bertahan dan selalu senang serta nyaman menggunakan Instagram. Ada kalanya rehat dan menghilang dari Instagram bisa memberi ketenangan mental. Menghapus Instagram permanen atau sementara bisa menjadi cara untuk sejenak terputus dari ramainya dunia di Instagram.

Akun Instagram juga bisa hapus apabila kamu memang sudah tidak menemukan manfaat dan hal positif dari akun tersebut. Beberapa orang menghapus akun Instagram untuk menghilangkan jejak. Apapun alasannya, kamu bisa menghapus akun saat ini juga tanpa harus melalui proses yang kompleks.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Lewat HP

Akun Instagram yang kamu miliki bisa kamu hapus secara permanen. Langkah menghapus akun permanen sangat mudah dan cepat. Akun Instagram yang telah kamu hapus permanen tidak akan kembali. 

Tidak ada cara membuatnya hidup lagi dan bisa digunakan. Maka dari itu, kamu harus memikirkan hal ini baik-baik. IG memang menyediakan banyak hal menarik yang bisa membuat kamu meraih banyak hal. Ada kalanya akun IG yang dimiliki lebih pas untuk dihapus dan tidak digunakan lagi. 

Kamu bisa menghapus akun IG secara permanen via HP dan PC. Tidak ada perbedaan signifikan mengenai cara melakukannya di sana.

Berikut adalah penjelasan Ayovaksindinkeskdi.id berbagai cara menghapus akun Instagram permanen di HP dan PC.

1. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Via Website

Para pengguna Instagram di PC atau laptop bisa menghapus akun Instagram secara permanen melalui website Instagram. Di sana, pihak Instagram menyediakan opsi penghapusan akun yang tersedia di Help Center atau Pusat Bantuan Instagram. 

Nantinya, kamu bisa mengakses opsi menghapus akun permanen. Pihak Instagram akan menanyakan alasan kenapa kamu menghapus akun tersebut. Tidak ada jawaban yang benar karena kamu bisa memilih jawaban apapun. 

Menghapus akun Instagram bisa kamu lakukan kapan saja melalui website. Jika kamu ingin melakukannya saat ini, langsung simak panduannya di sini. Berikut adalah cara menghapus akun Instagram permanen di PC atau laptop via website Instagram.

Buka web browser.

Buka halaman Pusat Bantuan Instagram di https://help.instagram.com/.

Di sana, klik Mengelola Akun Anda.

Klik Hapus Akun Anda.

Kemudian, klik Bagaimana cara menghapus akun saya?.

Klik Halaman Menghapus Akun Anda.

Silakan pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagrammu.

Lanjutkan dengan memasukkan Password dari akun Instagram kamu.

Untuk menghapus permanen, klik Permanently delete my account.

Akun Instagram kamu telah dihapus secara permanen.

Sekarang, kamu tidak lagi memiliki dan sudah tidak bisa mengakses akun Instagram yang dihapus. Tidak ada cara untuk mengembalikannya. Jika kamu merasa membutuhkan kembali akun tersebut, maka kamu bisa membuat akun Instagram yang baru. Instagram sudah benar-benar memusnahkan akun IG tersebut.

2. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Via Aplikasi

Para pengguna HP, baik Android maupun iOS bisa menghapus akun Instagram secara permanen melalui aplikasi Instagram yang terpasang di sana. Kamu pun bebas untuk melakukannya di website. Penghapusan akun via aplikasi tidak jauh berbeda dengan melalui website. Alur dan hasil akhirnya sama.

Cara menghapus akun Instagram permanen di sini tetap akan menggunakan Help Center IG. Hal yang berbeda dari caranya hanyalah bagaimana mengakses layanan tersebut. Selebihnya, kamu sebenarnya hanya perlu mengikuti prosedur atau cara menghapus yang sama dengan cara di atas (website).

Baca Juga:  Cara Backup WhatsApp iPhone Ke iCloud Otomatis & Manual

Berikut adalah panduan cara menghapus akun Instagram permanen di HP Android via aplikasi IG.

Buka aplikasi Instagram.

Ketuk simbol Tiga Garis yang ada di kanan atas,

Kemudian, pilih menu Settings.

Lanjutkan dengan ketuk Help dan pilih Help Centre.

Pilih Mengelola Akun Anda di halaman Pusat Bantuan Instagram.

Kemudian, pilih Hapus Akun Anda.

Kemudian, klik Bagaimana cara menghapus akun saya?.

Ketuk Halaman Menghapus Akun Anda.

Silakan pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagrammu.

Lanjutkan dengan memasukkan Password dari akun Instagram kamu.

Untuk menghapus permanen, klik Hapus akun saya secara permanen.

Akun Instagram kamu telah dihapu secara permanen.

Setelah kamu berhasil menghapus akun IG permanen, maka kamu akan kehilangan data yang ada di sana. Jika ada konten penting yang ingin kamu selamatkan, maka kamu harus melakukannya sebelum menghapus akun Instagram secara permanen. Jika sudah dihapus permanen, maka data sudah hilang.

3. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Karena Lupa Password

Bagaimana jika akun Instagram yang ingin dihapus passwordnya lupa atau tidak lagi diketahui? Jika hal tersebut terjadi maka tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Langkah pertama yang harus lakukan apabila akun Instagram lupa password adalah mengganti password dengan mengontak pihak Instagram.

Tujuan kamu adalah membuat kamu bisa mendapatkan password baru. Apabila password baru sudah kamu dapatkan, maka kamu bisa masuk ke sana dan melakukan login ke akun Instagram. 

Dari sana, kamu baru bisa melakukan penghapusan akun Instagram. Pergantian password merupakan hal yang wajib.

Tidak ada cara lain menghapus akun Instagram yang lupa password dengan cara mendapatkan password baru dan melakukan penghapusan dari dalam. 

Siapkan nomor HP dan alamat email untuk menyelesaikan verifikasi. Proses tersebut harus kamu selesaikan agar mendapat fasilitas untuk mengganti password. Berikut adalah panduan cara menghapus akun Instagram permanen yang lupa passwordnya.

Buka Instagram via aplikasi atau website.

Di sana, pilih Forgot Password.

Ketik Email, Username, atau Nomor HP yang didaftarkan di sana.

Verifikasi harus kamu lakukan selanjutnya.

Verifikasi bisa dilakukan melalui email maupun SMS.

Periksa apakah ada email dari Instagram.

Jika ada, buka dan klik halaman Verifikasi yang disertakan di sana.

Selesaikan proses Verifikasi tersebut.

Selanjutnya, kamu harus memasukkan Password baru.

Setelah Password baru dibuat, kamu harus masuk lagi ke Instagram.

Masuk ke Instagram dengan Password baru.

Dari sini, kamu sudah bisa menghapus akun Instagram secara permanen.

Sampai sini, kamu pasti sudah berada di akun Instagram yang lupa password. Langkah selanjutnya adalah menghapus akun Instagram melalui cara yang sama dengan cara sebelumnya. Kamu tetap harus menghapus akun Instagram melalui layanan Pusat Bantuan Instagram, baik melalui HP maupun PC.

4. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Via Melaporkannya (Report)

Bagaimana jika akun Instagram dicuri orang atau diretas sehingga sama sekali tidak bisa masuk ke sana. Kamu bisa saja menghapus akun Instagram tanpa mengetahui passwordnya jika ada dalam situasi tersebut. Cara melakukannya adalah dengan memanfaatkan layanan pelaporan ke pihak Instagram.

Dalam kasus ini, kamu akan melaporkan akun kamu melakukan pelanggaran pedoman komunitas Instagram. Adanya pelaporan tersebut membuat pihak Instagram bisa menghapus akunmu. 

Namun, cara ini mungkin akan memakan waktu yang tidak sebentar karena memang memerlukan persetujuan pihak IG. Berikut adalah cara menghapus akun Instagram permanen tanpa password dengan melaporkannya.

Buka aplikasi Instagram.

Buka Profil akun Instagram yang ingin dihapus.

Kemudian, klik tanda Titik Tiga yang ada di atas sebelah kanan.

Pilih opsi Laporkan.

Pilih opsi Saya yakin bahwa akun ini melanggar pedoman komunitas Instagram.

Baca Juga:  Sogafime Net Juraganfilm – Situs Download Film Gratis

Selanjutnya, klik saja Profil ini berpura-pura menjadi orang lain.

Pilih opsi Saya.

Pihak Instagram akan memeriksa laporan dan permintaanmu.

Apabila diterima dan sukses, akun Instagram akan dihapus.

Waktu yang diperlukan agar permintaan penghapusan akun Instagram oleh pihak Instagram bervariasi. Apabila pihak Instagram tidak mengabulkan permintaanmu, maka penghapusan akun tidak mungkin dilaksanakan. Cara ini mungkin bukan cara terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menghapus akun IG.

Bagaimana jika kita menggunakan cara ini untuk menghapus Instagram orang lain? Kamu bisa saja melakukan hal tersebut apabila memang akun Instagram yang ingin dihapus melakukan pelanggaran pedoman komunitas Instagram. 

Jangan gunakan layanan secara sembarangan apalagi dengan niat jahat.

Cara Menghapus Akun IG Sementara (Non-Aktif)

Selain penghapusan akun IG secara permanen, Instagram juga menyediakan penghapusan akun secara sementara. 

Cara menghapus akun Instagram sementara berbeda jalur dengan cara menghapus akun Instagram permanen sepenuhnya. Di sini, kamu tidak akan mengakses menu Pusat Bantuan Instagram.

Penonaktifkan akun akan membuat akun Instagram kamu menjadi mati dan tidak bisa diakses oleh orang lain dalam jangka waktu tertentu. Keputusan ini lebih cocok diambil oleh kamu yang masih ingin menggunakan IG di kemudian hari. Jangan khawatir, akun yang dinonaktifkan tidak hilang permanen.

Ketika diaktifkan kembali, akun Instagram tersebut masih menyimpan data yang ada di sana. Menonaktifkan akun Instagram bisa kamu lakukan melalui HP dan PC. Layanan menonaktifkan akun Instagram memang tersedia di menu Profil dari akun pengguna, lebih tepatnya ada di pilihan Edit Profil.

Berikut adalah cara menghapus akun Instagram sementara (non-aktif) untuk jangka waktu tertentu.

Buka Instagram.

Masuk ke sana dengan akun Instagram yang akan dinonaktifkan.

Kemudian, buka Profil kamu.

Lanjutkan dengan pilih Edit Profil.

Kemudian, pilih Nonaktifkan sementara akun saya yang ada di kanan bawah.

Silakan isi alasan penonaktifkan akun.

Masukkan kembali Password Instagram.

Pilih Akun dinonaktifkan sementara.

Akun Instagram akan dimatikan untuk sementara.

Sampai kapan akun IG yang dimatikan sementara bertahan? Tidak terdapat ketetapan mengenai durasi sampai kapan akun mati. Pengguna akun bisa kembali mengakses akun IG yang dimatikan sementara dalam jangka waktu bulanan sampai tahunan. 

Penonaktifkan akun bukan layanan yang bebas digunakan. Setelah akun Instagram yang sudah dimatikan dihidupkan kembali, maka kamu harus menunggu sampai satu minggu agar akun tersebut bisa dimatikan kembali. 

Dengan adanya kebijakan tersebut, kamu jelas tidak bisa sembarangan mematikan dan menghidupkan akun IG sesuka hati tanpa adanya keterbatasan.

Cara Mengaktifkan Akun IG yang Dinonaktifkan

Setelah mengetahui cara menghapus akun Instagram permanen dan sementara, saatnya mengetahui bagaimana cara mengaktifkan akun Instagram yang sudah dinonaktifkan. 

Cara ini hanya bisa digunakan apabila akun Instagram dimatikan sementara. Akun IG yang dihapus permanen sudah tidak akan kembali.

Jangan buang waktu mencari cara menghidupkannya kembali karena hal tersebut tidak bisa dilakukan. Aktivasi akun yang mati sementara hanya bisa dilakukan apabila akun tersebut sudah mencapai waktu tertentu. Paling tidak, kamu membutuhkan waktu satu hari untuk kembali mengaktifkan akun yang mati.

Kamu bebas mengambil waktu kapanpun untuk melakukan hal tersebut. Aktivasi akun Instagram yang dinonaktifkan bisa kamu lakukan di aplikasi maupun di website Instagram. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa melakukannya. Berikut adalah cara mengaktifkan akun Instagram yang telah dinonaktifkan.

1. Via Aplikasi

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan akun Instagram yang telah dinonaktifkan melalui aplikasi Instagram di Android atau iOS.

Buka aplikasi Instagram.

Ketuk Lupa detail masuk.

Ketik Nomor HP, Username, atau Email.

Proses Verifikasi akan dimulai.

Buka Email dan tunggu pesan dari Instagram yang berisi tautan Verifikasi.

Baca Juga:  Apa Arti Simp Itu Dalam Bahasa Gaul Untuk Generasi Z

Jika sudah muncul, klik tautan Verifikasi tersebut.

Selesaikan proses tersebut dengan membuat Password baru.

Sekarang, masuk kembali ke Instagram dengan Password baru.

Akun Instagram kamu akan aktif kembali.

2. Via Website

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan akun Instagram yang telah dinonaktifkan melalui website Instagram.

Buka website Instagram.

Masuk dengan Username dan Password Instagram kamu.

Klik Login atau Masuk untuk mengaktifkan akun Instagram yang dimatikan sementara.

Akun Instagram kamu akan aktif kembali.

Setelah akun Instagram berhasil diaktifkan kembali, kamu bisa memberikan data, foto, video dan konten yang kamu simpan di sana. Tidak akan ada perubahan apapun dalam hal konten yang disimpan di akun Instagram kamu. Dari sini, kamu sudah bisa kembali menggunakan akun Instagram seperti sebelumnya.

Cara Mengembalikan Akun yang Ditangguhkan

Bagaimana dengan akun Instagram yang telah ditangguhkan? Bisakah akun Instagram tersebut dikembalikan dan dipulihkan sehingga bisa digunakan kembali? Jawabannya bisa. Cara untuk melakukanya adalah dengan mengajukan permohonan aktivasi akun yang telah ditangguhkan tersebut.

Kamu wajib mengirimkan permohonan ke pihak Instagram untuk memulihkan akun tersebut. Dalam kasus ini, nasib akun kamu ada di tangan pihak Instagram. 

Pihak Instagram memiliki kewenangan penuh untuk mengaktifkan atau tidak. Tidak ada cara lain selain mengajukan permohonan pengembalian akun tersebut. Pengajuan akun yang ditangguhkan hanya bisa dilakukan apabila akun memang benar-benar ditangguhkan. 

Ciri akun yang ditangguhkan adalah mendapatkan pesan akun telah dihilangkan karena melakukan pelanggaran. Pesan tersebut muncul ketika kamu akan masuk (login) ke akun Instagram kamu.

Cara mengembalikan akun Instagram yang ditangguhkan di HP dan PC sama prosedurnya. Berikut adalah cara mengembalikan akun yang telah ditangguhkan oleh pihak Instagram.

Buka web browser.

Buka website Help Center Instagram halaman pengajuan aktivasi akun yang ditangguhkan.

https://help.instagram.com/contact/606967319425038

Silakan isi semua kolom yang tersedia.

Isi Full Name, Your Email, Your Instagram Username, dan Your Mobile Number.

Isi semuanya dengan informasi yang benar dan sesungguhnya.

Kamu juga bisa mengisi tambahan detail yang diperlukan.

Jika kamu mengisinya, pastikan gunakan kalimat yang ramah dan tidak menyalahkan pihak IG. Memintalah dengan kerendahan hati bukan dengan ancaman atau hinaan.

Periksa dan jika sudah mantap, klik saja Send.

Permohonan akan dikirimkan ke Instagram.

Apabila permohonan disetujui, maka kamu bisa kembali menggunakan akun Instagram tersebut.

Silakan masuk ke sana untuk memakainya kembali.

Berapa waktu yang diperlukan agar pengajuan mendapatkan persetujuan atau mendapatkan respons dari pihak Instagram? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut memang tidak akan memuaskan siapapun. Tidak terdapat semacam standar atau batas waktu yang ditetapkan untuk menyetujui pengajuan yang dibuat.

Artinya, kamu mungkin harus menunggu lama sampai pihak Instagram memberikan respons. Permohonan pengajuan aktivasi akun yang ditangguhkan bisa kamu lakukan berkali-kali sampai pihak Instagram memberi keputusan. Pastikan kamu melakukan berjarak dan tidak memaki pihak Instagram.

Cara menghapus akun Instagram permanen dan sementara ternyata tidak sulit dan tidak memerlukan persyaratan apapun. Hati-hati, jangan sampai kamu menghapus akun Instagram secara permanen tanpa mengetahui konsekuensinya. Matikan sementara jika di kemudian hari masih ingin menggunakan IG.

Baca Juga Artikel Lainnya :

SaveFrom IG – Review Download Video Instagram No Watermark

121+ Saran Bio IG Aesthetic Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp 2023

Cara Hack WA Jarak Jauh 2023 Tanpa Scan Barcode dan Ribet

Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video Yang Mudah

Cara buat grup di IG (Instagram) Paling Mudah Terbaru 2023

The post Cara Menghapus Akun Instagram Permanen (IG) Lewat HP 2023 appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search