Cara Membuat Google Form Gratis & Menarik di HP dan Laptop

November 3, 2023

Cara Membuat Google Form – Saat ini, Google memang sudah memiliki banyak sekali layanan dan juga fitur. Salah satu layanan dan juga fitur yang aplikasi satu ini miliki adalah Google Form. Pasti sudah pernah mendengar atau bahkan tahu dengan layanan satu ini kan?

Ada banyak sekali hal yang dapat layanan satu ini lakukan. Misalnya saja saja untuk pendidikan. Ada banyak sekali guru yang menjadikan fitur satu ini sebagai platform bagi para siswanya mengerjakan soal ujian. Bahkan, orang-orang yang mau melakukan survey juga banyak yang menggunakan layanan ini.

Maka dari itu, wajib sekali rasanya mengetahui bagaimana cara membuat Google Form. Bagi yang memang merasa ingin tahu, silahkan langsung simak saja semua tutorial nya di bawah ya.

Syarat Membuat Google Form Gratis

Sebelum mulai beralih ke tutorialnya, ayovaksindinkeskdi.id terlebih dahulu memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa membuatnya. Jika satu saja tidak terpenuhi, tentu saja proses pembuatan Google Form ini tidak akan berhasil ya.

1. Akun Google

Semua orang sepertinya sudah sangat tahu sekali dengan yang namanya akun Google ya. Pasalnya, hampir semua orang pasti memilikinya, terutama yang menggunakan perangkat Android.

Untuk menjalankan tutorial cara membuat Google Form, buat dulu akun Google ya jika memang belum memilikinya. Jika tidak, sudah pasti kamu tidak akan bisa mulai membuat google form.

Ini memang disebabkan karena akun Google adalah syarat mutlak dari pembuatan google form ya. Cara membuat akun Google sangat mudah kok. Jadi, tidak perlu merasa khawatir.

2. Laptop Atau Smartphone

Syarat selanjutnya adalah, kamu bisa menggunakan laptop atau smartphone. Jadi, tidak harus menggunakan laptop ya. Jika kamu hanya memiliki smartphone saat ini, kamu tetap bisa menjalankan tutorial cara membuat google form.

Baca Juga:  Cara Memakai Sumpit Untuk Pemula Yang Benar Dengan Mudah!

Begitu juga sebaliknya. Kamu tetap bisa membuat Google Form walaupun kamu saat ini hanya memiliki perangkat laptop saja. Jadi, tidak ada keharusan terkait masalah perangkat ya.

Silahkan langsung pilih saja perangkat mana yang lebih disukai. Setelah itu, buka saja aplikasi Google Chrome di laptop atau smartphon yang kamu punya saja. Dan mulai lakukan tutorialnya ya.

Cara Membuat Google Form Di Laptop

Bagi yang ingin menggunakan perangkat laptop dalam membuat Google Form, silahkan langsung baca dan ikuti saja cara membuat Google Form yang ada di bawah ini ya. Pastikan tidak ada langkah yang terlewat.

Buka laptop lalu masuk saja ke aplikasi Google Chrome yang ada.

Setelah itu, jangan lupa untuk langsung login ke akun Google yang ada.

Berikutnya, langsung klik saja ikon titik 9 yang ada di sudut kanan atas halaman. Lalu, tinggal scroll saja ke paling bawah hingga menemukan opsi Form ya.

Atau, kamu juga bisa langsung mencari link-nya dengan kolom pencari. Link-nya adalah “docs.google.com“.

Setelah itu, silahkan langsung klik saja “dokumen kosong” yang ada tulisan Baru.

Masukkan judulnya sesuai dengan yang kamu mau.

Setelah itu, silahkan tambahkan saja beberapa pertanyaan yang ingin ditanyakan melalui Gform ini.

Untuk jenis pertanyaannya silahkan langsung pilih sesuai dengan keinginan saja. Ada yang pilihan ganda, essay, dan lain sebagainya.

Silahkan klik opsi “tambah” jika memang ingin menambahkan pertanyaan.

Jika sudah, silahkan langsung klik opsi Kirim saja. Pilih saja metode pengiriman apapun, bisa menggunakan email atau bahkan link.

Kalau sudah membuat Gfrom serta mengirimnya, sekarang langsung tunggu saja jawabannya. Jika sudah masuk, kolom jawaban akan langsung terisi.

Baca Juga:  Nonton Film Critical Eleven (2017) Full Movie Subtitle Indonesia HD

Cara Membuat Google Form Di HP

Begitu sudah tahu cara membuat di laptop, sekarang cari tahu juga cara membuat Google Form di hp ya. Bagi yang mau tahu, silahkan langsung simak dan ikuti saja tutorial yang ada di bawah ini.

Sama seperti sebelumnya, masuk saja ke aplikasi Google Chrome yang ada di ponselmu.

Setelah itu, tinggal langsung cari saja link “docs.google.com” dan tunggu saja hingga halamannya berhasil termuat dengan sempurna.

Setelah itu, langsung klik opsi dokumen baru saja.

Setelah itu, silahkan langsung buat saja pertanyaan-pertanyaannya.

Untuk pertanyaan, silahkan tentukan ingin membuat pertanyaan jenis apa. Di layanan ini, berbagai pertanyaan tersedia, seperti pilihan ganda, essay, bahkan gambar sekalipun.

Tinggal tekan opsi berlogo plus aja jika ingin menambah pertanyaan.

Jika mau, silahkan geser saja toggle “wajib diisi” agar para partisipan tidak bisa menyelesaikan sesinya kalau tidak mengisi pertanyaan tersebut.

Kalau sudah selesai menuliskan semua pertanyaan, tinggal share saja form-nya dengan cara klik opsi “Kirim“.

Untuk metode pengirimannya bisa langsung melalui email atau menggunakan link-nya.

Terakhir, tunggu saja jawabannya. Jika ada yang masuk, jawabannya akan muncul di laman “Jawaban“.

Silahkan pilih saja ingin menggunakan cara membuat google form yang mana ya. Semua caranya, baik yang menggunakan laptop atau yang menggunakan hp, sama-sama recommended.

Artikel Tutorial Lainnya :

Cara Menghubungkan HP ke TV Langsung Tanpa Kabel 2023

Cara Melihat Live Instagram di PC & HP Tanpa Ketahuan

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri di HP Tanpa Laptop

Cara Menggunakan Template CapCut Tanpa Watermark Gratis

The post Cara Membuat Google Form Gratis & Menarik di HP dan Laptop appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search