Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2023 Beserta Syaratnya

November 9, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Tidak terasa sebentar lagi akan tiba bulan Ramadhan, yang mana setelah bulan ramadhan umat muslim akan merayakan Hari raya Idul Fitri. Hari raya ini sangat identik dengan istilah mudik yang sering orang-orang lakukan. Nah untuk yang ingin melaksanakan mudik mengetahui beberapa program mudik gratis dan juga Cara Daftar Mudik Gratis tahun ini.

Banyak sekali lembaga ataupun instansi yang mengada program mudik gratis. Khususnya untuk para masyarakat yang kurang mampu, agar bisa merasakan mudik secara gratis. Tentunya seluruh program yang diadakan ini memiliki syarat dan juga ketentuannya.

Untuk yang penasaran apa saja program mudik gratis yang tersedia pada tahun 2023 ini? Terus simak tutorial ini, karena saat ini kami akan memberikan banyak informasi mengenai program mudik gratis. Yang mana seluruh informasi lengkapnya bisa pembaca simak di bawah ini.

Syarat Dan Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Yang Wajib Diketahui

Bulan maret umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Yang mana Bulan ramadhan ini merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Karena setelah menjalankan puasa selama 30 hari, para umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Biasanya momen perayaan ini banyak yang menggunakan untuk kumpul bersama keluarga. Baik itu dengan keluarga yang bertempat tinggal dekat maupun keluarga yang berada pada luar kota. Apalagi untuk para perantau akan sangat menunggu momen lebaran atau Hari Raya Idul Fitri ini.

Lebaran merupakan salah satu momen yang tidak lepas dari kata mudik. Mudik merupakan suatu istilah yang mana para perantau kembali ke kampung halamannya. Para pemudik akan berkumpul bersama dengan keluarga pada momen lebaran ini. Melakukan kegiatan pulang kampung ini merupakan salah satu hal yang menggembirakan.

Tetapi jangan khawatir untuk yang tidak memiliki biaya untuk kembali ke kampung halaman saat lebaran tiba. Ada beberapa instansi sekarang ini mengada program mudik gratis. Yang mana program ini akan membantu para masyarakat yang tidak memiliki biaya cukup untuk pulang kampung.

Baca Juga:  Amalan Hari Jumat Bagi Wanita untuk Mendapat Pahala

Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau ada program mudik gratis sekarang. Nah untuk yang ingin tahu lebih lengkap mengenai program mudik gratis ini, bisa terus menyimak pembahasan di bawah ini. Akan berisikan penjelasan lengkap mengenai syarat dan juga cara daftar Mudik Gratis 2023.

Kalau begitu langsung saja, berikut ini merupakan beberapa instansi yang menyediakan program mudik gratis yang wajib pembaca ketahui. Tidak lupa tersedia juga penjelasan seputar mudik gratis yang bisa pembaca temukan.

Cara Daftar Mudik Gratis Dari Alfamart

Instansi pertama yang mengadakan program mudik gratis adalah Alfamart. Nah Alfamart ini memberikan beberapa tiket untuk mudik kepada beberapa orang yang beruntung. Menyediakan mudik melalui darat dan juga udara dengan tujuan yang sangat beragam.

Untuk mengikuti program ini, para calon pemudik harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Berikut ini merupakan syarat yang harus dilengkapi oleh calon pemudik gratis :

Program mudik gratis hanya ada pada daerah Jabodetabek.

Harus melakukan pembelian beberapa produk sponsor dengan minimal jumlah 3 produk dengan jumlah nominal Rp100.000 khusus member alfamart.

Setelah melakukan pembelian akan mendapatkan 1 start dan bisa menukarkannya dengan 1 tiket. Tukarkan melalui aplikasi alfagift, dengan peraturan sebagai berikut :

3 start akan mendapatkan 1 tiket bus

6 start akan mendapatkan 1 tiket pesawat

Untuk cara pendaftarannya sendiri cukup mudah, hanya dengan menggunakan beberapa langkah di bawah ini :

Calon pemudik gratis perlu melakukan pengisian data yang dibutuhkan. Pengisian ini bisa calon pemudik lakukan pada link yang nantinya tersedia dengan durasi waktu pengisian adalah 7×24 jam.

Pendaftaran ulang akan dimulai pada tanggal 29 Maret 2023, jika tidak melakukan konfirmasi maka akan dinggap tidak mengikuti program.

Baca Juga:  Memori Penuh? Cara Hemat Memori Android Terbukti Ampuh

Jika mendapatkan tiket bus harus datang pada titik keberangkatan. Yaitu pada Museum Purna Bakti TMII (DKI Jakarta) pada tanggal 18 April 2023.

Nantinya untuk pemudik yang menggunakan Pesawat, tiketnya akan pihak alfamrt kirimkan melalui Whatsapp dan langsung pergi menuju bandara.

Calon pemudik akan mendapatkan uang saku, kaos dan juga goodie bag dari pihak penyelenggara program mudik gratis ini.

Syarat Beserta Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Selanjutnya ini merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan program mudik gratis. Yap Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program mudik gratis untuk masyarakat umum. Untuk melakukan pendaftaran, masyarakat bisa langsung saja mendaftarkan diri melalui website resmi kemenhub dengan URL https://mudikgratisdephub.go.id.

Dikabarkan pendaftaran mudik gratis ini dimulai pada bulan februari tahun 2023. Untuk yang ingin melakukan pendaftaran, bisa menyimak cara daftar Mudik Gratis Kemenhub di bawah ini :

Peserta haru mendaftarkan diri melalui website resmi dengan URL https://mudikgratisdephub.go.id.

Setelah itu calon peserta juga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

Setelah mendaftar secara online bisa terus melakukan kegiatan verifikasi pada kantor Kementrian Perhubungan . Yang beralamat pada Jl. Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat.

Verifikasi bisa peserta lakukan mulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB.

Melakukan verifikasi paling lambat tiga hari setelah peserta melakukan pendaftaran online. Kalau sudah melewati waktu tersebut peserta dianggap gagal untuk mengikuti mudik.

Untuk melakukan verifikasi peserta harus membawa beberapa kartu identitas. Seperti KTP, Kartu Keluarga, SIM atau lain sebagainya.

Nantinya jika ingin mengetahui informasi lain bisa langsung saja hubungi call center kemenhub.

Nomor telepon : 021 151 / 151

Facebook : kemenhub151

Twitter : @kemenhub151

e-mail : info151@dephub.go.id

Cara Daftar Mudik Gratis Matahari Beserta Syarat

Tidak ketinggalan Matahari Mall juga menyediakan program mudik gratis bagi para pelanggan setianya. Program ini akan dimulai tanggal 5 Februari 2023 hingga 28 Februari 2023. Tidak tanggung-tanggung Matahari Mall juga sudah menyiapkan jumlah tiket yang sangat banyak, yaitu 934 tiket.

Baca Juga:  Kora TV Live Streaming Piala Dunia Bola Indonesia, Gratis!

Untuk yang ingin melakukan pendaftaran bisa melihat beberapa caranya melalui aplikasi resmi matahari, atau lihat penjelasan yang ada di bawah :

Harus melakukan kegiatan belanja pada seluruh gerai Matahari Mall Indonesia baik offline maupun online.

Bisa melakukan pendaftaran melalui Aplikasi Matahari dengan melengkapi seluruh data diri.

Setelah itu bisa menukarkan tiket pada www.mataharimudik.com dan juga bisa melalui email.

Langsung saja memilih tiket > kota tujuan > akan dapatkan nomor tiket. Dengan catatan jika nomor tiket sudah habis maka peserta gagal mendapatkan nomor tiket tersebut.

Tentunya yang akan mendapatkan tiket apabila sudah memenuhi syarat :

Harus melakukan belanja dengan menggunakan salah satu program belanja Matahari Mall, yaitu Matahari Reward Member selama masa periode yang berlaku.

Sudah berbelanja dengan akumulasi satu bulan 1 juta (bisa mendapatkan tiket bus), pembelanjaan 2 juta (untuk tiket pesawat).

Satu peserta akan mendapatkan tiket paling banyak 4 (untuk bus) dan juga 2 tiket (untuk pesawat).

Dengan mengetahui cara daftar mudik gratis diatas semoga kalian bisa terbantu ya. Dan sampai disinilah pembahasannya, sekian terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Daftar Lengkap Jadwal Libur Tahun 2023 Resmi Pemerintah

Aplikasi Cek Bansos PKH, Prakerja, BSU, BLT Kemensos 2023

Daftar Hari Kejepit 2023, Diusulkan Untuk Jadi Libur Nasional

18 Februari Memperingati Hari Apa Di Indonesia Tahun 2023

Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama (Arab, Latin, dan Artinya)

The post Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2023 Beserta Syaratnya appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search