Cara Atasi iPhone Tidak Bisa di Cas saat Hidup (Keadaan Mati)

December 8, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Intip cara atasi iPhone tidak bisa di cas berikut ini. Pernah mengalami ponsel iPhone mu tidak bisa dicas karena cairan atau terkena air? Jika pernah Anda perlu cek masalahnya dan cara mengatasinya di artikel ini.

Baterai sebagai komponen penting di iPhone kerap mengalami masalah. Terkadang dayanya semakin berkurang saat dicas atau bahkan tidak mau diisi sama sekali.

Ada beberapa alasan yang membuat baterai iPhone tidak mau dicas. Salah satunya adalah penggunaan perangkat tiruan yang tidak sesuai dengan standar yang dipakai perusahaan Apple.

Ilustrasi iPhone (Pixabay/Jan Vasek).

Selain itu, masalah kebersihan baik port charger maupun konektor juga bisa memberikan efek yang sama. Jika komponen tersebut kotor, maka proses pengisian baterai pada iPhone dapat terganggu.

Lalu gimana sih cara atasi iPhone tidak bisa dicas? Jika Anda menghadapi masalah tersebut, jangan lewatkan artikel ini ya!

Cara Mengatasi iPhone yang Tak Bisa di Cas

Gunakan charger bawaan

Dalam mengatasi masalah baterai yang tak mau dicas, Anda harus memastikan menggunakan charger bawaan. Hal ini karena barang tiruan bisa merusak ponsel yang Anda miliki.

Namun bila sudah terlanjur menggunakan yang tiruan, cara atasi baterai iPhone tidak bisa dicas adalah dengan memakai pengisi daya yang memiliki kapasitas yang sama dengan barang asli.

Saat kapasitas yang tidak sesuai digunakan, ini dikhawatirkan dapat mengganggu proses pengisian daya. Biasanya, waktu yang dibutuhkan juga semakin lama dari yang seharusnya karena perbedaan arus listrik.

Cek adaptor dan kabel USB

Cara kedua dalam mengatasi masalah baterai yang tidak mau diisi ulang adalah dengan melakukan pengecekan pada adaptor dan kabel USB charger. Pastikan kedua komponen tersebut tidak kendor atau rusak.

Baca Juga:  Ide Usaha Sampingan Di Rumah Untuk Karyawan Modal Kecil

Selain itu, pastikan pula adaptor tidak mengeluarkan percikan besar ketika dicolokkan ke stop kontak. Keluarnya percikan api bisa menjadi tanda bahwa kondisi adaptor mengalami kerusakan.

Bila Anda melihat tanda-tanda ini, sebaiknya segera ganti dengan charger baru agar proses pengisian daya menjadi lebih aman dan optimal.

Periksa kondisi stop kontak

Cara yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengecekan kondisi stop kontak. Bisa saja iPhone yang tidak bisa dicas karena terkendala masalah stop kontak yang rusak.

Anda bisa mengeceknya dengan cara mencolokkan pengisi daya lain. Bila seluruh perangkat charger yang digunakan tidak mengalirkan alur listrik, berarti stop kontak yang Anda mengalami kerusakan.

Stop menjalankan aplikasi berat

Saat iphone tak bisa dicas, hal ini mungkin terjadi karena Anda menjalankan aplikasi berat secara bersamaan, misalnya mengedit video sambil membuka media sosial.

Diketahui saat menggunakan aplikasi berat, iPhone Anda bekerja lebih keras dan ini menyebabkan adanya peningkatan suhu. Maka tak heran bila smartphone Anda menjadi panas. Sayangnya ketika suhu meningkat, proses pengisian daya akan berhenti sementara. Oleh karena itu, berhenti menjalankan aplikasi berat disarankan untuk mengatasi masalah baterai yang tidak mau dicas.

Rutin membersihkan port dan charger iPhone

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, masalah kebersihan komponen juga bisa berpengaruh pada proses pengisian daya ulang baterai. Kotoran ini bisa berupa debu atau cairan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab dimulai dari seri iPhone Xs ke atas, Apple membekali perangkatnya dengan fitur yang dapat mendeteksi cairan pada sebuah port atau konektor.

Saat cairan terdeteksi, iPhone secara otomatis akan menampilkan peringatan bahwa pengisian daya tidak bisa digunakan sebelum port atau colokan dikeringkan. Mengutip dari situs resmi Apple, Anda bisa menghilangkan kotoran dari konektor atau port dengan mengelapnya menggunakan kain lembut.

Baca Juga:  Link Nonton Film Hidayah (2023) Full Movie Sub Indo Gratis

Itulah deretan cara atasi iPhone tidak bisa di cas. Jika masalah masih belum bisa diatasi, maka segera bawa perangkat iPhone ke service center terpercaya untuk dilakukan proses pengecekan lebih lanjut. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Sinyal HP Yang Hilang Di Semua Tipe Android

Bacaan Niat Mandi Haid Dan Tata Caranya Dalam Bahasa Arab

Cara Aktivasi Office 2013 Windows 7 64 Bit Dengan CMD

Resetter Epson L360 Windows 10 Free + Cara Reset Printer

Cara Cairkan Saldo JKP BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023: Syarat & Cara Daftar

Cara Cek Bantuan UMKM 2023 Lewat HP + Mendapatkannya

The post Cara Atasi iPhone Tidak Bisa di Cas saat Hidup (Keadaan Mati) appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search