Batas-batas Benua Asia: Profil, Proses Terbentuk, Karakteristik Dll

November 19, 2023

Benua Asia merupakan benua yang paling luas di muka bumi ini. Batas-batas Benua Asia yang akhirnya mengelompokkan berbagai wilayah negara di Benua Asia menjadi beberapa bagian. Selain itu, Benua Asia juga memiliki beberapa karakteristik yang tidak dimiliki oleh benua lainnya. 

Di dunia ada tujuh jenis benua, yaitu Benua Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, Antartika dan Eropa. Benua merupakan bagian bumi yang berupa daratan sangat luas sehingga pada bagian tengahnya tidak memperoleh pengaruh angin laut secara langsung. 

Batas-batas Benua Asia dengan benua lainnya akan dibahas lebih lanjut di artikel kali ini. Tidak hanya itu, ada banyak pembahasan lain mengenai karakteristik hingga proses terbentuknya Benua Asia dengan lengkap. 

Profil Benua Asia 

Asia adalah salah satu benua yang paling luas dan memiliki populasi paling padat dengan wilayah yang melingkup hingga 8,7 persen permukaan bumi dan mencakup dari 50 negara paling besar. Bahkan kurang dari 60% populasi yang ada di dunia berada di Benua Asia. 

Benua Asia dan Benua Eropa terhubung melalui darat dan keduanya membentuk benua raksasa yang dinamakan sebagai Eurasia. Batas-batas Benua Asia dan Eropa sangat kabur. Hal ini yang membuat beberapa negara, salah satunya Turki yang termasuk Benua Asia biasa juga dikategorikan Benua Eropa. 

Benua Asia yang menjadi benua paling luas di dunia dibandingkan benua lainnya terbagi menjadi beberapa wilayah, yaitu Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara. 

Batas-batas Benua Asia 

Benua Asia memang memiliki wilayah cukup luas dibandingkan dengan benua lainnya. Letak astronomis dari benua Asia adalah pada area 11º Lintang Selatan hingga 77º Linta Utara dan 26º Bujur Timur hingga 169º Bujur Barat. 

Setelah mengetahui letak astronomis dari Benua Asia dapat dikatakan bahwa Benua Asia memiliki letak geografis yang cukup strategis. Hal ini dikarenakan Benua Asia terletak antara dua benua dan dua samudra. 

Letak dan batas-batas Benua Asia pastinya telah kamu ketahui dalam pelajaran bangku sekolah dulu. Namun untuk menyegarkan kembali ingatan tersebut, berikut ini adalah letak geografis dari Benua Asia dan perbatasannya: 

Bagian barat Benua Asia terhubung dengan Benua Eropa dibatasi langsung oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Ural, Laut Merah, Laut Marm, Laut Tengah dan Terusan Zues. 

Bagian timur Benua Asia dibatasi oleh Samudra Bering dan Samudra Pasifik. 

Bagian selatan Benua Asia dibatasi oleh Samudra Australia dan Benua Hindia. 

Sedangkan bagian utara Benua Asia dibatasi oleh Samudra Arktik. 

Proses Terbentuknya Benua Asia 

Menurut penelitian para ahli, benua yang saat ini ada di muka bumi berasal dari satu benua dan satu lautan yang luas. Satu benua yang luas tersebut disebut dengan Benua Pangea dan Laut Panthalassa. Hingga 200 juta tahun yang lalu, satu benua ini pecah menjadi dua benua besar, yaitu Laurasia dan Gondwana. 

Baca Juga:  Tic Tac Toe Google Game Online 2 Player Impossibe Win 2023

Bagian barat Benua Laurasia kemudian bergerak menuju arah utara sehingga membentuk Benua Amerika utara. Kemudian bagian selatan Benua Gondwana terpecah menjadi beberapa benua yang bagian baratnya kini membentuk Benua Amerika Selatan sedangkan bagian lainnya membentuk Benua Afrika. 

Sedangkan Benua Asia dan Eropa terbentuk dari bagian Eurasia. Dan Benua Australia merupakan pecahan benua lainnya yang bergerak menuju timur. Batas-batas Benua Asia dengan Benua Eropa yang saat ini bisa kamu lihat dan telah dijelaskan padan perbatasan bagian barat di atas. 

Karakteristik Benua Asia 

Semua benua yang ada di dunia pada dasarnya memiliki karakteristik sendiri. Hal ini tentu saja dikarenakan letak astronomis dan geografis benua-benua tersebut yang akhirnya membuat lingkungan dari wilayah benua tersebut memiliki ciri khas tersendiri. 

Batas-batas Benua Asia yang telah disebutkan di atas membuat banyak wilayah memiliki lingkungan yang berbeda. Hal ini juga termasuk dalam karakteristik Benua Asia yang akan disebutkan dengan jelas berikut ini: 

1. Benua Terluas di Dunia 

Benua Asia adalah benua yang memiliki daratan luas di dunia. Hampir sepertiga daratan yang ada di muka bumi ada di Benua Asia. Bahkan luas dari Benua Asia saja diperkirakan mencapai 43.998.920 km². Bahkan Benua Asia dianggap 4,5 kali lebih luas dari Benua Eropa yang diperkirakan memiliki luas 10,18 km². 

Karena sangat luas, Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah. Apa saja batas-batas Benua Asia antar wilayah telah disebutkan di atas, yakni Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Utara dan Asia Tengah. 

Dan Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam Asia Tenggara dengan negara terdekat lainnya, yaitu Malaysia, Singapura Thailand, Laos, Vietnam, Filipina, Myanmar, Timor Leste, Kamboja dan Brunei Darussalam. 

2. Memiliki Lima Pembagian Iklim 

Karena Benua Asia memiliki wilayah yang sangat luas dan letak astronomis dan geografis yang beragam, benua ini memiliki iklim hingga mencapai lima iklim berbeda dari berbagai wilayah meskipun masuk dalam satu benua. 

Batas-batas yang ada di Benua Asia tidak hanya membatasi wilayah berbagai negara dan politik saja tetapi juga terdapat perbedaan iklim yang berbeda. Pada Benua Asia ada lima iklim yang ada di berbagai wilayah berikut ini: 

Iklim Dingin 

Salah satu iklim yang ada di Benua Asia adalah iklim dingin. Iklim satu ini dapat ditemukan di berbagai wilayah Asia Utara terutama yang ada di Daratan Siberia. Iklim pada wilayah tersebut dapat disebut juga dengan iklim kontinental kutub.  

Wilayah ini disebut memiliki iklim yang dingin karena musim dingin yang dialami lebih panjang dibandingkan dengan musim pendek. Sehingga masyarakat yang berada di sana telah beradaptasi untuk bertahan hidup dalam cuaca yang dingin lebih panjang. 

Baca Juga:  Perbedaan Haji dan Umroh Yang Wajib Diketahui Agar Mabrur

Iklim Kontinental 

Batas-batas Benua Asia juga membedakan iklim berbagai wilayah. Salah satu iklim yang ada dalam Benua Asia adalah iklim kontinental. Iklim ini biasa disebut juga dengan iklim darat dan ditemukan pada wilayah Asia Tengah dan Cina Barat Laut. 

Wilayah ini dapat dikatakan memiliki musim panas yang cukup panjang sehingga daerah yang ada di dalamnya cukup kering. Iklim ini terdapat dalam wilayah di daerah Gurun Gobi yang berada di Cina. 

Iklim Subtropis Basah 

Batas Benua Asia juga memiliki berbagai iklim yang berbeda. Salah satu iklim yang ada dalam Benua Asia adalah iklim subtropis basah. Wilayah yang memiliki iklim ini adalah wilayah yang ada pada Cina Timur dengan garis Lintang Utara 250º hingga Lintang Utara 350º. 

Jenis iklim subtropis basah membuat wilayah yang memilikinya banyak turun hujan yang cukup sering. Curah hujan yang tinggi ini dipengaruhi oleh adanya angin muson tenggara dan Samudra Pasifik sehingga terciptanya iklim subtropis basah. 

Iklim Tropis Basah 

Batas-batas geografis Benua Asia juga menjadikan beberapa wilayah memiliki iklim tropis basah. Jenis iklim ini dapat kamu temukan di berbagai wilayah yang berada di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Wilayah yang memiliki iklim ini biasanya mempunyai curah hujan yang tinggi. 

Menurut penelitian curah hujan pada wilayah yang memiliki iklim tropis sekitar 1.000 hingga 2.000 mm per tahunnya. Iklim tropis ini juga dipengaruhi oleh adanya angin muson yang mengakibatkan wilayah tersebut memiliki musim hujan dan musim kemarau. 

Indonesia menjadi salah satu wilayah dengan iklim tropis basah. Pada saat musim kemarau kamu pasti mengalami panas yang cukup terik sedangkan saat musim hujan terdapat daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi sehingga menjadi banjir. 

Iklim Gurun 

Batas-batas Benua Asia juga memiliki wilayah dengan iklim gurun. Jenis iklim ini memiliki sifat yang kering sehingga curah hujan sangatlah rendah, yaitu hanya 250 – 220 mm per tahun. Iklim gurun ini bisa terjadi karena ada pengaruh angin yang berasal dari wilayah gurun kering. 

Wilayah yang memiliki iklim ini bisa kamu temukan di wilayah Asia Barat, terutama daerah di Jazirah Arab dan Asia Tengah yang ada disekitar Gurun Robi. 

3. Terdapat Gurun Pasir dan Laut yang Luas 

Batas-batas Benua Asia meliputi beberapa wilayah yang akhirnya terbagi menjadi beberapa bagian dari Benua Asia itu sendiri. Selain memiliki wilayah yang cukup banyak, karakteristik dari Benua Asia adalah memiliki daerah gurun pasir dan laut yang cukup luas. 

Baca Juga:  Download GCam Loader Apk Mod 2023 (IPhone & Android)

Ada banyak daerah gurun pasir yang bisa kamu temukan di Benua Asia. Gurun pasir tersebut adalah Gurun Gobi, Taklamakan dan Ordos. Gurun pasir tersebut cukup terkenal di dunia dan bahkan sering muncul di berbagai film terkenal. 

Selain memiliki gurun pasir yang cukup luas, Benua Asia juga memiliki karakteristik sebagai benua yang mempunyai wilayah laut cukup luas. Laut yang termasuk dalam Benua Asia adalah Laut Cina Selatan. 

4. Populasi Terbanyak 

Salah satu karakteristik dari batas-batas Benua Asia yang sudah disebutkan di atas adalah populasi yang dimiliki terbanyak di dunia. Hingga kini tercatat bahwa jumlah populasi yang ada dalam Benua Asia mencapai kurang lebih 4 miliar jiwa. 

Karena hal tersebut, Benua Asia dinobatkan sebagai benua yang memiliki populasi terbesar di dunia. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari adanya negara yang memiliki jumlah populasi terbanyak berada dalam wilayah Benua Asia. 

Negara yang memiliki populasi terbesar dan termasuk dalam bagian dari Benua Asia adalah negara Indonesia, Cina, India, Pakistan dan Bangladesh. 

5. Sering Mengalami Gempa Bumi 

Setelah menyebutkan batas-batas Benua Asia di atas, mari simak beberapa karakteristik dari Benua Asia itu sendiri. Salah satu karakteristik dari Benua terbesar di dunia ini adalah sering mengalami adanya gempa bumi. 

Mengapa bisa begitu? Karena Benua Asia memiliki kawasan gunung berapi dan lautan yang cukup luas dibandingkan dengan benua lainnya. Gempa bumi di wilayah Benua Asia hampir tersebar di berbagai titik wilayah. 

Salah satu negara yang berada di Benua Asia dan memiliki gempa bumi cukup sering adalah Jepang. Bahkan Indonesia juga memiliki beberapa wilayah yang sering mengalami gempa bumi cukup banyak dibandingkan dengan wilayah lainnya. 

6. Terdapat Gunung atau Puncak Tertinggi di Dunia 

Saat ini gunung yang memiliki puncak tertinggi terdapat di Benua Asia. Kamu pasti tahu nama gunung tersebut. Gunung Everest yang terletak di perbatasan Nepal dan Tiongkok ini menjadi puncak gunung yang tertinggi di dunia dan berada di wilayah Benua Asia. 

Itu tadi adalah informasi mengenai batas-batas Benua Asia yang menjadi benua paling luas di dunia dan Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam bagian Benua Asia pada bagian Asia Tenggara beserta dengan negara terdekat lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Letak Astronomis Benua Asia: Krakteristik, Bentuk, Batas Benua

Karakteristik Benua Asia dan Bagian-Bagiannya Secara Lengkap

Letak Indonesia Secara Astronomis Geografis dan Pengaruhnya

Letak Astronomis Indonesia (Pembahasan Lengkap) Penting!!!

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia Melalui Hubungan…

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambarnya

The post Batas-batas Benua Asia: Profil, Proses Terbentuk, Karakteristik Dll appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search