Apa itu Fitur Reels Instagram 2023 dan Cara Menggunakan

November 21, 2023

Ayovaksindinkeskdi.id – Fitur reels Instagram disebut tidak bisa kalahkan TikTok, benarkah? Apa yang menyebabkan fitur reels Instagram tertinggal jauh dari TikTok. Ayovaksindinkeskdi akan memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Termasuk kelemahan-kelemahan pada fitur reels Instagram atau IG.

Instagram menyatakan “perang” dengan Tiktok setelah meluncurkan fitur baru di aplikasinya yaitu reels. Head instagram sendiri bilang bahwa Instagram tidak fokus lagi terhadap foto sharing melainkan lebih fokus ke video sharing. Adam Mosseri juga mengatakan Tiktok berada didepan karena fitur dari reels Instagram masih banyak kekurangannya.

Kelemahan Reels Instagram dari TikTok

Berikut beberapa kelemahan yang dimiliki reels Instagram dibanding dengan TikTok :

1. Format Share

TikTok menjadi sebesar sekarang karena aplikasi TikTok memperbolehkan kepada para penggunanya untuk mendownload video dan menyebarluaskan diplatform lain. Hal ini tidak dimiliki di fitur reels Instagram.

2. Watermark Aplikasi

Fitur ini saat didownload tidak memiliki watermark dalam video. Sedangkan TikTok dengan brandingnya yang kuat,  terdapat logo TikTok yang muncul saat divideo. Walaupun awal kehadirannya di Indonesia dianggap alay, namun saat banyak video yang lucu dan viral ditiktok banyak masyarakat yang tertarik dan mendownload aplikasi ini.

3. Kecocokan Algoritma

Algoritma TikTok lebih bisa membaca isi pikiran dari para pengguna karena dari video yang sering dilihat dan disukai pengguna. Sedangkan reels IG, sering memunculkan video random yang kita sendiri tidak pernah berinteraksi dengan topik tersebut.

Popularitas TikTok Lebih Tinggi dari Reels IG

Beberapa tahun belakangan popularitas instagram tertandingi dengan TikTok. TikTok sendiri adalaah aplikasi yang berspesialisasi video-video pendek. Kemudian Instagram mengikuti dengan merilis fitur reels. Namun, reels IG jauh rating dari tiktok dan sepi peminat.

Baca Juga:  Contoh Konjungsi Temporal atau Kronologi Tidak SederajatF

Bedasarkan riset internal dari Meta Platform Inc yang dipublikasi pada bulan Agustus 2022. Pengguna yang menghabiskan waktu di reels IG hanya 17,6 juta jam dalam sehari. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan TikTok, yaitu 197,8 juta dalam sehari yang berarti 10 kali lipat dari pengguna reels IG.

Tak hanya dari durasi penonton video yang terbilang kecil dan cukup jauh. Keterlibatan para pengguna reels di Instagram menurun sebanyak 13,6 persen. Dikabarkan dalam riset internal menyatakan bahwa sebagian besar para pengguna reels IG tidak memiliki keterlibatan sama sekali dalam pembuatan konten.

Dikabarkan dari berita lain, saat ini sekitar 11 juta kreator konten di Amerika Serikat hanya sekitar 2,3 juta saja yang posting video di reels Instagramnya setiap bulan. Hampir sepertiga video di reels IG dibuat di TikTok karena ada watermark khasnya.

Supaya tidak tertinggal dari Tiktok, Instagram memperluas alat dengan memberikan fitur layar hijau green screen serta layar terpisah baik secara vertikal maupun horizontal. Selain itu Instagram kini mengizinkan merekam video dengan kamera depan dan belakang secara sekaligus.

Instagram juga memperbolehkan remix untuk menyatukan banyak foto kedalam reels. Bagi para pengguna, reels IGjuga menyediakan template yang bisa diisi dengan video dan foto. Fitur ini juga memudahkan pengguna agar tidak perlu repot mengedit video.

Pengguna Instagram dengan akun publik, reels video yang diupload akan masuk ke tab discovery, sedangkan untuk akun privat hanya bisa dilihat oleh followersnya saja.

Namun, di balik usaha dari pihak Instagram untuk bisa mengungguli Tiktok, nampaknya Tiktok masih tetap sebagai aplikasi video yang paling banyak diminati.

Lantaran durasi video pendek yang tidak membuat jenuh. Banyak terdapat konten yang mengedukasi dan hiburan. Jarangnya terjadi delay saat scroll video yang hampir membuat pengguna jadi lupa waktu. Didukung dengan perkembangannya dan mampu mengikuti tren-tren yang menarik. Aplikasi satu ini diprediksi akan bertahan dalam beberapa waktu yang akan datang.

Baca Juga:  Grup Band Legendaris Indonesia Sampai Sekarang Ini

Apakah kamu pengguna TikTok dan Instagram? Pernah membuat konten video menggunakan dua aplikasi tersebut? Bagaimana penilaianmu terkait dua fitur yang disediakan platform media sosial tersebut? Setujukah jika TikTok lebih unggul dari reels IG?

Demikian penjelasan mengenai kelemahan reels IG yang tertinggal jauh dari TikTok. Semoga membantu ya.

Baca Juga:

40+ Kata Kata Catatan Instagram Aesthetic Terbaru Anti Pasaran

Background Keren 3D Kekinian Instagram PNG Gratis Terbaru

Cara Download Foto Instagram Tanpa Aplikasi Kualitas HD

Cara Melihat Live Instagram di PC & HP Tanpa Ketahuan

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri di HP Tanpa Laptop

Cara Menyalin Link IG Story, Reels, Hingga Profil Instagram

The post Apa itu Fitur Reels Instagram 2023 dan Cara Menggunakan appeared first on Ayovaksindinkeskdi.

Artikel Terkait

fa-home
Home
fa-user
Account
fa-shopping-cart
Cart
fa-search
Search